Mobil yang kami tumpangi akhirnya sampai tujuan. Lega, begitu kira-kira yang saya rasakan saat kembali menikmati udara segar setelah terjeb...

Mengenal Pujon Kidul; Desa Wisata yang Tersohor Kafe Sawahnya

Mobil yang kami tumpangi akhirnya sampai tujuan. Lega, begitu kira-kira yang saya rasakan saat kembali menikmati udara segar setelah terjebak dalam kemacetan Kota Batu. Dari Desa Wisata Sanankerto, saat ini kami sudah berada di Pujon Kidul, desa wisata terakhir yang kami kunjungi selama #EksplorDeswitaMalang.

Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang

Kafe Sawah yang Viral & Instagramable
 

Terik siang itu tak menyurutkan semangat kami untuk melihat potensi desa wisata ini satu persatu. Apalagi baru saja sampai, kami sudah disuguhi salah satu potensinya yang menawan. Sebuah kafé yang berada di tengah sawah nan hijau dengan pemandangan gunung di sekitarnya. Yaps, kami dibawa ke kafe sawah yang tengah naik daun itu. 

Kafe Sawah merupakan salah satu potensi wisata kebanggaan Desa Wisata Pujon Kidul. Bahkan kepopuleran tempat ini melebihi desa wisata itu sendiri. Hal itu tak lepas dari peran media sosial yang membuatnya viral dan dikenal oleh masyarakat luas. Pemandangan yang indah dan "instagramable" membuat wisatawan yang datang ke Malang tak pernah melewatkan Kafe Sawah sebagai salah satu destinasi wisata wajibnya. Sekarang bisa dilihat, Kafe Sawah selalu dipenuhi ribuan wisatawan setiap akhir pekan.



Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Untuk masuk ke Kafe Sawah ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp5000,- saja, itu pun berupa voucher yang dapat ditukar dengan minuman atau makanan di kafe dengan harga yang setara.

Setelah menikmati makan siang, kami selanjutnya diajak untuk mencoba salah satu atraksi wisatanya, yakni berkuda. Tentu kesempatan yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya ini tak saya lewatkan. Meski awalnya merasa ragu dan tak tega akhirnya saya merasakan berkuda untuk pertama kalinya. Adit, sang joki membantu saya memandu kemana kuda harus berjalan. Sementara saya, cukup duduk manis menjaga keseimbangan.


Berkuda Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang (foto by : ghozaliq.com)
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang

Menyaksikan Aktivitas Peternak Sapi
 

Lepas bermain dengan kuda, selanjutnya kami diajak menengok potensi wisata Pujon Kidul lainnya. Sekali lagi, Pujon Kidul tidak melulu soal Kafe Sawah saja. Masih banyak potensi wisata lain yang perlu diwartakan agar wisatawan yang datang bisa lebih mengenalnya lebih dalam. Kali ini kami dipertemukan dengan sapi. Pujon Kidul sendiri memang dikenal sebagai salah satu sentra susu sapi perah di Malang. Maka sore itu kami berkesempatan secara langsung menyaksikan aktivitas para peternak mulai dari proses pemerahan hingga distribusinya. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh teman-teman bloger. Kapan lagi bisa menikmati susu langsung dari sumbernya? Perah sendiri dan minum sendiri hasilnya. Lidia, salah satu teman yang bersemangat memainkan salah satu puting sapi dan menikmati langsung hasil perahannya.


Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Seperti inilah kira-kira aktivitas masyarakat Pujon Kidul setiap harinya. Hampir setiap rumah memiliki sapi perah yang diternak di belakang rumah. Meski jumlahnya tak tentu, tapi setidaknya ada satu atau dua ekor sapi yang menghasilkan susu segar setiap hari. Seperti pemilik homestay yang saya dan Hannif tempati juga memiliki dua ekor sapi perah. Proses pemerahan ini biasanya dilakukan dua kali, yakni saat pagi hari dan pada sore hari. Susu segar hasil perahan kemudian langsung dibawa ke koperasi. Di tempat inilah susu susu segar tersebut dikumpulkan untuk kemudian didistribusikan lebih lanjut.


Koperasi Susu Sapi Pujon Kidul Malang
Koperasi Susu Sapi Pujon Kidul Malang
Keriaan kami di Desa Wisata Pujon Kidul tak hanya sampai di situ. Malam itu kami kembali dibawa ke Kafe Sawah, menikmati malam dengan diskusi menarik, dan sajian kesenian musik yang membuat suasana begitu terasa syahdu. Pak Udi, Kepala Desa setempat yang sejak awal menemani aktivitas kami selama di Pujon Kidul bahkan meminta sedikit coretan kami sebagai kenang-kenangan.

Harmoni Pagi di Bukit Amping
 

Sudah selesaikah trip kami di desa wisata ini? Tentu saja belum. Pagi hari, sebelum mentari meninggi, lagi-lagi kami diculik dari homestay untuk menikmati sunrise di Bukit Amping. Dari puncak bukit Amping ini, kami tak hanya dapat menikmati pesona fajar yang meninggalkan peraduannya, namun juga panorama gunung di sekitarnya. Di sebelah timur laut tampak Gunung Arjuna dengan gagahnya. Sementara di sebelah selatan tak kalah indah Gunung Kawi dan Gunung Kelud. Tak banyak yang bisa saya ceritakan dari kegiatan kami pagi itu, karena yang kami lakukan hanyalah tertawa dan bahagia.


Sunrsise Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Sunrsise Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Sebelum pamit meninggalkan desa ini, kami kembali menikmati kafe sawah di pagi hari. Jauh berbeda dengan hari sebelumnya, kali ini kafe sawah nampak sepi. Bahkan yang kami dengar hanyalah suara tiupan angin dan serangga. Sementara masih tampak kabut tipis menyelimuti permadani sawah hijau di sekitarnya. Syahdu!


Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang 
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang 
Pada akhirnya, kami harus mengakhiri perjalanan #EksplorDeswitaMalang dengan meninggalkan Desa Wisata Pujon Kidul. Dari desa ini kami membawa banyak cerita sebagai buah tangan. Keindahan alamnya, keberagaman potensinya, dan keramahan masyarakatnya.

Dari desa wisata ini kami juga banyak belajar, bagaimana masyarakatnya bisa saling bersinergi untuk menghidupkan potensi wisata yang mereka miliki. Kafe Sawah menjadi sebuah gebrakan luar biasa, yang mampu mengangkat Pujon Kidul baik pariwisata maupun kesejahteraan masyarakatnya. Kini, Pujon Kidul mampu berdikari. Selain memiliki omzet hingga milyaran, Pujon Kidul mampu mengurangi angka pengangguran. Tak heran jika Pujon Kidul diganjar dengan berbagai penghargaan seperti Desa Pro Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2016, Desa Wisata Agro oleh Kemendes PDTT pada 2017, Pokdarwis Mandiri oleh Menteri Pariwisata pada 2017, bahkan pernah mendapat penghargaan pengelolaan homestay terbaik di Asia Tenggara.

Dengan potensi luar biasa yang dimiliki Desa Wisata Pujon Kidul, tidakkah kalian ingin datang dan berkenalan?

Kafe Sawah Deswita Pujon Kidul Malang
Deswita Pujon Kidul Malang #EksplorDeswitaMalang


*Tulisan ini merupakan catatan perjalanan yang didapat saat kegiatan #EksplorDeswitaMalang (Eksplor Desa Wisata Malang) yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Malang 14-16 April 2017.



Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul, 

Kecamatan Pujon, 

Kabupaten Malang

CP: Bapak Udi (081232581056)


Baca Juga :

15 comments:

  1. Sayang aku kudu balik pas di sini, nggak nginep. Yuk agendakan mlipir ke desa dan nginep hahahahahha

    ReplyDelete
  2. Indah banget ya pemandangan kafe sawah kidul malang nya

    ReplyDelete
  3. Cantik memang Pujon Kidul ini, dan masih asri meski sudah dijadikan desa wisata :)

    ReplyDelete
  4. Indah banget sunrisenya.
    Jadi pengen ke sana buat liat sunrisenya secara langsung.

    ReplyDelete
  5. Panteasan aja sekarang Pujo Kidul ngehits ya, tempatnya kece gini. Btw ini piknik setahun lalu baru ditulis sekarang? ckckckckckckck, untung masuk tim #pikniktanpadeadline hahahaha

    ReplyDelete
  6. seru babang siiih desa wisatanyaa.

    ReplyDelete
  7. Waktu ke Malang saya gak sempat kesini.
    Baru tahu juga kalo ada tempat ini di Malang.
    Padahal seru sih kayaknya, asri banget tempatnya.
    Apalagi kalo lihat foto Sunrsise di Bukit Amping Pujon Kidul Malang, cakep banget! :D

    ReplyDelete
  8. Dua bulan lalu sempat main sebentar di Cafe Sawah. Semakin meriah banyak warung dan wahana juga.

    ReplyDelete
  9. hasil susu perahan dari sapi bisa langsung diminum mas? ngga pake acara dimasak atau apa gitu.

    ReplyDelete
  10. Dolan kapan iki,,,wkwkw kok kayake wes rodo lawas....wkwkwk

    ReplyDelete
  11. mauu kesanaaa Pujon Kidul Malang, indahh pemandangannya

    ReplyDelete
  12. beberapa waktu lalu kesini bawa rombongan travel dari jember ke malang, memang luar biasa indah. Salut dengan warga dan segenap pengurus Desa, bisa mengelola desa sebagus ini

    ReplyDelete
  13. pernah mampir kesini, kerenn sih emang. salut dah buat masyarakat disana.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)