Berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Senin, April 16, 2018
Mobil yang kami tumpangi akhirnya sampai tujuan. Lega, begitu kira-kira yang saya rasakan saat kembali menikmati udara segar setelah terjebak dalam kemacetan Kota Batu. Dari Desa Wisata Sanankerto, saat ini kami sudah berada di Pujon Kidul, desa wisata terakhir yang kami kunjungi selama #EksplorDeswitaMalang.

Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Terik siang itu tak menyurutkan semangat kami untuk melihat potensi desa wisata ini satu persatu. Apalagi baru saja sampai, kami sudah disuguhi salah satu potensinya yang menawan. Sebuah kafé yang berada di tengah sawah nan hijau dengan view gunung di sekitarnya. Yaps, kami dibawa ke kafe sawah yang tengah naik daun itu.


Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Tak disangka, kami mendapat sambutan dari pokdarwis setempat begitu hangat. Tak hanya sebuah spanduk ucapan selamat datang, namun juga suguhan makan siang yang lezat siap disantap. Kafe sawah siang itu tampak ramai oleh pengunjung. Maklum, karena kedatangan kami bertepatan dengan akhir pekan. Untuk memasukinya, pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp5000,- saja, itu pun berupa voucher yang dapat ditukar dengan minuman atau makanan di kafe dengan harga yang setara. Wah, tak heran jika kafe ini memiliki pengunjung hingga 5000 orang saat akhir pekan.

Tak butuh waktu lama untuk menghabiskan sajian makan siang yang lezat itu. Kami selanjutnya diajak untuk mencoba salah satu atraksi wisatanya, yakni berkuda. Tentu kesempatan yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya ini tak saya lewatkan. Ya, meski awalnya merasa ragu dan tak tega akhirnya saya merasakan berkuda untuk pertama kalinya. Adit, sang joki membantu saya memandu kemana kuda harus berjalan. Sementara saya, cukup duduk manis menjaga keseimbangan.


Berkuda Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang (foto by : ghozaliq.com)
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Lepas bermain dengan kuda, selanjutnya kami diajak bermain dengan sapi. Pujon Kidul sendiri memang dikenal sebagai salah satu sentra susu sapi perah di Malang. Maka sore itu kami berkesempatan secara langsung menyaksikan aktivitas para peternak mulai dari proses pemerahan hingga distribusinya. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh teman-teman bloger. Kapan lagi bisa menikmati susu langsung dari sumbernya? Perah sendiri, dan minum sendiri hasilnya. Lidia, salah satu yang bersemangat memainkan salah satu puting sapi dan menikmati hasil perahannya.


Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Peternakan Sapi Pujon Kidul Malang
Seperti inilah kira-kira aktivitas masyarakat Pujon Kidul setiap harinya. Hampir setiap rumah memiliki sapi perah yang diternak di belakang rumah. Meski jumlahnya tak tentu, tapi setidaknya ada satu atau dua ekor sapi yang menghasilkan susu segar setiap hari. Seperti pemilik homestay yang saya dan Hannif tempati juga memiliki dua ekor sapi perah. Proses pemerahan ini biasanya dilakukan dua kali, yakni saat pagi hari, dan pada sore hari. Susu segar hasil perahan kemudian langsung dibawa ke koperasi. Di tempat inilah susu susu segar tersebut dikumpulkan untuk kemudian didistribusikan lebih lanjut.


Koperasi Susu Sapi Pujon Kidul Malang
Koperasi Susu Sapi Pujon Kidul Malang
Keriaan kami di Desa Wisata Pujon Kidul tak hanya sampai di situ. Malam itu kami kembali dibawa ke Kafe Sawah, menikmati malam dengan diskusi menarik, dan sajian kesenian musik yang membuat suasana begitu terasa syahdu. Pak Udi, Kepala Desa setempat yang sejak awal menemani aktivitas kami selama di Pujon Kidul bahkan meminta sedikit coretan kami sebagai kenang-kenangan.

Sudah selesai kah trip kami di desa wisata ini? Tentu saja belum. Pagi hari, sebelum mentari meninggi, lagi-lagi kami diculik dari homestay untuk menikmati sunrise di Bukit Amping. Dari puncak bukit Amping ini, kami tak hanya dapat menikmati pesona fajar yang meninggalkan peraduannya, namun juga panorama gunung di sekitarnya. Di sebelah timur laut tampak Gunung Arjuna dengan gagahnya. Sementara di sebelah selatan tak kalah indah Gunung Kawi dan Gunung Kelud. Tak banyak yang bisa saya ceritakan dari kegiatan kami pagi itu, karena yang kami lakukan hanyalah tertawa dan bahagia.


Sunrsise Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Sunrsise Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Bukit Amping Pujon Kidul Malang
Sebelum pamit meninggalkan desa ini, kami kembali menikmati kafe sawah di pagi hari. Jauh berbeda dengan hari sebelumnya, kali ini kafe sawah nampak sepi. Bahkan yang kami dengar hanyalah suara tiupan angin dan serangga. Sementara masih tampak kabut tipis menyelimuti permadani sawah hijau di sekitarnya. Syahdu!


Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang 
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang
Kafe Sawah Pujon Kidul Malang 
Pada akhirnya, kami harus mengakhiri perjalanan #EksplorDeswitaMalang dengan meninggalkan Desa Wisata Pujon Kidul. Dari desa ini kami membawa banyak cerita sebagai buah tangan. Keindahan alamnya, keberagaman potensinya, dan keramahan masyarakatnya. Sampai jumpa lagi di #EksplorDeswita selanjutnya!

Kafe Sawah Deswita Pujon Kidul Malang
Deswita Pujon Kidul Malang #EksplorDeswitaMalang


*Tulisan ini merupakan catatan perjalanan yang didapat saat kegiatan #EksplorDeswitaMalang (Eksplor Desa Wisata Malang) yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Malang 14-16 April 2017.


Desa Wisata Pujon Kidul
Desa Wisata Pujon Kidul, 
Kecamatan Pujon, 
Kabupaten Malang
CP: Bapak Udi (081232581056)


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
Selasa, 17 April, 2018 delete

Sayang aku kudu balik pas di sini, nggak nginep. Yuk agendakan mlipir ke desa dan nginep hahahahahha

Reply
avatar
Selasa, 17 April, 2018 delete

Indah banget ya pemandangan kafe sawah kidul malang nya

Reply
avatar
Kamis, 19 April, 2018 delete

Cantik memang Pujon Kidul ini, dan masih asri meski sudah dijadikan desa wisata :)

Reply
avatar
Minggu, 22 April, 2018 delete

Indah banget sunrisenya.
Jadi pengen ke sana buat liat sunrisenya secara langsung.

Reply
avatar
Kamis, 26 April, 2018 delete

Panteasan aja sekarang Pujo Kidul ngehits ya, tempatnya kece gini. Btw ini piknik setahun lalu baru ditulis sekarang? ckckckckckckck, untung masuk tim #pikniktanpadeadline hahahaha

Reply
avatar
Senin, 30 April, 2018 delete

Hahahah bloher pemalas emang. wkwkwkwk

Reply
avatar
Senin, 30 April, 2018 delete

seru babang siiih desa wisatanyaa.

Reply
avatar
Rabu, 16 Mei, 2018 delete

Waktu ke Malang saya gak sempat kesini.
Baru tahu juga kalo ada tempat ini di Malang.
Padahal seru sih kayaknya, asri banget tempatnya.
Apalagi kalo lihat foto Sunrsise di Bukit Amping Pujon Kidul Malang, cakep banget! :D

Reply
avatar
Jumat, 25 Mei, 2018 delete

Dua bulan lalu sempat main sebentar di Cafe Sawah. Semakin meriah banyak warung dan wahana juga.

Reply
avatar
Rabu, 06 Juni, 2018 delete

hasil susu perahan dari sapi bisa langsung diminum mas? ngga pake acara dimasak atau apa gitu.

Reply
avatar
Jumat, 20 Juli, 2018 delete

Dolan kapan iki,,,wkwkw kok kayake wes rodo lawas....wkwkwk

Reply
avatar
Kamis, 06 September, 2018 delete

mauu kesanaaa Pujon Kidul Malang, indahh pemandangannya

Reply
avatar
Selasa, 18 September, 2018 delete

beberapa waktu lalu kesini bawa rombongan travel dari jember ke malang, memang luar biasa indah. Salut dengan warga dan segenap pengurus Desa, bisa mengelola desa sebagus ini

Reply
avatar