Saya masih ingat beberapa bulan lalu saat seorang teman mengajak untuk mencoba sebuah wahana wisata baru di daerah Karanganyar, yakni river...

River Tubing; Cara Seru Mengarungi Sungai Senatah Karanganyar

Saya masih ingat beberapa bulan lalu saat seorang teman mengajak untuk mencoba sebuah wahana wisata baru di daerah Karanganyar, yakni river tubing Sungai Senatah. Nah, river tubing ini bisa dikatakan rafting/arung jeram versi mini karena medan dan alat yang digunakan lebih sederhana. Jika rafting biasanya di sungai dengan arus yang cukup deras, nah tubing ini dilakukan di sungai yang lebih kecil. Selain itu, jika rafting memakai perahu karet, tubing hanya menggunakan ban karet. Belum kesampaian ajakan teman saya untuk mencoba tubing ini, saya justru dapat kesempatan saat Famtrip International Student, Blogger, & Media oleh Dinas Kebudayaan & Pariwisata (sekarang Dinas Pemuda, Olahraga & Pariwisata) Jawa Tengah akhir tahun kemarin. River Tubing ini kami lakukan bersama Senatah Adventure.

Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Senatah Adventure ini berada di Gadungan, Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar. Daerah Ngargoyoso sendiri sudah cukup banyak memiliki wisata yang sudah lebih dulu populer seperti Candi Sukuh, Candi Cetho, dan rumah teh Ndoro Donker. Jadi untuk menuju Senatah Adventure ini cukup mudah, apalagi banyak petunjuknya. Senatah Adventure sendiri merupakan hasil karya sekumpulan anak-anak muda dari kampung Gadungan yang ingin memajukan kampungnya khususnya dalam sektor pariwisata tanpa merusak lingkungannya. Tak heran jika wisata yang dikembangkan di daerah ini memang langsung bersentuhan dengan alam seperti river tubing sungai tersebut.

Kami disambut oleh Mas Rian atau biasa dipanggil Mas Gembel yang merupakan leader dari Senatah Adventure ini. Penampilannya sangat sederhana. Mas Gembel pula yang menemani kami selama tubing. Kedatangan kami juga dijamu dengan makanan ringan tradisional seperti singkong goreng, timus ubi, pia ubi, dll. Setelah beramah tamah, kami pun segera memulai bersiap. Helm, dan pengaman siku tangan & kaki wajib kami kenakan. Tak lupa Mas Gembel memberikan sedikit briefing tentang aturan yang harus kami taati selama tubing. Seperti bagaimana posisi kami duduk di atas ban, posisi kaki, tangan, dll. Selain itu juga dijelaskan apa yang harus kami lakukan jika ban yang kami tumpangi terbalik, dll. Meski tubing ini terlihat sederhana, namun keamanan sangat diperhatikan. Ibu Ine guide kami, tak lupa menerjemahkan dalam Bahasa Inggris semua hal yang telah disampaikan oleh Mas Gembel.

Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Mas Gembel memberikan biefing kepada peserta

Setelah alat pengaman sudah dikenakan dan diberikan briefing, kami pun segera menuju titik start dengan berjalan kaki. Awalnya air sungai terlihat bening, namun hujan yang tiba-tiba turun saat itu membuat aliran air sungai menjadi keruh dan debit air naik. Satu persatu kami mulai naik ban karet di atas air sungai yang semakin coklat.

Air sungai masih bening
Saya sendiri bergabung dengan rombongan paling terakhir bersama Mas Fauzan & Ankita dari India. Sayang, belum ada 10 meter ban melaju, sedikit kecelakaan terjadi. Ankita jatuh dari ban karet, dan cidera di bagian bahunya. Terpaksa ia tak bisa melanjutkan perjalanan dan diantar Mas Fauzan kembali ke basecamp. Sayapun melaju sendiri, diapit oleh dua guide di depan dan belakang. Wohooooo!

Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Tubing River Senatah Adventure Karanganyar

Di Senatah Adventure ini sendiri ada 2 pilihan jalur tubing. Di jalur atas merupakan jalur kecil yang berupa parit, biasanya diperuntukkan untuk anak-anak seumuran taman kanak-kanak. Jalur ini sepanjang 800 meter, dengan waktu tempuh sekitar 7 menit. Sedangkan di jalur bawah merupakan sungai dengan panjang jalur sekitar 3 km & waktu tempuh 30-40 menit. Untuk biaya, jalur atas dikenakan 20 ribu/anak, sedangkan jalur bawah 50 ribu/orang. 

Tubing River Senatah Adventure Karanganyar
Tubing River Senatah Adventure Karanganyar

Ada beberapa jeram yang kami lalui yang lumayan bikin adrenalin naik. Jika dibandingkan dengan rafting tentu berbeda, namun sensasinya patut dicoba. Sekitar 30 menit kami pun sampai di titik finish. Kami sempat mengambil beberapa foto sebelum akhirnya kembali ke basecamp dengan berjalan kaki. Selesai bersih-bersih dan berganti baju, kami pun kemudian menikmati makan siang. Menu gudangan, botok, ayam goreng, dll ala kampung menutup perjalanan kami siang itu di Senatah Adventure.


Senatah Adventure
Alamat : Gadungan, Girimulyo, Ngargoyoso,
Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Telephone : 0812-1811-5474

15 comments:

  1. Pengin coba ih..kemarin ke Girimulyo tp blm sempet nyobain tubbing.

    ReplyDelete
  2. Pengin coba ih..kemarin ke Girimulyo tp blm sempet nyobain tubbing.

    ReplyDelete
  3. Pas ke Karanganyar pengennya main air. Tapi kok akhirnya males basah-basahan ahahahha. Jadi cukup duduk manit di tempat kedai teh saja.

    ReplyDelete
  4. helooow iki famtrip kapan kae kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah itu aku uda tulis famtrip akhir tahun :p

      Delete
  5. postingan jaman kapan ini...hahaha..kok baru di post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk kan dijadwal mas, baru sampe jadwal publih nya. xixixi *ngeles

      Delete
  6. Kayaknya famtrip kemarin gak kesini deh... hmmmm....

    ReplyDelete
  7. wahh seru banget ya mengarungi sungai, rasanya menguji keberanian banget kalau main arum jeram tapi seru..

    ReplyDelete
  8. Kayanya seru ya main arum jeram, apalagi kalau banyakan..

    ReplyDelete
  9. Kalo 3 org kelg saya bisa gak ikut tubing?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)