Tinggal di kota kecil membuat saya harus memiliki persiapan ekstra saat ingin melakukan sebuah perjalanan ke luar negeri. Sejauh ini, jika ...

Mencoba Fasilitas Shower Room Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Tinggal di kota kecil membuat saya harus memiliki persiapan ekstra saat ingin melakukan sebuah perjalanan ke luar negeri. Sejauh ini, jika pergi ke luar negeri saya selalu terbang dari Bandara Juanda Surabaya atau Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Hal ini karena dari kedua bandara inilah yang paling banyak rute penerbangan internasionalnya. Selain itu, rute dari kedua bandara ini pula yang paling sering ada promo dari maskapai penerbangan.

Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Papan Petunjuk ke Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta

Seperti saat saya pergi ke India bulan lalu, saya mendapat tiket promo yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta. Dengan demikian saya masih harus menyiapkan transportasi ekstra menuju Jakarta. Nah untuk pergi ke Ibukota, dari Solo saya biasanya menggunakan trasportasi kereta api. Selain jadwalnya lebih pasti, biayanya pun relatif lebih murah.

Sementara dari stasiun ke bandara saya kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus bandara. Bus bandara saya pilih karena biayanya jauh lebih murah jika dibandingkan menggunakan taksi. Saya biasa pesan bus bandara disini dan naik dari Stasiun Gambir. Bus bandara ini bagi saya menjadi cara paling mudah dan murah untuk pergi ke bandara soeta dari kota atau sebaliknya. Apalagi jadwal keberangkatannya cukup sering yakni setiap 30 menit mulai dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam.

Berhubung kali itu saya tidak menginap, maka sesampainya di Jakarta saya mencari kamar mandi untuk membersihkan diri. Di Stasiun Gambir sendiri sebenarnya sudah memiliki fasilitas shower room, tetapi saya jarang menggunakan fasilitas tersebut karena berbayar. Maka, lagi-lagi dengan alasan berhemat saya memilih untuk mandi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang katanya free alias gratis.

Mandi setelah menempuh perjalanan darat Solo-Jakarta bagi saya sangat penting. Apalagi saya akan melanjutkan perjalanan panjang ke India dengan transit di Hongkong terlebih dahulu. Dengan mandi, saya bisa merasa lebih bersih, segar, dan wangi. Sehingga selama perjalanan pun saya merasa lebih percaya diri.

Lalu, di mana dan seperti apa shower room di terminal 3 bandara soeta?

Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower room ini sebenarnya cukup mudah dicari. Kita hanya perlu mengikuti papan petunjuk yang sudah ada saja. Letaknya searah dengan mushola/prayer room dan berada dekat dengan gate 10. 

Saat saya pergi ke shower room, tempat ini tampak sangat sepi. Bahkan tidak ada seorang pun. Entah karena belum banyak yang tahu tentang adanya fasilitas ini atau memang tidak membutuhkannya. Menurut informasi yang saya baca sebelumnya, seharusnya ada petugas yang memeriksa boarding pass sebelum masuk menggunakannya. Namun saat itu tak ada satu pun petugas yang berjaga.

Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower room untuk laki-laki dan perempuan pun dipisah dengan masing-masing terdapat sekitar 4 bilik. Saat membuka salah satu bilik, saya sedikit terkejut karena shower room nya nampak luas, bersih, kering, dan wangi. Bahkan jika diperhatikan, shower room ini terlihat setara dengan shower room hotel bintang 4 atau 5. Di dalamnya, terdapat sebuah wastafel, toilet duduk, dan shower yang disekat oleh kaca. Saking luasnya, saya bisa ikut membawa koper masuk tanpa harus kawatir basah terkena cipratan air.

Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Untuk air shower tersedia air dingin dan air panas yang bisa kita pilih, sementara untuk shampo dan sabun mandi tidak disediakan, sehingga kita perlu membawa perlengkapan toiletris tersebut sendiri.

Jadi, dalam satu shower room terdapat :
1. Shower (air panas dan dingin)
2. Toilet duduk
3. Wastafel
4. Cermin
5. Hand sanitizer
6. Hand dryer
7. Tisu
8. Tempat sampah

Menurut saya, fasilitas shower room di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini sangat baik, dari kelengkapan hingga kebersihannya. Jika diminta memberikan nilai, maka saya akan dengan senang hati memberikan rate 9/10 untuk fasilitas ini.

Jadi, jika kamu ada penerbangan dari terminal 3 dan belum sempat mandi seperti saya, tak ada salahnya memanfaatkan fasilitas shower room yang nyaman dan gratis ini. Selamat mencoba!

Baca Juga :
1. Balada India; Negeri Sejuta Drama
2. Jatuh Hati pada Banyuwangi; 10 Destinasi yang Wajib Dikunjungi
3. Snorkeling Sepuasnya di Pantai Batu Putih Karimunjawa

13 comments:

  1. Mohon maaf ini cuma numpang foto atau mandi. Nggak ada foto kaki ala-ala selebgram *eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh kamu menungguku foto punggung? atau foto berkemben? wkwkwk

      Delete
  2. Wah lumayan banget ini. Terima kasih buat informasinya, Mas. Menurut saya ruang mandi seperti ini penting banget, apalagi dewasa ini transportasi antarlokasi sudah tak kenal waktu, seseorang bisa tiba di jam berapa saja. Semoga inovasi bagus ini diikuti juga di titik transportasi lain, misalnya saja stasiun... jadi tidak perlu khawatir kalau tiba di suatu kota tengah malam atau dini hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapz, betul. Aku juga berharap demikian. Terutama St. Pasar Senen krn sering kali ke Jkt turun stasiun ini dan butuh mandi. Kalau Gambir sudah ada, walaupun bayar lumayan mahal. Ehehe

      Delete
  3. Ternyata keren banget! Semoga aku ada kesempatan cobain ini segera ya. Mungkin kurang info, mas. Tau sendiri kan, papan petunjuk di bandara kita masih minim. Bule-bule harus tau nih. Kalo udah coba, pengen bikin review bahasa Inggris :D

    Ditunggu cerita perjalanan di India-nya, mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang masih banyak yg belum tahu sepertinya. Padahal nyaman banget! Jangan lupa nyoba ya kalau terbang dari terminal 3.

      Delete
  4. Bagus kok toiletnya, bersih rapi jali gitu.
    Kesannya chic.

    Sependapat, kalau diminta ngasi berapa bintang , kukasih 9 buat tampilan dan fasilitas l toilet ketje satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! cakep ya. Nyaman banget shower roomnya. Mudah2an ditiru sm bandara, stasiun, bahkan terminal lainnya, wkwkwk *ngarep

      Delete
  5. Bersih banget dan fasilitasnya bagus howerr roomnya, kalau udah banyak yang tahu semoga fasilitas dan kebersihannya tetap terjaga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Penting bgt buat jaga fasilitas oke kyk gini.

      Delete
  6. Waaa, fasilitas kayak gini free? Aku ga cuma ngasih 9 tapi sepuluuuuuuh. Apalagi kalo yang bawa anak2, shower room kayak gini jadi surganya ibuk2 ga perlu worry mandiin anak2nya. Btw, met puasa Om Aji, kalo ke Jogja mampir ke rumahnya Ray

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh skarang di Jogja? wew. Aku bakal ngasih rate 10 kalo dikasi sabun+shampo+handuk bersih juga. Wkwkwkwk *maruk* dikira hotel kalikkk :D

      Delete
  7. Fungsi dari shower room mungkin untuk antisipasi kesehatan, agar tidak membawa penyakit dari satu daerah ke daerah lain setelah naik pesawat....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)