Menikmati Olahan Serba Jamur yang Menggugah Selera di La Taverna

Rabu, Agustus 30, 2017
Cari tempat makan bareng teman-teman itu susah-susah gampang. Iya kalau semua teman omnivora macam saya, yang bisa makan apa saja. Tapi yang namanya beda orang beda selera. Ada yang tak suka ini lah, tak suka itu lah, harus begini harus begitu. Jadi susah bukan? Maunya sih, bisa makan sambil nongkrong di satu tempat, tapi bisa makan sesuai selera masing-masing. Eh tapi, kalau di Solo saya punya rekomendasinya lho. Tidak hanya nyaman untuk nongkrong seharian, di sini kita akan disodorkan beragam menu yang cocok bagi semua selera. Tepatnya ada di La Taverna, Jalan Siwalan No 66, Kerten, Laweyan, Surakarta.

Saya sudah beberapa kali makan bareng teman di tempat ini. Selain menunya beragam, tempatnya cozy banget. Menu andalan saya sih biasanya aneka steak. Tapi baru-baru ini La Taverna sedang rajin mengenalkan menu serba jamur. Jamur tersebut diolah menjadi aneka masakan pengganti daging. Mulai dari sate jamur, tongseng jamur, pepes jamur, rendang jamur, dan masih banyak lagi. Rasanya? Saya jamin jika tidak dikasih tahu sebelumnya, kamu tidak akan sadar kalau yang sedang kamu kunyah bukanlah daging melainkan jamur. Lalu, ada apa saja dan bagaimana rasanya? Berikut ini beberapa menu jamur yang sudah sempat saya cicipi.

1. Sate Jamur

Sate Jamur La Taverna
Sate Jamur La Taverna

Sate jamur sepertinya menjadi primadona bagi sebagian besar pelanggan La Taverna yang mencoba menu jamur, termasuk juga saya. Dari penampakannya sudah cukup menggugah selera. Nyaris seperti sate ayam pada umumnya, dengan warna kecoklatan dan kehitaman di beberapa bagian khas sate yang selesai dibakar. Penyajiannya diletakkan di atas hotplate dengan ditemani irisan tomat, mentimun, dan selada sebagai lalapnya. Teksturnya kenyal, sementara rasanya 11-12 sama sate ayam. Pokoknya menu ini cocok banget untuk semua kalangan. Satu porsi sate jamur dihargai IDR 20K.


2. Gulai, Tongseng, dan Rendang Jamur

Gulai Tongseng Rendang Jamur La Taverna
Dari Kiri Rendang, Gulai, dan Tongseng Jamur
Kenapa ketiga menu ini saya jadikan satu? Karena ketiganya mirip dan saya susah membedakan. Hahaha No, no! Susah jika dilihat saja, tapi begitu diicip tentu rasanya jauh berbeda. Ketiganya disajikan dalam mangkuk kecil, tanpa topping tambahan selain taburan bawang goreng. Cukup sederhana. Nah, perbedaan ketiganya adalah dari warna dan rasa. Gulai berwarna merah dengan beberapa cabe utuh di dalamnya, sementara tongseng berwarna kecoklatan dengan ditambah kol dan cabai, sementara rendang terlihat lebih pekat dan kental. Rasanya? Sama-sama kaya rempah! Ini di luar ekspektasi saya sebenarnya, karena menu ini tentu bukan menu utama yang disajikan di La Taverna, namun juru masaknya tidak menyajikannya dengan rasa yang “sekedarnya” saja. Percayalah, jika ingin makan enak khususnya gulai, tongseng, dan rendang, tapi tidak ingin menambah banyak kolesterol, menu ini jawabannya. Gulai dan tongseng jamur cukup kamu tebus dengan IDR 15K, sementara untuk rendang jamur IDR 17K.

3. Fuyunghai & Omlete Jamur

Fuyunghai Jamur La Taverna
Fuyunghai Jamur La Taverna
Saya adalah tipe orang yang jarang memesan kedua menu ini saat makan di luar. Ya, bagi saya keduanya merupakan menu yang saya anggap “bikin sendiri saja bisa”. Asal ada telur, dikocok, tambahin sayuran, goreng, tambahin saus, jadi. Tapi dasar jumawa, dari penampakan sama rasa sudah pasti beda kelas dong. Hehehe Nah di La Taverna ini saya jadi tahu, ternyata menggunakan jamur sebagai isian fuyunghai dan omlet sangat enak! Untuk penyajiannya, fuyunghai diletakkan dalam piring lebar. Sepertinya cukup untuk di makan bersama 2-4 orang. Sementara omlete bagi saya cukup satu orang saja. Enak soalnya. Ehehe Untuk menikmati satu porsi fuyunghai jamur, kamu harus menyiapkan IDR 20K, sementara omlete jamur cukup IDR 15K.

Omlete Jamur La Taverna
Omlete Jamur La Taverna

4. Nasi Bakar Jamur & Pepes Jamur

Nasi Bakar Jamur La Taverna
Nasi Bakar Jamur La Taverna
Yang ingin menikmati nasi bakar, La Taverna juga menyediakan menu nasi bakar jamur lho.  Jamur digunakan untuk mengganti isian yang biasanya teri, atau daging ayam. Ukurannya tak terlalu besar, namun sudah cukup mengenyangkan. Nasi bakar jamur ini disajikan bersama sambal, emping, dan lalapan. Tapi bagi saya isiannya kurang “nglawuhi” alias masih terasa kurang lauknya, jadi butuh lauk tambahan. Nah, paling cocok nasi bakar jamur ini dimakan bersama pepes jamur. Teksturnya terasa kenyal, dengan aroma rempah & daun pisang yang dibakar. Keduanya pasangan yang serasi dalam satu suapan. Nasi jamur ini dibandrol IDR 13K, sementara pepes jamur hanya IDR 9k saja.

Pepes Jamur La Taverna
Pepes Jamur La Taverna

5. Nasi Goreng Jamur & Nuget Jamur

Nasi Goreng Jamur La Taverna Solo
Nasi Goreng Jamur La Taverna Solo
Masih dengan nasi-nasi an, yang satu ini nasi goreng jamur. Dimasak dengan bumbu putih (tak terlalu banyak cabai & kecap) sehingga rasanya dominan gurih tanpa pedas & manis. Sementara jamurnya tidak hanya dijadikan sebagai campuran nasi, namun juga disajikan goreng krispi menemani telur ceplok dan lalapan di atas piring. Makin nikmat lagi di tambah nuget jamur dengan balutan tepung krispi yang benar-benar renyah & cruncy. Juara!

Nuget Jamur La Taverna Solo
Nuget Jamur La Taverna Solo
Nah, menu serba jamur tersebut bisa jadi pilihan alternatif bukan? Terutama saat makan bareng teman yang menghindari olahan daging tapi masih bisa tetap mencicipi cita rasa yang mendekati. Btw, selain menu serba jamur ada juga menu lain yang menarik bagi saya. Tumpeng mini beraneka warna.

Tumpeng Hijau Mini La Taverna Solo
Tumpeng Hijau Mini La Taverna Solo
Tumpeng Kuning Mini La Taverna Solo
Tumpeng Kuning Mini La Taverna Solo
Tumpeng ini disajikan dalam ukuran mini, sehingga masing-masing orang dapat memesan satu porsi sesuai selera. Uniknya, selain berukuran mini, tumpeng ini beraneka warna. Ada hijau, kuning, merah, dll. Warna yang digunakan pun merupakan pewarna alami. Seperti pandan pada nasi tumpeng hijau, kunyit pada tumpeng warna kuning, nasi merah pada nasi tumpeng merah, dll. Lauknya pun beragam, mulai dari kering tempe, telur pindang, ayam bakar, ayam goreng tepung, udang goreng tepung, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari IDR 15K hingga IDR 35K sesuai dengan paket yang dipilih. Tapi, untuk menu ini harus dipesan minimal satu hari sebelumnya. Jadi jika ada acara arisan, syukuran, atau semacamnya bisa pesan sebelumnya minimal 20 pax.

So, sudah tak perlu bingung lagi kan cari tempat makan bareng teman di Solo?



Baca Juga :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Minggu, 03 September, 2017 delete

Ini cocok buat melipir setelah beberapa hari ini kebanyakan kolesterol. Cocok juga buat yang sedih di rumahnya ketemu daging lagi daging lagi. Mumpung masih tanggal muda, cuss ah kesana. Yuk Om, Om Nivora :D

Reply
avatar
Senin, 04 September, 2017 delete

wah, menu serba jamur ya...

pernah nyobain menu serba jamur, tapi di jogja. Namanya jejamuran

Reply
avatar