Temukan Varian Sop Buntut Favoritmu di Vallabha Restaurant Hotel Brothers Solo Baru

Selasa, Oktober 25, 2016
Suka sop buntut? Jika kamu salah satu penggemarnya, cobalah simak ulasan saya kali ini. Yapz, saya akan membahas salah satu hotel di Solo Baru yang menyediakan berbagai varian sop buntut lengkap dengan menu lain yang tak kalah menggiurkan untuk dicicipi.

Empat Varian Oxtail Soup

Akhir pekan lalu saya mendapat kesempatan untuk mereview berbagai menu andalan dari Vallabha Restaurant Hotel Brothers Solo Baru atas undangan Mba Dwi, Pubic Relation hotel berbintang 3 tersebut. Saya bersama 6 blogger lain datang ke hotel sekitar pukul 10 pagi. Yang membuat saya excited, tak hanya datang untuk icip-icip saja, namun kami juga diberikan kesempatan untuk mengintip dapur mereka saat proses memasak. Mba Dwi mengenalkan kami pada chef fredy. Beliaulah yang bertanggung jawab dengan semua sajian menu di resto hotel ini. Selesai ngobrol dan ramah tamah sejenak, mulailah bartender meracik minuman untuk kami. Sambil menunggu, kami pun diajak ke dapur untuk melihat proses memasak sop buntut aka oxtail soup.

Mini Bar Vallabha Resto
Vallabha Restaurant Hotel Brothers
Aksi Chef Fredy di dapur
Selesai dengan kegiatan dapur, kamipun kembali ke meja kami. Satu persatu menu andalan meraka hidangkan di depan kami. Rasanya ingin sekali segera menyantapnya. Untung kami masih sadar harus mendokumentasikannya terlebih dahulu. Lalu, apa saja menu yang kami cicipi saat itu? kita mulai dari kelompok appetizer dulu ya.

Di kelompok appetizer kami disuguhi Fruit Salad, Lumpia Ala Thai, Lumpia Kulit Tahu, Fried Wonton, dan Singkong Keju.

Fruit Salad
(Arah jarum jam) Singkong Keju, Lumpia Ala Thai, Fried Wonton, Lumpia Kulit Tahu.
Lumpia Ala Thai dari segi tekstur sangat renyah dan chruncy kulitnya, dan isinya lebih empuk dibandingkan lumpia semarang. Rasanya dominan adonan ayam cincang dengan sedikit sayuran. Pun demikian dengan Lumpia Kulit Tahu dan Fried Wonton. Bedanya kulitnya lebih rapuh. Saya sendiri sangat menyukai Fried Wonton. Sementara untuk Singkong Keju bertabur keju dan susu kental yang manis. Perpaduan rasa antara gurih asin manis sangat nikmat disetiap gigitan. Harganya? 15k untuk Lumpia Ala Thai, 16k untuk Lumpia Kulit Tahu dan Fried Wonton. Sementara untuk menikmati singkong keju kwalitas premium ini, kita hanya perlu membayar 8k saja.


Nah selain itu juga banyak berbagai pilihan dimsum. Saat itu, kami disajikan beberapa jenisnya. Seperti Bakpao Ayam Panggang, Bakpao Pasir Emas, Steam Mantau, Fried Mantau, dan Dumpling. Bakpao Ayam Panggang adalah bakpao dengan tampilan luar yang merekah, berisi ayam panggang. Yang lebih unik adalah Bakpao Pasir Emas. Sepert namanya, bakpao ini cukup membuat penasaran. Bakpao yang berwarna hijau ini, saat di buka akan terlihat isi yang berwarna kuning ke orange-an. Yapz, ini dia yang disebut pasir emas. Siapa sangka, isi bakpao ini berasal dari kuning telur asin. Tak ada rasa amis di bakpao ini, namun masih menyisakan tekstur sedikit masir dari kuning telur asin tersebut. Untuk Mantau, ada versi steam dan versi goreng. Keduanya sama-sama mengembang sempurna. Steam mantau memiliki tekstur yang lembut, dan sangat empuk. Rasanya manis, dan semakin manis saat di colek ke susu kental. Sedangkan saya lebih menyukai Fried Mantau yang teksturnya sedikit chruncy di bagian luar, namun masih lembut di dalam. Rasanya masih sama, akan lebih mantab manisnya saat dimakan dengan susu kental.

Di kelompok minuman, kami disuguhi Soba Punch, Arjuna Smile, Mocca Latte, Mint Latte, Milkshake, dll. Tak banyak yang istimewa dari menu minuman.


Soba Punch & Arjuna Smile
Namun ada 2 minuman yang cukup menyita perhatian. Yakni Arjuna Smile dan Soba Punch. Seperti namanya, Arjuna Smile ini membuat siapa saja yang meminumnya akan otomatis tersenyum merasakan segarnya minuman warna warni bak pelangi ini. Minuman ini berisi sirup, jus nanas, markisa, dan lemon. Rasanya dominan manis dan sangat segar. Sedangkan rasa tradisional akan kita dapatkan di Soba Punch. Minuman ini berbahan air kelapa yang di mix dengan perasan air jeruk nipis, beras kencur, dll. Rasanya, tentu saja sangat menarik. Ada rasa beras kencur namun makin terasa segar dengan air kelapa & perasan air jeruk nipis.

Nah, sampailah di main course. Di menu main course kami mencicipi banyak pilihan menu. Mulai dari  Lamp Chop, 4 varian Oxtail, dan chicken kebab.

Lamb Chop
Lamb Chop memiliki tekstur kematangan yang pas, dengan bumbu yang cukup tajam dan merasuk hingga dalam. Sajian Lamb Chop ini di padukan dengan French fries. Menu ini di bandrol dengan harga 65k.

Selanjutnya, di menu Sop Buntut atau Oxtail ada 4 varian yang bisa di pilih sesuai selera. Apa saja?

Oxtail Soup Original.

Oxtail Soup Original
Bagi yang ingin menikmati sop buntut tanpa ada variasi rasa, bisa memilih menu ini. Oxtail Soup Original ini kata Mba Dwi merupakan menu yang paling sering/banyak di pesan oleh pengunjung. Lalu, bagaimana dengan rasa sop buntut favorite pengunjung ini? Yang saya cicipi pertama kali tentunya adalah kuah. Saat pertama kali mencobanya, rasa yang saya temukan adalah rasa kaldu, dan disusul dengan rasa rempah meski tak terlalu mencolok. Bagi saya bumbunya pas, dan tak bikin eneg. Lalu untuk teksturnya, sepertinya saat proses memasak, buntut sapi ini tak dibiarkan hingga terlalu empuk (mropol) jadi kita harus ada usaha menggigitnya untuk lepas dari tulangnya. Tapi tenang saja, tak sesulit yang dibayangkan, karena daging cukup mudah lepas dari tulang. Awalnya saya hendak memakannya dengan nasi hangat yang pasti akan sangat nikmat, namun saya ingat masih ada beberapa menu yang harus saya cicipi.

Oxtail Soup Black Pepper

Oxtail Soup Black Pepper
Berbeda dengan Oxtail Soup Original, penyajian Oxtail Soup Blackpepper disajikan terpisah dengan nasi putih. Oxtail Soup Back Pepper dimasak dengan cara di panggang dengan bumbu lada hitam. Dari segi tampilan bagi saya lebih menarik. Berwarna hitam kecoklatan, dan minyak daging yang terlihat keluar. Dari segi tekstur, Oxtail Soup Black Pepper ini lebih mudah digigit dan dikunyah. Untuk rasa, tentunya dominan rasa manis dan lada hitam. Bumbunya merasuk hingga tulang, sehingga saat menggigit dagingnya rasanya ingin sambil menyesap tulangnya.

Oxtail Soup Asam Manis

Oxtail Soup Asam Manis
Untuk penyuka manis, menu ini pilihan yang sangat tepat. Saya sempat terkecoh dengan tampilannya yang berwarna merah. Saya membayangkan rasa pedas manis. Namun yang saya temukan hanya rasa sedikit asam dan selebihnya sangat manis. Terlalu manis malah bagi saya. Selebihnya, tidak ada yang istimewa dengan menu ini.

Oxtail Soup Balado

Oxtail Soup Balado
Nah, ini dia yang sesuai dengan tampilan. Meski masih belum sesuai ekspektasi level pedasnya. Sesuai nama dan tampilannya, rasanya pun memang pedas. Ya, untuk Oxtail Soup Balado ini sangat cocok bagi pecinta pedas, meski masih level tak terlalu pedas. Namun sangat recomended dengan rasa pedas dari cabai, dan sedikit rasa asin manis. Ini favorite saya. 

Untuk menu Sop Buntut, bisa kita nikmati dengan menebusnya dengan harga 48k. Menu maincourse terakhir yang juga menjadi "Menu Of The Month" Bulan Oktober adalah Chicken Kebab. Menu Chicken kebab ini di pasangkan dengan Soba Punch sebagai minuman of the month-nya.

Chicken Kebab & Soba Punch (Menu of The Month bulan Oktober)
Chicken kebab ini hanya menyajikan daging ayam yang dimasak sedemikian hingga tanpa kulit tortilla di luarnya. Teksturnya sangat empuk, rasanya pun tak amis dan enak. Apalagi di colek ke saus sambal & saus mayones. Wah, tak salah jika menu ini jadi Menu Of The Month bulan ini.

Untuk dessert, kami menikmati ice cream dengan berbagai rasa. Ada Coklat, Vanilla, dan Strawberry. Tak ada yang istimewa, karena ice cream ini memang hanya ice cream biasa yang bisa di beli di supermarket, hanya dikemas dalam penyajian yang lebih menarik saja.


Dari ulasan saya di atas, sudah tahu kan dimana mencari menu Sop Buntut dengan berbagai varian yang bisa menjadi pilihan? Pun demikian dengan menu lain yang juga sudah saya ulas. Secara keseluruhan, menu yang ada di Vallabha Restaurant Hotel Brothers Solo Baru ini patut di coba. Tempatnya yang berapa di pusat Solo Baru membuatnya mudah di jangkau. Menunya banyak pilihan sehingga tidak mudah bosan. Harganya variatif mulai dari 8k sudah termasuk free coffe/tea. Apalagi terkadang ada paket promo yang bisa di dapat di waktu tertentu. Soal rasa? kembali pada selera. Yang saya tulis enak atau biasa saja, adalah versi saya. Kamu punya versi lain? Coba saja :)


Hotel Brothers Solo Baru
JL. IR. SOEKARNO BLOK AC 25, 
SOLO BARU, SUKOHARJO 57552
Telp : 0271 - 6727979
Email : GOODTIME[AT]HOTEL-BROTHERS.COM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
Selasa, 25 Oktober, 2016 delete

Wah, makanan dan minuman di hotel ini memang enak. Bumbunya nendang!


www.nirmalamedia.com

Reply
avatar
Selasa, 25 Oktober, 2016 delete

Wahhh ada lamb chop, aku ngilerrr...

Besok cobain ah kalo lagi main ke solo

Reply
avatar
Rabu, 26 Oktober, 2016 delete

Aw..aw..aw, dari penampilannya udah endess, apalagi nyicipnya. Kudu nyoba ke Solo nih.

Reply
avatar
Jumat, 28 Oktober, 2016 delete

Yuk Mba Prim, sini sini... aku suka banget sama lumpia2nya. Enak bangettt :v

Reply
avatar
Rabu, 09 November, 2016 delete

wah ini enak banget deh kayaknya mas :)

Reply
avatar
Kamis, 10 November, 2016 delete

Oxtail soup balado mau coba! :D itu 48k all oxtail termasuk murah. Duh di tempat lain mah di atas 50k. Dan bakpao pasir emas bikin penasaran :D

Reply
avatar
Selasa, 15 November, 2016 delete

Tapi hati2 kolesterol mas. hahaha

Reply
avatar
Selasa, 15 November, 2016 delete

Yang balado favoritku mba. hihihi bakpao pasir emas nya jg recomended! :)

Reply
avatar