Bagi yang pernah melewati Jalan Adi Sucipto Solo, pasti sudah tak asing dengan sebuah bangunan bercat putih bergaya Eropa yang berdiri cant...

Ramada Suites by Wyndham; Staycation di Hotel Bintang ala Kompleks Perumahan

Bagi yang pernah melewati Jalan Adi Sucipto Solo, pasti sudah tak asing dengan sebuah bangunan bercat putih bergaya Eropa yang berdiri cantik di sisi utara jalan raya itu. Barangkali dulu banyak orang dibuat penasaran dengan fungsinya. Sebab selama bertahun-tahun bangunan yang merupakan kompleks ruko & perumahan itu terlihat "sepi-sepi" saja.

Namun satu tahun belakangan, sebuah neon box dan tulisan besar menunjukkan identitas barunya. Bangunan itu kini disulap menjadi hotel bintang 4 yang merupakan bagian dari Wyndham bernama Ramada Suites.

Ramada Suites by Wyndham
Ramada Suites by Wyndham


Hotel ala Kompleks Perumahan


Ramada Suites by Wyndham Solo, menjadi salah satu hotel di Kota Solo yang menurut saya tampil unik dan berbeda dari hotel-hotel lain pada umumnya. Bagaimana tidak, hotel ini menawarkan penginapan dengan suasana yang hommy seperti rumah pribadi di sebuah hunian kompleks perumahan.

Gerbang Candi Ramada Suites by Wyndham
Gerbang Candi Ramada Suites by Wyndham
Ramada memang sengaja memanfaatkan bangunan asli yang berupa kompleks ruko & perumahan yang mereka sulap menjadi kamar-kamar hotel yang nyaman dan elegan. Selayaknya sebuah kompleks perumahan, di dalamnya juga terdapat jalan perumahan dan taman hijau dengan pepohonan yang rindang.

Taman Ramada Suites by Wyndham
Taman Ramada Suites by Wyndham

Bergaya Eropa - Jawa


Ramada Suites by Wyndham sendiri menyusung tema Eropa-Jawa. Hal ini sangat jelas terlihat sejak pertama kali tamu melihatnya. Bangunan aslinya yang bercat putih dengan ornamen patung serta pilar-pilar merepresentasikan tema Eropa.


Replika Candi Taman Ramada Suites by Wyndham
Replika Candi Taman Ramada Suites by Wyndham

Sementara budaya Jawa ditampilkan melalui ornamen candi. Seperti gapura-gapura dan replika candi di taman, serta gambar-gambar candi di setiap ruangan. Hal ini semakin memberikan kesan adanya akulturasi dua budaya.

Dengan gaya yang unik ini membuat Ramada Suites ini tampak kekinian dan "instagramable" sehingga membuat tamu yang berkunjung semakin antusias sekedar berkeliling atau mengambil gambar. Banyak spot menarik di dalam hotel yang bisa ditemukan untuk dijadikan background foto. Di antaranya seperti di bangunan replika candi, gebyok jawa yang berada di area kolam renang, taman belakang, dan masih banyak lagi lainnya. Semua bisa ditemukan selama tamu jeli melihatnya.

Gebyok Ramada Suites by Wyndham
 Ramada Suites by Wyndham
Spot Foto Ramada Suites by Wyndham
Ramada Suites by Wyndham

Tipe Kamar


Setidaknya, Ramada Suites ini terbagi atas 3 bagian bangunan dan terdiri dari beberapa tipe kamar. Mulai dari superior, deluxe, grand deluxe, suite, dan grand suite. Bagian paling depan merupakan bangunan yang sengaja didesain 3 lantai dengan kamar-kamar serupa hotel modern. Selain resepsionis, bangunan ini juga diperuntukkan kamar-kamar tipe deluxe dan grand deluxe.

Grand Deluxe Ramada Suites by Wyndham
Grand Deluxe Ramada Suites by Wyndham

Lantai dasar yang berada di bagian belakangnya, dulunya berjejer ruko-ruko yang kini disulap menjadi kamar bertipe grand suite dengan 1 pintu = 1 kamar. Sebagai tipe kamar yang paling mewah, grand suite ini memiliki ukuran yang super luas dan terbagi atas 3 partisi ruang. Yakni living room, bedroom, dan bathroom. Mewah!

Grand Suites Ramada Suites by Wyndham
Tipe Kamar Grand Suites
Living Room Grand Suites Ramada Suites by Wyndham
Living Room Grand Suites Ramada Suites by Wyndham

Sementara bangunan bagian belakang merupakan kompleks perumahan yang terdiri atas rumah-rumah mewah yang di dalamnya terdapat 5 hingga 7 kamar hotel bertipe superior. Uniknya, meski bertipe yang sama, kamar-kamar superior ini tak seragam. Luas, fasilitas, dan penataan kamarnya sangat mungkin berbeda-beda. Hal ini dikarenakan tipe kamar superior mengikuti bentuk kamar asli yang sudah ada.


Superior Ramada Suites by Wyndham
Tipe Kamar Superior
Tipe Kamar Superior Ramada Suites by Wyndham
Tipe Kamar Superior yang Lain
Sedikit bocoran, ada satu kamar superior yang sangat luas dan terintegrasi dengan kolam renang. Barangkali kamar superior super luas dengan kolam renang pribadi semacam ini hanya Ramada saja yang memilikinya. Sayangnya, sebagai tamu kita tidak bisa memilih kamar semaunya. Mau dapet kamar tersebut? Coba saja baik-baikin FO nya.

Fasilitas Kamar

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk menginap di kamar tipe grand deluxe. Ukurannya cukup luas, dengan fasilitas twin bed, 2 sofa malas, dan beberapa furniture lain seperti meja lampu, meja rias, almari pakaian, dll.

Grand Deluxe Ramada Suites by Wyndham
Grand Deluxe Ramada Suites by Wyndham

Interiornya menurut saya tidak terlalu berlebihan. Karpet corak bunga di sisi depan tempat tidur dan mozaik bergambar prambanan menjadi hiasan yang paling menonjol. Selebihnya sederhana tapi tetap terkesan luxury. Gambar Candi Prambanan juga terlihat di gorden jendela, bantal, dll. Sementara nuansa warna merah - coklat kayu cukup dominan untuk kamar tipe grand deluxe ini.

Sebanding dengan ukuran bedroom, bathroom nya pun cukup lega, dengan shower dan toliet duduk yang dipisah oleh partisi kaca. Di dalamnya juga dilengkapi wastafel lengkap dengan hairdryer & toiletries.

Bathroom Grand Deluxe Ramada Suites by Wyndham
Bathroom Grand Deluxe Ramada Suites by Wyndham

Restaurant

Jika menginap di Ramada, jangan lewatkan untuk sarapan di restaurannya; Ramayana. Restauran ini terletak di bangunan belakang bagian tengah atau di sebelah bangunan candi. Ruangannya sangat luas dengan set meja kursi yang tertata rapi serta interior klasik nan cantik. Lihat saja bagaimana Ramada mendandaninya dengan keramik tegel corak klasik, pintu kaca, serta cermin-cermin berbingkai candi yang ada di dinding. Cantik!

Ramayana Restaurant Ramada Suites by Wyndham
Ramayana Restaurant Ramada Suites by Wyndham
Ramayana Restaurant ini juga terintegrasi dengan kolam renang yang ada di sebelahnya. Bahkan untuk event tertentu seperti wedding, ruangan ini juga bisa digunakan bersamaan ruang outdoor di kolam renang.

Soal menu sudah pasti standart hotel bintang 4. Mau menu tradisional hingga western pun semua ada. Dari appetizer, main course, hingga dessert, semua komplit. Jadi jangan kawatir tidak berselera karena banyak pilihannya. Selain menu ala buffet, juga berdiri beberapa tenant hingga live cooking yang siap melayani.

Menu Ramayana Restaurant Ramada Suites by Wyndham
Menu Ramayana Restaurant Ramada Suites by Wyndham

 

Kolam Renang & Fasilitas Lain


Tepat di samping Ramayana Restaurant terdapat kolam renang yang cukup luas dengan jembatan yang membelah di tengah. Di sisi lainnya ada semacam limasan sebagai panggung & gebyok. Tempat ini biasa digunakan untuk acara resepsi seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya.

Kolam Renang Ramada Suites by Wyndham
Kolam Renang Ramada Suites by Wyndham

Kolam Renang Ramada Suites by Wyndham
Kolam Renang Ramada Suites by Wyndham

Sebenarnya ada beberapa kolam di Ramada. Selain kolam utama ini, juga ada kolam lain di depan ruang gym, dan kolam lain di salah satu rumah di tipe kamar superior. Fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh tamu ada juga gym, spa, taman bermain anak, dan masih banyak lagi lainnya.

Oh iya, karena Ramada Suites ini cukup luas dan membutuhkan tenaga serta waktu ekstra untuk menuju kamar residence, maka pihak hotel juga menyediakan kendaraan semacam boogie car sebagai angkutan tamu di sekitar kompleks hotel. Atau bisa juga tamu menggunakan fasilitas sepeda untuk berkeliling di sekitar hotel, gratis!

Boogie Car Ramada Suites by Wyndham
Boogie Car Ramada Suites by Wyndham


Kesimpulan


Ramada Suites by Wyndham Solo bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman menginap yang berbeda. Kenyamanan bak hunian perumahan sungguh membuat tamu betah dan tak rela pindah. Ingin staycation di hotel bintang ala kompleks perumahan? Ya di Ramada Suites by Wyndham!


Baca Juga :
1. 10 Destinasi Wisata Menarik di Kota Solo untuk City Tour 
2. Bermalam dengan Nyaman di The Sunan Hotel Solo 
3. Alila; Hotel Bintang Lima yang Bikin Terkesima pada Pandangan Pertama


0 coment�rios:

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)