Mencicipi Menu Baru Liberica yang Menggoda

Minggu, April 30, 2017
Liberica Solo
Liberica Solo
Kota Solo merupakan salah satu kota yang ramah bagi "tukang nongkrong" menurut saya. Bagaimana tidak, pecinta tongkrongan pasti akan betah di kota ini karena sangat mudah untuk menemukan habitatnya. Itupun dengan beragam kelas, mulai dari yang merakyat dengan bersila di tikar wedangan pinggir jalan hingga duduk di sofa nyaman kafe. Tinggal pilih sesuai budget kantong.

Baru-baru ini saya diundang untuk food testing ke salah satu tempat berkelas yang terletak di depan loby Alila Hotel; Liberica. Bagi sebagian orang, nama Liberica sudah tak asing lagi. Di Indonesia, outletnya sudah tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Palembang, Makassar, hingga Solo. Bahkan di Solo sendiri tidak hanya ada di Alila Hotel, namun juga dapat ditemui di The Park Mall Solo Baru.

Jangan tanya soal beverages menu di Liberica, kamu akan disodori puluhan menu pilihan mulai dari beragam classic coffees, ice blends, teas, classic cocktails, dan masih banyak lagi. Silakan bingung memilih minuman mana yang sesuai selera, sementara saya kali ini akan membahas menu makanannya. Sama dengan menu minuman, daftar makanan di sini tak kalah panjang, mulai dari menu breakfast, appetizer, salad, main course dengan beragam pilihan dari asian, western, indonesia, dll, hingga beragam dessert

Crispy Chicken Wings

Crispy Chicken Wings Liberica Solo
Crispy Chicken Wings Liberica Solo
Menu ini menjadi appetizer pertama yang saya cicipi. Bagi saya, sayap merupakan bagian ayam paling nikmat, jadi otomatis saya sudah dibuat ngiler sebelum menu ini disajikan di depan mata. Ekspektasi saya sempat turun saat melihat warnanya yang bukan kuning keemasan, melainkan kehitaman terkesan gosong. But, don't judge a book by its cover. Yes? 

Crispy Chicken Wings ini memiliki taste yang ulala, diolah dengan resep khas Liberica yakni dimarinasi atau direndam dengan saus khas Liberica. Disajikan dengan saus Ranch Dressing yang gurih, Crispy Chicken Wings terasa semakin mantap.

Japanese Crispy Kara-Age 

Japanese Crispy Kara-Age Liberica Solo
Japanese Crispy Kara-Age Liberica Solo
Menu ini merupakan salah satu hidangan pembuka terbaru dari Liberica dan terinspirasi dari Tori No Kara-Age, yakni deep-fried chicken nuggets. Hidangan pembuka ini disajikan dengan saus dip yang unik yakni Wasabi Mayonnaise. Bagi saya saus ini terasa cukup kuat baik aroma dan rasa, sehingga tidak perlu menambahkannya terlalu banyak. 

Pan-Fried Salmon

Pan-Fried Salmon Liberica Solo
Pan-Fried Salmon Liberica Solo
Dari Appetizer, saya mulai beranjak ke menu main course. Tampilannya sangat cantik, dengan warna ikan salmon yang menggoda. Siapapun tak akan ragu mencobanya, apalagi ikan salmon ini digoreng pada kedua sisi dengan menggunakan sedikit minyak. Disajikan dengan Potato Wedges, Garlic Butter, dan House salad dengan Chinese Dressing, menjadikannya paduan yang sempurna. Saya masih dapat merasakan bagaimana memotong ikan salmon yang lembut ini dan mengunyahnya secara perlahan. Uh!

Salmon Teriyaki

Salmon Teriyaki Liberica Solo
Salmon Teriyaki Liberica Solo
Masih dengan menu baru, yang ini ikan salmon dengan saus teriyaki khas Liberica. Ikan salmon ini juga digoreng dengan tingkat kematangan yang pas, dan menjadikannya salah satu hidangan salmon baru di Liberica yang patut dicoba.

Nasi Campur Liberica

Nasi Campur Liberica Solo
Nasi Campur Liberica Solo
Kita beralih ke cita rasa nusantara, nasi campur. Seperti nasi campur pada umumnya, isinya sudah pasti beragam lauk mulai dari telur balado, oseng tempe, ayam suwir, daging sapi suwir, dll. Rasanya? sudah pasti Indonesia banget, dan menjadi menu Indonesia terbaru. Bagi yang tak terbiasa dengan makanan di luar makanan Indonesia, biar tak salah makan, menu ini sangat direkomendasikan.

Crispy Chicken Rosemary

Crispy Chicken Rosemary Liberica Solo
Crispy Chicken Rosemary Liberica Solo
Ayam goreng krispi dengan balutan bumbu rosemary dan coleslaw, menghasilkan cita rasa yang tak biasa. Apalagi dalam proses memasaknya yang juga terbilang istimewa. Crispy Chicken Rosemary ini merupakan satu-satunya hidangan utama di Liberica yang menggunakan teknik masak dalam kantong vakum, yang direbus selama beberapa jam, sehingga dagingnya menjadi matang dan tetap lembut. Baru kemudian digoreng. Teksturnya kres banget!

Chili Salt & Pepper Fish

Chili Salt & Pepper Fish Liberica Solo
Chili Salt & Pepper Fish Liberica Solo
Dari penampakannya, lidah secara otomatis membayangkan cita rasa asin gurih sedikit pedas. Menggunakan fillet ikan Dory yang dibumbui crispy batter yang ditambah sereh, menu ini benar-benar gurih dan wangi. Teksturnya pun lembut di dalam dan crispy di luar. Rasanya? persis di bayangan saya, hanya lebih pedas dari dugaan ternyata.

General Tso's Chicken

General Tso's Chicken Liberica Solo
General Tso's Chicken Liberica Solo
Masih memainkan bahan baku chicken, yang satu ini termasuk golongan chinese food. Potongan daging ayam digoreng tepung, kemudian dimasak dengan saus general tso's versi Liberica. Hidangan yang satu memiliki cita rasa yang komplit, antara manis, asin, dan gurih.

Thailand Chicken Skewer

Thailand Chicken Skewer Liberica Solo
Thailand Chicken Skewer Liberica Solo
Ini salah satu menu favorite saya, Thailand Chicken Skewer merupakan satai ayam yang dipanggang setelah daging ayam dimarinasi dengan saus khas Thailand sebelumnya. Semakin nikmat karena Thailand Shicken Skewer ini disajikan bersama Pilaf Rice, nasi yang digoreng dengan paprika dan bawang bombay, disertai sweet chili sauce khas Thailand.

Aglio Olio Salmon

Aglio Olio Salmon Ribelica Solo
Aglio Olio Salmon Ribelica Solo
Aglio Olio ini adalah salah satu menu favorite di Liberica. Tak heran jika Liberica menambah varian terbarunya yakni dengan ikan Salmon. Menu pasta yang dapat dipesan dengan spaghetti atau fettucine yang dimasak secara al-dente kemudian ditumis dengan olive oil, bawang putih, irisan cabai dan ikan salmon. Rasanya? tak kalah nikmat dengan tuna.

Liberica Red Velvet

Liberica Red Velvet Liberica Solo
Liberica Red Velvet Liberica Solo
Di menu dessert, Liberica Red Velvet menjadi pilihan pertama. Siapa tak suka dengan cake warna merah menyala ini? Baru melihat penampakannya saja saya yakin semua tak sabar menggigitnya dengan manja. Liberica Red Velvet ini sungguh sempurna, dengan tekstur yang sangat lembut, dan lumer di mulut setiap gigitannya. Juara!

Triple Chocolate Cake

Triple Chocolate Cake Liberica Solo
Triple Chocolate Cake Liberica Solo
Ini favorite! Sumpah, saya tidak dapat menjabarkan kenikmatannya pada tulisan. Cake dengan chocolate tiga lapis, penampakannya menggoda iman. Bagi kamu yang sedang diet saya sarankan untuk tidak dekat-dekat dengan cake satu ini, atau akan mendadak amnesia & khilaf. Teksturnya sangat lembut, lelehan coklat di luar dan di dalam akan otomatis lumer di mulut. Antara manis dan pahitnya chocolate saling beradu. Uuuh! Rasanya tak cukup dengan satu atau dua suap saja. 

Sebenarnya masih ada dua jenis cake lagi yang disajikan, sayangnya salah satu cake memakai alcohol sebagai salah satu bahannya. Saya yang tidak mengkonsumsi alcohol memilih untuk tidak mencicipinya meski sebenarnya tidak akan memabukkan. Sementara satu jenis cake lagi juga lupa saya cicipi. 

Nah, demikin ulasan menu makanan baru yang ada di Liberica Solo. Yang saya sampaikan hanya sebatas pendapat dari lidah saya pribadi, jadi mungkin kamu akan memiliki pendapat lain jika mencicipinya sendiri secara langsung. Want to try? 


LIBERICA | HOTEL ALILA RETAIL AREA
l. Slamet Riyadi No. 562 Solo (Surakarta) 57144
Ph.: +62-271-746-1547
Opening Hours
Sunday – Thursday
10.00 – 23.00
Friday & Saturday
10.00 – 00.00


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

11 comments

Write comments
Sabtu, 06 Mei, 2017 delete

malah gentenan, awan-awan ngelih ngene malah ana sing upload kuliner...lah lah..

General Tso's Chicken enak di lamud abang2 e kui ya...sedep tenan ketokke

Reply
avatar
Minggu, 07 Mei, 2017 delete

waduuwww enak banget ituu *ngiler*

Reply
avatar
Minggu, 07 Mei, 2017 delete

Kenapa makanannya banyak bangeeeeeeet.
Etapi kapasitas kamu emang besar sih ya, jd tak apa lah. Muat muat aja pastinya

Reply
avatar
Senin, 08 Mei, 2017 delete

Yakin ini orang tiap kuliner dicicipin semua. Jadi gimana mau nurunin berat badan. Walau gowes 10km tiap hari ngak ngaruh *eh

Reply
avatar
Rabu, 10 Mei, 2017 delete

Bwahahahaah kapokkk! balas dendam aku. hahaha

Reply
avatar
Rabu, 10 Mei, 2017 delete

Ah, emang kamunya aja ngileran kak :p

Reply
avatar
Rabu, 10 Mei, 2017 delete

Bwahahahaha sumpah, aku begah bgt itu kak, pdhal cm nyicip sesuap2 paling. hiks

Reply
avatar
Rabu, 10 Mei, 2017 delete

Hahahahaha aku kan profesional kak, hrs nyoba biar bisa cerita gmn rasanya. kwkwkwk

Reply
avatar
Rabu, 23 Agustus, 2017 delete

makanannya bikin ngiler,bener2 bikin perut laper dan tergoda.

Reply
avatar
Sabtu, 07 Oktober, 2017 delete

aku paling pesan kopinya double espresso..mantaps

Reply
avatar
Senin, 16 Oktober, 2017 delete

salmonnya kayak yang enak gitu, bikin ngiler

Reply
avatar