Cari Sajian Gurame Paling Juara? Ya di Bale Ayu Jogja!

Sabtu, November 04, 2017
Salah satu alasan saya suka Jogja adalah kulinernya yang beragam. Mau makan apa, kayaknya mudah saja di kota ini. Mulai dari yang kaki lima hingga bintang lima, ada. Mulai dari yang tradisional hingga western, ada juga. Beberapa kedai atau tempat makan bahkan dikenal karena identik pada satu menu makanan tertentu. Salah satunya adalah Bale Ayu yang sangat lekat dengan menu gurame.

Lokasi Bale Ayu

Bale Ayu awal berdiri pada tahun 2009 berlokasi di Jalan Imogiri Timur Km 6, kemudian buka di Jalan Magelang Km 6,3 A4, Jombor sejak 11 November 2016 lalu. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat Jogja khususnya yang berada di bagian utara. Lokasinya yang berada tepat di selatan ring road dan fly over Jombor, membuat Bale Ayu makin mudah dijangkau.

Menu di Bale Ayu

Meski identik dengan ikan gurame, namun sebenarnya Bale Ayu memiliki beragam menu lain. Minggu lalu saya berkesempatan mencicipi beberapa menu andalan dari Bale Ayu ini, baik menu gurame atau menu lain yang juga tak boleh dilewatkan.

1. Gurame Terbang Bale Ayu

Gurame Terbang Bale Ayu
Gurame Terbang Bale Ayu
Menu ini cocok untuk kamu yang ingin mencicipi rasa gurame dengan cita rasa original. Yaps, karena untuk menu ini tidak terlalu banyak bumbu yang dimainkan. Rasanya cenderung gurih asli dari ikan gurame itu sendiri. Gurih asin dari kremes yang bertabur di atasnya juga semakin membuat gurame terbang ini diminati.

Gurame disajikan di atas piring dengan sayatan dagingnya sepersi sayap. Itulah sebab hidangan ini dinamakan gurame terbang. Sementara untuk menikmatinya, paling cocok disantap dengan nasi hangat, lalap, dan sambal. Uh!

2. Gurame Bakar Madu Bale Ayu

Gurame Bakar Madu Bale Ayu
Gurame Bakar Madu Bale Ayu
Nah, menu ini yang cocok bagi lidah Jogja yang cenderung suka mengecap rasa manis. Meski dibakar, gurame ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa yang dominan manis. Bagi saya pribadi manisnya sedikit too much. Tapi saya masih sarankan kamu untuk cicipi menu ini, terutama bagian kepalanya jangan sampe lepas. Bedah sampai otak-otaknya! Errr


3. Tahu Cabe Garam Bale Ayu

Tahu Cabe Garam Bale Ayu
Tahu Cabe Garam Bale Ayu
Ini nih, menu sejuta umat. Selain memang menu rumahan yang mudah dibuat, cita rasanya yang sederhana membuatnya masuk ke selera berbagai jenis lidah. Asin dan pedas tentu identik dengan menu ini. Yang membuatnya berbeda dengan tahu cabe garam di tempat lain buat saya balutan tepungnya yang tak begitu garing, tapi tetap renyah saat dikunyah.

4. Tahu Telur Asin Bale Ayu

Tahu Telur Asin Bale Ayu
Tahu Telur Asin Bale Ayu
Jujur, saya tak begitu suka telur asin dari dulu. Bagi saya telur asin itu rasa dan teksturnya aneh. Itulah kenapa saya hampir tak pernah mengambil telur asin setiap menemukannya di atas meja makan. Tapi tidak tahu kenapa, jika telur asin dikolaborasikan dengan makanan lain, saya bisa menikmatinya.

Tahu telur asin penyajiannya hampir mirip seperti tahu cabe garam, namun jika diamati lagi ada siraman sedikit kuah berwarna kuning, dan ini dia kuning telur asinnya. Tahu yang digoreng renyah, terasa sedikit masir khas telur asin. Aroma dan rasa telur pun begitu terasa. Saya menyarankan menu ini, jika kamu penyuka telur asin.

5. Steamboat & Capcay Bale Ayu

Steamboat Capcay Bale Ayu
Steamboat Capcay Bale Ayu
Lengkapi sajian makan kamu di Bale Ayu ini dengan menu kuah. Biar seimbang kan, antara asupan protein sama serat. Nah capcay atau steamboat ini merupakan pilihan yang tepat. Selain berkuah segar, sayuran juga dapat melengkapi asupan nutrisi.

Dalam satu mangkuk atau steamboat berisikan sayur-sayuran seperti sawi, bunga kol, dan wortel. Udang juga tak ketinggalan masuk di sana. Sluuuurp, ah!


Jadi, sudah tahu kan sekarang, dimana bisa menikmati beragam olahan ikan tawar utamanya gurame di Jogja. Selain menunya yang beragam dengan cita rasa yang tidak mengecewakan, Bale Ayu ini memiliki ruang yang nyaman dan luas lho. Dilengkapi juga dengan meeting room. Bahkan ada joglo dengan halaman luas di bagian belakang. Wuih, bisa dong dipake buat garden party gitu. Berminat mencoba?


Bale Ayu
Jalan Magelang Km 6,3 A4,
Jombor, Sleman, DIY
Buka : 09.00 – 22.00 WIB


Baca Juga :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Sabtu, 04 November, 2017 delete

Ini sama dengan yang di Jalan Timoho nggak sih? Kayaknya satu manajemen. Enak Kepiting Saus Lada buahahhahahha

Reply
avatar
Kamis, 09 November, 2017 delete

DIsini ga jual gurame setengah hidup gitu kayak diluar negeri gitu ya haa
Tapi dari semua jenis kuliner gurame itu kayaknya aku lebih suka tahu telor deh :v
mau dong di bungkusin bawa kesini

Reply
avatar