Lima Makanan Khas Ini Harus Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Bangka Selatan

Rabu, September 20, 2017
Mengunjungi sebuah daerah kurang lengkap bukan jika tidak berburu dan mencicipi makanan khas daerah tersebut? Nah jika berkunjung ke Bangka Selatan, beberapa makanan berikut ini wajib masuk daftar kuliner yang harus kamu cicipi.  

1. Lempah Kuning

Lempah Kuning Bangka
Lempah Kuning Bangka
Lempah kuning menjadi kuliner Bangka Selatan pertama yang wajib kamu cicipi. Meski sebenarnya lempah kuning bisa ditemukan hampir di seluruh Bangka dan sekitarnya, tapi ada sedikit perbedaan lempah kuning yang ada di Bangsel. Kuliner ini merupakan olahan ikan yang dimasak kuah kuning dengan beragam bumbu rempah dan memiliki cita rasa asam pedas. Di Bangsel sendiri lempah kuning dikenal lebih pedas jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Saya langsung menyukainya saat pertama kali mencicipi. Kuahnya segar, dominan pedas asam. Sementara ikannya tidak berbau amis. Juara!

2. Otak-otak

Otak-otak Ikan Bangka
Otak-otak Ikan Bangka
Masih tentang olahan ikan, yang satu ini adalah otak-otak. Yakni ikan yang dihaluskan menjadi adonan bersama bumbu, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Sementara untuk menikmatinya, otak-otak disiram dengan kuah sambal yang ditambah perasan jeruk. Cita rasanya? Luar biasa! Perpaduan antara gurih pedas asam jadi satu. Mencicipinya tak cukup satu atau dua biji saja. Nah, salah satu tempat yang menyajikan otak-otak yang lezat ini ada di Pantai Batu Kapur Toboali. Sambil makan, kamu bisa menikmati senja di sore hari. Sungguh kenikmatan surga dunia.

3. Kue Tabok

Kue Tabok Apin Martabak Bangka
Kue Tabok Apin Martabak Bangka
Jika biasanya kita mengenal sebutan martabak Bangka, maka jangan berharap menemukannya di sana. Nyatanya di Bangka tak ada yang menyebut Martabak Bangka untuk penganan yang manis legit tersebut. Di Bangka Selatan sendiri martabak disebut dengan kue tabok. Dimana salah satu kue tabok yang terkenal dan legendaris adalah Kue Tabok Apin yang berada di Jalan Diponegoro, Toboali. Hampir serupa dengan martabak yang biasa kita kenal, kue tabok ini memiliki beragam topping seperti cokelat, kacang, keju, dll meskipun topping asli kue tabok sendiri sebenarnya adalah wijen. Sementara teksturnya sedikit berbeda, dengan kulit tak terlalu tebal dan lebih lembut. Nyummy!

4. Bong Li Piang/Pia Nanas

Bong Li Piang Pia Nanas Bangka
Bong Li Piang Pia Nanas Bangka
Bong li piang atau pia nanas merupakan salah satu oleh-oleh khas Bangka, termasuk juga di Bangka Selatan. Tak sulit menemukan kue ini di toko oleh-oleh. Bong li piang sendiri biasanya diproduksi oleh industri rumah tangga, sehingga cita rasanya masih cukup terjaga hingga kini. Kue ini hampir mirip dengan kue nastar namun berukuran lebih besar. Bahannya pun hampir serupa, hanya saja tidak menggunakan telur, sehingga teksturnya tidak serapuh nastar. Bong li piang paling cocok dinikmati saat pagi atau sore hari sebagai teman ngopi atau ngeteh. Mantap!

5. Rusip

Rusip Bangka
Rusip Bangka (Photo : www.indonesiakaya.com)
Rusip merupakan makanan yang terbuat dari ikan teri yang difermentasi dalam kurun waktu tertentu. Warna dan bentuknya mungkin kurang menggugah selera, namun bagi sebagian orang rasanya sangat istimewa. Biasanya rusip disajikan dengan ditambah irisan cabe dan bawang merah. Nah, jika kurang suka dengan rupanya, cobalah memejamkan mata saat mencicipi rusip ini. Yakin gak ketagihan?


Sebenarnya masih ada banyak kuliner Bangka selatan yang harus dicicipi selain yang sudah saya sebutkan di atas. Mungkin kamu punya daftar lain yang perlu ditambahkan? Silakan tulis di kolom komentar ya!


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
Rabu, 20 September, 2017 delete

Saya langsung menyukainya saat pertama kali mencicipi. <<< Aku ngakak baca ini, jangankan olahan ikan, peyek atos wae mbok entekke sak toples. Hahaha....

Reply
avatar
Rabu, 20 September, 2017 delete

Sebagai penyuka makanan gurih, nomor 1,2,dan 5 begitu cocok di lidah.

Btw, jangan sebut martabak manis, sebut itu terang bulan!

Reply
avatar
Selasa, 26 September, 2017 delete

Suka suka heh! :p Di Bangka nyebutnya Kue Tabok. Ada pula panekok. Trs ada lg yg nyebut hoklopan. Banyakkk :D

Reply
avatar
Minggu, 01 Oktober, 2017 delete

Rurip, Ikan Teri di fermentasi? Rasanya naeh kah atau? aahhh, harus coba kalau pas ke bangka. Aku paling suka makanan yang tak biasa kayak gini. Maklum lah, Wong nggeragas , hahaha

Reply
avatar