Toboali merupakan nama kota sekaligus nama ibukota kecamatan, juga sebagai ibukota Kabupaten Bangka Selatan. Kota ini dapat ditempuh sekita...

Enam Destinasi Wisata Menarik di Toboali Bangka Selatan

Toboali merupakan nama kota sekaligus nama ibukota kecamatan, juga sebagai ibukota Kabupaten Bangka Selatan. Kota ini dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Pangkal Pinang. Memiliki luas sekitar 1.460,36 km, Toboali kaya akan sejarah dan panorama alam. Mulai dari bangunan tua hingga pantai cantik bertebaran di setiap sudutnya. Tak heran jika Toboali kini menjadi salah satu destinasi wajib wisatawan saat berkunjung ke Pulau Bangka. Nah, jika kamu berkesempatan mengunjungi kota ini, berikut beberapa destinasi wisata yang tak jauh dari pusat Kota Toboali yang bisa kamu kunjungi. Bahkan beberapa diantaranya bisa ditempuh cukup dengan berjalan kaki.

1. Benteng Toboali

Benteng Toboali Bangka Selatan
Benteng Toboali Bangka Selatan
Benteng Toboali merupakan destinasi sejarah yang tak jauh dari pusat kota. Bahkan kita dapat menempuhnya dengan berjalan kaki sambil menikmati jalanan kota Toboali. Sekitar 10 menit perjalanan sampailah kita di benteng peninggalan Belanda ini. Letaknya berada di atas bukit kecil, dan menghadap ke arah laut.

Benteng Toboali Bangka Selatan
Benteng Toboali Bangka Selatan
Benteng yang dibangun pada tahun 1825 ini dahulu diperuntukkan melindungi pertambangan timah dari serangan yang berasal dari arah laut. Antara tahun 1942 hingga 1945 benteng ini juga sempat dikuasai JepangSaat ini kondisinya sudah tak utuh lagi, dan hanya tersisa reruntuhannya saja. Terlihat beberapa bekas ruangan dengan dinding yang ditumbuhi pohon besar. Konon ruangan-ruangan tersebut dulu digunakan sebagai gudang, barak prajurit, ruang administrasi, ruang penjagaan, dapur, dan tempat menyimpan bahan makanan. Akar pepohonan yang merambat di setiap dinding justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar berswafoto. Dari benteng ini pula, kita dapat melihat panorama Pantai Nek Aji dari ketinggian.

2. Pantai Nek Aji

Pantai Nek Aji berada di belakang Benteng Toboali dan menjadi salah satu pantai andalan di kota ini. Selain karena mudah dijangkau, pantai ini memiliki panorama indah dan suasana yang nyaman. Bibir pantai yang luas dengan pasir putih membuatnya digemari wisatawan untuk melakukan beragam kegiatan. Bahkan pantai ini sering dijadikan sebagai tempat berlangsungnya sebuah acara, seperti festival layang-layang saat Toboali City On Fire.

Pantai Nek Aji Toboali Bangka Selatan
Pantai Nek Aji Toboali Bangka Selatan (photo : Rizka Phinemo.com)
Saat berlangsung acara seperti inilah Pantai Nek Aji mendadak ramai dan penuh oleh pengunjung baik masyarakat setempat ataupun wisatawan. Meski terik pada siang hari, wisatawan tak perlu kawatir kepanasan terlalu lama, karena pantai ini juga dinaungi deretan pepohonan rindang sebagai peneduh alami di sekelilingnya.

3. Batu Belimbing


Batu Belimbing Toboali Bangka Selatan
Batu Belimbing Toboali Bangka Selatan
Batu Belimbing menjadi destinasi yang sedang naik daun di Toboali. Letaknya masih tak jauh dari pusat kota, meski tak sedekat dua destinasi di atas. Batu Belimbing berada di jalan Pasiban Kampung lalang, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Butuh waktu sekitar 10 menit menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota untuk sampai ke sini.

Batu Belimbing Toboali Bangka Selatan
Batu Belimbing Toboali Bangka Selatan
Dinamakan batu belimbing karena batu granit berukuran besar ini membentuk irisan menyerupai buah belimbing secara alami. Hal ini dikarenakan curah hujan selama ratusan tahun dan mengikis bagian batu dan membentuk sebuah pola. Konon batu semacam ini hanya terdapat di Toboali, Bangka Selatan selain pantai Romodong Belinyu, Pantai Anambas Riau, Ayer Rock Australia dan Sin zhuan Tiongkok.


4. Pantai Batu Perahu

Pantai Batu Perahu Toboali Bangka Selatan
Pantai Batu Perahu Toboali Bangka Selatan
Berada tak jauh dari Batu Belimbing, kita dapat menemukan Pantai Batu Perahu hanya dengan berjalan kaki. Meski pasir pantai tak begitu putih bersih, namun pemandangan bebatuan granit berukuran besar menghiasi sepanjang bibir pantai dan menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan terdapat sebuah batu besar yang berbentuk seperti perahu dan memiliki tinggi sekitar tiga meter dengan lebar lima meter. Hal itu pula yang membuat pantai ini dinamakan dengan Pantai Batu Perahu.

5. Pantai Batu Kapur

Sunset Pantai Batu Kapur Toboali Bangka Selatan
Sunset Pantai Batu Kapur Toboali Bangka Selatan
Masih di garis pantai yang sama. Bergeser sedikit, kita dapat menemukan Pantai Batu Kapur. Hampir serupa dengan Pantai Batu Perahu, pantai ini juga dihiasi dengan bebatuan granit yang berada di sepanjang bibir pantai. Yang membuatnya dinamakan batu kapur justru bukan dari jenis batu, melainkan banyaknya hewan serangga yang disebut oleh warga sekitar dengan  nama kapur. Serangga ini sering muncul pada sore hari di musim-musim tertentu.

6. Pantai Batu Kodok

Pantai Batu Kodok Toboali Bangka Selatan
Pantai Batu Kodok Toboali Bangka Selatan (Photo : Jejakjelata.com)
Masih sama seperti dua pantai sebelumnya. Pantai ini memiliki panorama hampir serupa dengan hiasan bebatuan granit yang tersebar di bibir pantai. Sementara batu berbentuk mirip kodok pula penyebab pantai ini dinamakan dengan Pantai Batu Kodok. Letaknya berada di Kelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Nah, demikian enam destinasi wisata menarik di seputaran Kota Toboali Bangka Selatan, yang aksesnya sangat mudah dijangkau dari pusat kota. Jika sedang berada di kota ini jangan lupa untuk mengunjunginya ya!


 *Tulisan ini merupakan catatan perjalanan yang didapat saat kegiatan Toboali City On Fire 2 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Bangka Selatan 27-31 Juli 2017.

Baca Juga :

20 comments:

  1. Besok kamu kudu napak tilas di sini lagi barengan seseorang yang bisa digandeng buahahahahha

    ReplyDelete
  2. Batu-batu besar memang khas pantai di daerah-daerah bangka ya.

    ReplyDelete
  3. wahh belum pernah ke bangka tapi ada rencana kesana sih
    rekomendasi yang bagus euy..

    ReplyDelete
  4. Kok ngeri, takutnya batunya geser. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batu boleh geser, asal jangan hatimukak~ aiiiiih

      Delete
  5. Bangka banget nih, pantai-pantainya berbatu-batu besar, semuanya pengen dikunjungi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah... lekat bgt sm Bangka Belitung. Ayuk aku jg pengin lg. wkwkwk

      Delete
  6. Replies
    1. Itu pas lg ada festival sih, kalau engga tidak seramai itu kok

      Delete
  7. Benteng Toboali asyik juga nih buat pemotretan.
    Betewe, aku belom pernah ke Bangka loh ji, kamu kapan ada rencana kesana lagi. Bisalaaah ngajak aku hahahaha.

    Padahal Bangka ini lokasinya nggak terlalu jauh dari Palembang, tapi belom kesampean kesana hikz :'(

    ReplyDelete
  8. saya belum perna kebangka,wah.... batunya besar-besar ya, kalau saya kesana pasti selfi mulu hehehe ajakin saya kebangka dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga ah, nanti km ajakin selfi mulu. wkwkwkwk

      Delete
  9. wahh Toboali...ajak aku dong kak....butuh cuti nihh....

    ReplyDelete
  10. waaahhh rekomendasi bagus sekali nihh untuk liburannn

    ReplyDelete
  11. Kalo di bangka aku sering nya cuma ke Pasir Padi Tikus Emas Pagoda sama Parai...
    Kalo ke daerah toboali bangka selatan sana belum nyampek soal nya jauh... 😁😔😔

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)