5 Kuliner Khas Lombok yang Wajib Dicicipi

Kamis, Maret 31, 2016
Siapa yang tak kenal dengan Pulau Lombok. Mendengar namanya, sudah tak ada lagi yang meragukan keindahan pulau yang memiliki sebutan pulau seribu masjid ini. Seperti halnya Pulau Bali, pulau ini menjadi salah satu destinasi favorite bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tak hanya wisata alam & budaya, Pulau Lombok juga memiliki warisan kekayaan wisata kuliner khas yang wajib dicoba bagi siapapun yang berkunjung, khususnya bagi para pecinta kuliner. Lalu, apa saja kuliner khas Lombok tersebut? Berikut diantaranya :

1. Ayam Taliwang
Kuliner yang satu ini sudah pasti tak asing bagi pecinta kuliner Nusantara. Makanan khas yang identik dengan Pulau Lombok ini merupakan sajian ayam kampung lokal yang dibakar atau digoreng. Ayam yang disajikan pun merupakan ayam muda pilihan sehingga ukurannya tak terlalu besar dengan tekstur daging yang lebih empuk. Selain dari cara membakar/menggorengnya yang berbeda dengan ayam pada umumnya, ayam taliwang juga istimewa di bumbu yang digunakan. 

ayam taliwang, bakar, kuliner khas lombok,
Ayam Taliwang (bakar)
Biasanya ayam taliwang disajikan bersama lalapan yang terdiri dari terung, mentimun, bawang merah yang di rajang dan dicampur dengan bumbu sambal tomat. Semakin nikmat lagi jika disajikan bersama plecing kangkung. Kita bisa menemukannya di beberapa tempat makan, namun yang cukup populer adalah Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang berada di kawasan Cakranegara

2. Nasi Balap Puyung
Orang Lombok memang memiliki selera pedas. Salah satu buktinya adalah adanya nasi balap puyung ini. Nasi balap puyung berisikan nasi putih dengan lauk pauk seperti suwiran ayam yang dimasak dengan cabai, kacang kedelai, udang kering, abon, kentang kriuk, dan sepotong ayam goreng. Beberapa orang masih menambahkannya dengan sambal. Meski terlihat cukup sederhana, namun nasi balap puyung ini cukup istimewa terutama pada bumbu pedas suwiran ayamnya yang khas.

nasi balap puyung, kuliner khas lombok
Nasi Balap Puyung
Di Lombok, yang paling terkenal adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah. Selain itu juga memiliki 2 cabang yang berada di bilangan Plaza Senggigi, Lombok Barat dan Jalan Sriwijaya Mataram.

3. Sate Bulayak
Sate bulayak merupakan sate sapi yang disajikan dengan lontong bulayak. Dari lontong tersebutlah nama sate ini berasal. Bulayak sendiri merupakan lontong yang dimasak dengan daun aren atau daun enau yang melingkar dan memanjang. Jika dilihat dari bentuknya, hampir menyerupai lepet yang ada di Jawa Barat. Sementara sate sapinya sendiri disajikan dengan bumbu khas sasak yang rasanya pedas dan khas. Cara menikmati sate bulayak ini adalah dengan mencocolkan langsung lontong ke dalam bumbu.

sate bulayak, kuliner khas lombok
Sate Bulayak
Sate bulayak banyak dijumpai di Lombok, diantaranya di kawasan Pura Suranadi, Taman Narmada dan Pantai Senggigi.

4. Sate Rembiga
Meski sama-sama berasal dari daging sapi dan disajikan bersama lontong bulayak, namun sate rembiga berbeda dengan sate bulayak. Perbedaannya jelas pada bumbu dan rasanya. Sate Rembiga dilumuri bumbu pedas manis khas sasak sebelum dibakar. Berwarna merah dan menggugah selera. Rasanya tentu saja pedas manis dan teksturnya sangat empuk. Yang membuatnya semakin istimewa adalah, daging yang dipakai konon merupakan daging sapi yang digembala liarkan. Sedangkan nama sate rembiga berasal dari nama jalan yang pertama menjualnya.


Ada beberapa tempat yang menyajikan sate rembiga ini, namun penjual yang otentik adalah Warung Rembiga di jalan Dakota nomor 2 Rembiga

5. Sate Tanjung
Masih seputar sate, yang satu ini namanya sate tanjung. Berbeda dengan kedua sate yang sudah disebutkan di atas, sate tanjung berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan cakalang, atau ikan langoan. Ikan tersebut dibersihkan kemudian dipotong-potong dan dibalut dengan adonan. Adonannya sendiri terdiri dari beberapa bumbu seperti santan kental, cabai, kunyit, lengkuas, dll. Setelah itu adonan dibalutkan pada tusukan, dan kemudian di bakar pada bara api batok kelapa. Sate tanjung ini paling nikmat disajikan hangat-hangat bersama lontong atau nasi. Rasa sate tanjung ini antara gurih dan sedikit pedas.


Kita dapat menemukan banyak penjual sate tanjung di sekitaran Pasar Tanjung atau Terminal Tanjung.

Nah, demikian 5 kuliner khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Lombok versi lagilibur.com! Selain ke lima kuliner tersebut, Lombok masih memiliki banyak kuliner khas lainnya yang tak kalah nikmat. Kamu ingin menambahkan daftar kuliner khas Lombok favorite kamu? Silahkan tulis di kolom komentar. :)



Baca juga :
1. Mencicipi Kelezatan Mie Ongklok; Kuliner Khas Kota Wonosobo
2. Selat Solo; Kuliner Khas Kota Bengawan
3. Sensasi Mengantri Hingga Makan Berdiri di Tengkleng Bu Edi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
Kamis, 29 Desember, 2016 delete

Baru nyoba ayam taliwang karena ada di Jogja. Btw, aku pengen nanya, gimana caranya bedain ayam kampung lokal dan ayam kampung mancanegara?

Reply
avatar
Jumat, 30 Desember, 2016 delete

Jgn lupa coba kalau ke Lombok kak :)

Reply
avatar
Jumat, 30 Desember, 2016 delete

Liat warna kulit/rambut kak. Atau cek paspor nya aja sih~ *eh wkwkwkwk

Reply
avatar
Senin, 02 Januari, 2017 delete

Pengen nyobain ayam taliwang, udah ngiler soalnya dari liat fotonya aja.

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Sip mas, harus coba semuanya :)

Reply
avatar