Selat Solo; Kuliner Khas Kota Bengawan

Selasa, Desember 01, 2015
Enak, nikmat, dan sehat. Begitulah kira-kira gambaran makanan yang menjadi salah satu kuliner khas Solo ini. Namanya adalah Selat Solo. Makanan yang juga dikenal dengan nama bistik Jawa ini  dimodifikasi agar khas dengan lidah orang Solo yang diadaptasi oleh warga Kraton Solo. Selat Solo berisikan wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur kecap, dan daging, yang disiram dengan kuah semur plus ditambahkan mayones homemade yang rasanya kecut segar. Kata Selat mengingatkan pada salad dan steak atau biefstuk. Selat, konon asal katanya dari salad yang kemudian diucap selat. Demikian juga biefstuk yang dilafalkan menjadi bistik. 


Selat Solo
Selat Mba Lies

Jika sedang berkunjung ke Kota Solo, adalah menjadi agenda wajib untuk mencicipi kuliner satu ini. Ada beberapa tempat makan yang sudah dikenal menyediakan Selat Solo yang lezat. Salah satunya adalah Warung Selat Mba Lies. 

Selat Mba Lies
Warung Selat Mba Lies
Warung ini berada di dalam gang, tepatnya di Jl. Serengan 42, Solo. Dari patung tipes ke timur, lampu merah ke kanan, gang masuk kiri jalan

Tampilan selat di Selat Mba Lies ini cukup sederhana, namun cita rasanya cukup istimewa. Rasa manis dari kuah dan segar dari sayuran mendominasi. Selera Jawa sekali. Sangat cocok bagi warga Solo.

Selat Solo Mba Lies
Selat Mba Lies sendiri sudah ada sejak 1987an, bahkan lebih tua dari saya. Selain dikenal dengan sajian selat yang nikmat, Keistimewaan Warung Selat Mba Lies ini juga dari konsep yang unik. Banyak pernak pernik dan furniture yang bertemakan Belanda. Keramik-keramik yang dijadikan pajangan ialah koleksi pribadi Mba Lies sendiri. Bahkan, para pelayan pun mengenakan berbagai seragam unik termasuk batik yang dibuat dengan gaya khas Belanda.






Selain selat bestik, di warung Selat Mba Lies juga menyajikan selat galantin, timlo, sup manten, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari 10 - 20 ribu saja. 



Karena keistimewaan warung selat Mba Lies ini, tidak jarang para publik figur bahkan pejabat menyempatkan mampir saat berkunjung ke kota Solo. Kita dapat melihatnya dari tanda tangan dan foto-foto yang dipajang di dinding. 



Kusuma Sari Restaurant

Selain Warung Mba Lies, Restaurant yang terkenal nikmat menyajikan Selat Solo adalah Kusuma Sari Restaurant. 

Kusuma Sari Restaurant

Kusuma Sari Restaurant
Berbeda dengan warung Mba Lies yang letaknya didalam gang, Kusuma Sari rentaurant terletak di pinggir jalan protokol kota Solo, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi no. 111 Solo. dan Jl. Yos Sudarso No. 81, Nonongan Solo.

Selat Solo Kusuma Sari
Jika dibandingkan dengan Selat Mba Lies, Selat di Kusuma Sari Restaurant dari segi penampilan lebih baik & lebih menarik. Begitupun dengan rasanya yang tak kalah lezat. Rasa manis di Selat Kusuma Sari lebih pas dibandingkan Selat Mba Lies yang lebih mendominasi. Jadi bagi yang kurang suka manis atau bukan selera jawa, mungkin Selat Kusuma Sari lebih berteman dengan lidah.

Berbeda dengan Selat Mba Lies yang bertempat di sebuah gang dan bertemakan pernak pernik ala Eropa - Belanda, Kusuma Sari Restaurat ini berada di jalan raya Slamet Riyadi dan jalan Yos Sudarso dengan konsep restaurant pada umumnya. Jangan bingung saat menemukan Kusuma Sari di kedua tempat berbeda yang jaraknya tidak terlalu jauh tersebut. Keduanya merupakan Kusuma Sari Restaurant yang sama. Selain selat Solo, RM Kusuma Sari juga banyak menu lain yang tak kalah enaknya, seperti steak lapis, selat Paris, steak galantine, nasi langgi, tahu acar, nasi liwet, stoop macaroni, dll. Nah, selain selat, menu yang wajib dicicipi di Kusuma Sari adalah Kusuma Sari Ice Cream yang legendaris, Ice cream ini dikenal nikmat dan khas karena dibuat sendiri dengan resep yang sudah turun temurun.
 


Es Krim Kusuma Sari
Untuk harga di Kusuma Sari, selat yang lezat itu dapat dinikmati dengan harga Rp14000,- dan Es Krim Kusuma Sari dengan Rp15.000,- saja. RM Kusuma Sari sendiri didirikan oleh almarhumah Bu Menggung yang legendaris, ibu kandung Prof. Sardono W. Kusumo. 

Selat Vien's

Selain Selat Mba Lies & Selat Kusuma Sari, masih ada lagi Selat yang tidak kalah lezat. Selat Vien's!


Selat Vien's
Selat Vien's ini berada di Jl. Hasanuddin No. 99 D&E, Banjarsari, Solo. Tidak jauh dari Stasiun Balapan Solo.

Selain juga dikenal lezat, Selat Vien's ini juga dikenal lebih murah dibandingkan selat lainnya. Letaknya di Jl, Hasanuddin No. 99 dan tidak jauh dari Stasiun Solo Balapan. Nah, seperti yang saya sampaikan tadi, kelebihan Selat Vien's ini adalah harganya yang jauh lebih murah. Untuk seporsi selat iga saja, kita hanya perlu merogoh kocek Rp11.000,- sedangkan untuk selat daging cacah hanya Rp9.000,- saja. Tak hanya selat, disini kita juga dapat menemukan menu lain seperti sup matahari, timlo, dll. Untuk minuman, kita dapat memesan berbagai macam jus, es kopyor, es dawet, atau beras kencur, dll yang harganya mulai dari Rp3.000,- saja. Wow! Lezat, Kenyang, dan Hemat! Tiga kata itu patut disandang untuk sebutan Selat Vien's ini.

Menu Selat Vien's
Sayangnya untuk urusan kenyamanan tempat, Selat Vien's ini saya rasa kurang. Tempatnya tidak begitu luas, sehingga meja tertata lebih rapat dan saat makan pun terasa kurang nyaman karena pengap dan panas, terutama saat ramai pengunjung. 


Tampilan Selat Vien's cukup sederhana, namun soal rasa jangan ragu mencicipinya. Menurut saya, rasanya hampir 11 12 dengan selat di Kusuma Sari Restaurant. Manisnya pas. Hanya telurnya saja karena penyajiannya bulat utuh maka bumbunya kurang meresap. Namun overall, UENAK REK!

Selat Vien's
Dari ketiga selat yang saya contohkan di atas, saya dapat menyimpulkan Selat Mba Lies juara dalam konsep tempat yang unik, dan homey. Soal resep pun, sudah terkenal legendaris oleh penikmat kuliner nusantara. Sedangkan soal tampilan, Kusuma Sari juaranya. Konsep resto membuat Kusuma Sari juga memiliki tempat yang lebih nyaman untuk menikmati hidangan, apalagi letaknya di pinggir jalan protokol sehingga mudah ditemukan. Soal harga, Selat Vien's paling recomended. Sangat ramah dikantong, cocok untuk semua kalangan terutama bagi para backpacker yang sedang singgah di Kota Solo dan ingin mencicipi makanan khas Solo ini. Bagaimana soal rasa? Soal rasa, kembali pada selera. Tidak ada salahnya jika anda mencobanya satu per satu dan bandingkan sendiri.

Nah, demikian ulasan Selat Solo edisi Kuliner Versus versi www.lagilibur.com. Jadi, mana yang ingin anda cicipi terlebih dahulu? :)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Rabu, 16 Maret, 2016 delete

pas pertama kali ke solo, langsung nyobain kuliner ini :D
cuman warungnya dah lali .. kayaknya yg mbak lies menarik tmpatnya

Reply
avatar
Kamis, 17 Maret, 2016 delete

hihihiii iyes kak. konsepnya unik, banyak pernak pernik keramik gt koleksi mba lies sendiri, dr berbagai negara.

Reply
avatar
Jumat, 29 April, 2016 delete

wah iki selat solone menggoda iman #lapar

Reply
avatar
Jumat, 29 April, 2016 delete

Capcyuuusss langsung cobain sini mba :D

Reply
avatar