Rujak Soto Bu Sum Ini Wajib Kamu Cicipi Jika ke Banyuwangi

Kamis, Desember 21, 2017
Terhitung, saya sudah dua kali mengunjungi Kota Banyuwangi. Kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini memang memiliki banyak potensi wisata yang tak pernah habis untuk dijelajahi. Pun dengan wisata kulinernya. Pertama kali mengunjunginya, saya tak sempat mencicipi satu pun kuliner khasnya. Maka kunjungan kedua menjadi agenda wajib bagi saya.  

Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi

Rujak soto menjadi salah satunya. Kuliner khas Banyuwangi yang satu ini memang tak boleh ketinggalan untuk masuk daftar. Saya sudah mewanti-wanti ke Mas @alannobita yang saat itu menjadi guide kami, untuk mencarikan rujak soto yang paling recommended yang pernah ia cicipi, dan terpilihlah Rujak Soto Bu Sum.

Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Rujak Soto Bu Sum ini terletak di  Jalan Letjen Di. Panjaitan, No. 24, Kampungmandar, Kec. Banyuwangi. Sekitar 15 menit dari Stasiun Karangasem, dan tak sampai 10 menit dari pusat kota. Sekilas, kedainya terlihat sangat sederhana tanpa penutup dan papan nama. Tapi pengunjungnya selalu ramai dan tak pernah sepi. Terdapat meja panjang lengkap dengan beragam bahan, serta kursi panjang yang penuh pengunjung menunggu giliran. Khas kedai makan sederhana di Indonesia pada umumnya. Sementara di dalam terlihat seorang ibu paruh baya yang tengah berdiri, sibuk meracik pesanan. Ialah Bu Sum yang saya maksud.

Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Konon, Bu Sum sudah melayani para pelanggan setianya sejak tahun 90an awal, atau sudah sekitar 25 tahun. Pelanggannya tak hanya masyarakat Banyuwangi saja, namun juga para pecinta kuliner dari penjuru Nusantara. Apalagi beberapa tahun terakhir, sejak Banyuwangi menjadi salah satu kota destinasi favorite di Jawa Timur. Bu Sum bercerita, pernah ada seorang wisatawan dari Jakarta keliling mengendarai motor mencari kedai sederhananya hanya untuk mencicipi rujak soto racikannya.

Keistimewaan rujak soto Bu Sum ini dimulai dari cara meraciknya, yakni satu per satu sesuai selera pelanggan. Kita bisa menyesuaikan rasa mulai dari asin, manis, hingga pedas. Sebelum menyajikannya, Bu Sum juga selalu meminta pelanggan untuk mencicipinya terlebih dahulu untuk memastikan rasa yang didapat sudah sesuai dengan keinginan. Tak heran jika membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Kuncinya, untuk menikmati sajian lezat ini, kita harus bersabar.

Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Saus kacangnya, terbuat dari kacang tumbuk, bawang putih, petis, garam, cabai, gula merah, dan beberapa bumbu lainnya. Sementara isiannya terdiri dari lontong, berbagai sayuran rebus, dan potongan tahu tempe. Setelah semua bahan dicampur dalam satu mangkok, kemudian disiram dengan kuah soto, beserta potongan babat iso. Rujak soto kemudian disajikan bersama kerupuk udang di atasnya.

Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Menikmati rujak soto paling enak saat masih panas. Agar semakin mantap kita dapat menambahkan sedikit kecap atau perasan jeruk nipis. Citarasanya sangat unik dan kaya rasa. Perpaduan manis pedas dari rujak, dan segar dari kuah soto bercampur jadi satu.

Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Rujak Soto Bu Sum Banyuwangi
Tidak hanya rujak soto, Bu Sum juga menyajikan rujak lain seperti rujak buah/sayur dan rujak asin/manis. Seporsi rujak soto bisa kita nikmati hanya dengan membayar 11 ribu rupiah saja. Kedai Bu Sum buka mulai dari jam 11 pagi hingga 8 malam.


Catatan : Jika sedang mencicipi rujak soto Bu Sum ini, coba juga es temulawak homemade buatannya, dan tahu walik yang juga khas. Bisa dibeli di gerobak milik saudaranya tepat di sebelahnya, atau bisa juga warung lain di sekitarnya. Enak!


Rujak Soto Bu Sum
Jalan Letjen Di. Panjaitan, 
No. 24, Kampungmandar, 
Kec. Banyuwangi.


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
Kamis, 21 Desember, 2017 delete

Mungkin aku salah warung pas nyicip Rujak Soto di Banyuwangi dulu. Rasanya nggilani. Padahal kuliner ini aku ngebet banget nyicipnya pas plesiran ke sana dulu. Baiklah nanti ke Bu Sum saja. Eh Pak Sumnya kemana?

Reply
avatar
Kamis, 21 Desember, 2017 delete

Suk main ke ke Banyuwangi lagi, katanya kamu pengen naik kereta api lagi ke Banyuwangi buahahahhahahah

Reply
avatar
Kamis, 28 Desember, 2017 delete

Ah jadi pengin nyicip rujak sotonya nih.. Sayangnya jauhh

Reply
avatar
Senin, 01 Januari, 2018 delete

Pasti krn gak nemu keefsi Wkwkwkwk

Reply
avatar
Selasa, 16 Januari, 2018 delete

rujah sotonya kayak yang enak banget tuh...

Reply
avatar
Fia
Minggu, 28 Januari, 2018 delete

Baru ngeh kalo ada rujak soto. Sebelumnya, aku cuma tau rujak dan soto. Rujak ya rujak, soto ya soto. Hehe

Reply
avatar
Selasa, 13 Maret, 2018 delete

Boleh dicoba nih soto bu sum kalau lagi pergi ke banyuwangi

Reply
avatar
Selasa, 20 Maret, 2018 delete

wahh jadi pengen nyoba es temulawaknya.. :)

Reply
avatar