Staycation Nyaman dan Tenang di HAU Eco Lodges Citumang

Jumat, September 29, 2017
Pepohonan hijau dan aliran air sungai nan jernih tersaji di depan mata begitu pintu saya buka. Sementara, gemericik air dan kicauan burung juga terdengar begitu syahdu menyapa kedua telinga. Suasana inilah yang begitu diidamkan setiap orang yang jengah akan hiruk pikuk suatu kota. Pagi itu, saya berada di sebuah penginapan berkonsep kontainer/peti kemas di tepi Sungai Citumang, HAU Eco Lodges.

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang

HAU Eco Lodges Citumang

HAU Eco Lodges merupakan penginapan berkonsep glamping, dimana kontainer atau peti kemas disulap menjadi kamar-kamar dengan fasilitas hotel berbintang di dalamnya. Sementara lokasinya yang berada di tepi Sungai Citumang, membuatnya terasa dekat dengan alam. Apalagi dalam pembangunannya tetap mempertahankan pepohonan yang sebelumnya sudah ada. Sehingga HAU Eco Lodges tampak begitu menyatu dan ramah dengan alam sekitarnya.

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges sendiri masih satu group dengan Lishan Group yang memiliki beberapa properti seperti Ciwidey Valley Resort,  Tune Hotel Bandung, dan Tune Hotel Yogyakarta. Nama HAU diambil dari bahasa sunda yang berarti tungku kayu bakar yang memiliki filosofi dapat menghangatkan orang-orang disekitarnya. Sementara di bahasa Chinese, nama HAU memiliki arti baik. Selain itu kata HAU merupakan kepanjangan dari How Are U? yang dalam Bahasa Inggris merupakan kalimat sapaan yang menanyakan kabar.

Fasiltas HAU Eco Lodges Citumang

Jumlah Kamar

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
Bisa dikatakan HAU Eco Lodges ini memiliki fasilitas eksklusif. Jumlah kamar yang berupa kontainer atau peti kemas saat ini berjumlah 10 buah saja (rencananya akan ditambah hingga 25 buah). Sementara setiap kamar memiliki kapasitas 3 orang (bisa juga ditambah extra bed). Jadi, untuk menginap di sini, bersiaplah untuk reservasi jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar.

Kamar dengan Fasilitas Hotel Bintang

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
Meski tampak minimalis, peti kemas ini memiliki fasilitas yang tak kalah dengan kamar hotel berbintang di dalamnya. Satu double bed, dan satu single bed mengisi ruangan, dilengkapi dengan satu rak tinggi di samping pintu dan satu meja rak pendek berada di sisi lainnya. Agar lebih nyaman, kamar ini juga dilengkapi dengan AC dan sebuah TV kabel sebagai hiburan. Sementara jendela kaca yang lebar memberikan kesan luas saat tirai kita buka.

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
Percaya atau tidak, kontainer ini juga masih menyisakan tempat untuk kamar mandi di dalamnya. Itu pun menurut saya cukup luas dengan fasilitas seperti toilet duduk, wastafel dan shower. Pilihan air dingin atau air hangat pada shower juga menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan. Sementara fasilitas lain seperti air mineral, handuk, dan toiletries (sikat gigi, pasta, sabun, dan shampoo) juga tak ketinggalan untuk melengkapi fasilitas kamar.

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang

Area Swafoto

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges juga memiliki area swafoto, dimana fasilitas ini diperuntukkan bagi tamu yang ingin berfoto dengan latar yang instagramable. Area ini berada di sekitar tepi bendungan, dan hanya boleh dimasuki oleh tamu hotel. Meski rencananya nanti akan dibuka untuk umum, pengunjung selain tamu harus membayar tiket. Di sini, pengunjung dapat menikmati spot ayunan, jembatan perahu, atau bahkan menaiki ban karet berbagai bentuk dan karakter.

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang

Area Santai dengan Bean Bag

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang
Area favorite saya ini berada di bagian tengah, di antara kontainer-kontainer dan pepohonan. Adem, rindang, dan nyaman. Kesan tersebut langsung terasa di tempat ini. Kita dapat leyeh-leyeh alias bersantai sambil tiduran dan bercengkrama bersama teman atau keluarga. Membaca buku juga menjadi aktivitas menarik lainnya yang bisa dikerjakan. 

Resto

HAU Eco Lodges Citumang
Resto HAU Eco Lodges Citumang
Berada di depan ruang resepsionis, secara terpisah terdapat resto yang bisa menjadi tujuan saat lapar. Menu di resto ini memang tidaklah banyak pilihan. Hanya ayam dan ikan yang digoreng atau dipanggang. Sementara menu sarapan pun hanya ada dua pilihan yakni nasi goreng cikur dan roti. Meski demikian, di sekitar penginapan terdapat warung-warung makan yang bisa menjadi alternatif pilihan.

HAU Eco Lodges Citumang
Nasi Goreng Cikur

Bagaimana untuk menuju ke HAU Eco Lodge Citumang?

Hau Eco Lodge Citumang ini berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Ciamis, Jawa Barat. Untuk menuju kesana, pertama kamu bisa menggunakan transportasi kereta, turun di stasiun Banjar. Lalu melanjutkan perjalanan dengan sewa kendaraan, bisa roda dua atau roda empat. Saya sendiri merekomendasikan roda empat, karena perjalanan menuju HAU Eco Lodges Citumang ini sekitar 2 jam perjalanan. Atau pilihan kedua langsung menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan diarahkan menuju Pantai Pangandaran - Batu Karas, sampai menemukan plang menuju HAU Eco Lodges (penandanya ada sebuah minimarket di kanan jalan), ikuti jalan. Medan jalan semakin menyempit karena memasuki jalan perkampungan, sehingga butuh kehati-hatian. Jika masih bingung, silakan buka maps dan arahkan penunjuk jalan dengan kata kunci “HAU Eco Lodges Citumang” karena sudah tersedia di sana. Bertanya pada warga sekitar juga disarankan untuk informasi tambahan agar tidak tersesat.

HAU Eco Lodges Citumang
HAU Eco Lodges Citumang

Tips :
Saat menginap di HAU Eco Lodges, pastikan untuk menikmati waktu yang berkualitas bersama teman atau keluarga. Karena di lokasi ini jaringan operator seluler kurang baik dan layanan wifi pun masih dalam proses pemasangan, sehingga jika ada keperluan komunikasi/pekerjaan dengan menggunakan jaringan internet kurang mendukung.

Nah, menarik bukan? HAU Eco Lodges Citumang ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk liburan atau staycation dengan sensasi bermalam dalam kontainer yang menyatu dengan alam. Happy Staycation! 


HAU Eco Lodges Citumang
Ds Bojong, Kec Parigi, Ciamis, Jawa Barat
Weekday : Rp750.000,-/malam
Weekend : Rp1.000.000,-/malam
Hub : Ery (0813-2012-0999) atau via Traveloka



Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Jumat, 29 September, 2017 delete

Amanggg
Kok nggak ada foto kamu sama dedek-dedek di sini? Duh kok sayang banget ya. Padahal lokasinya udah pas *eh

Reply
avatar
Jumat, 29 September, 2017 delete

Mantap, peti kemas yang disulap jadi kamar bak hotel berbintang..dengan area alam bisa jadi destinasi yang cocok buat refresing di akhir pekan 😍

Reply
avatar
Jumat, 29 September, 2017 delete

Btw itu gak panas ta mas ? di dalam kontainer gt ? terus pengap gak sih ?

Menarik ya wkwk ada aja idenya kayaknya kapan² pengen nyoba kemari deh

Reply
avatar
Minggu, 01 Oktober, 2017 delete

Kontainer diantara rindang dedaunan dan gemercik aliran air... Wow, Unik banget.Pingin coba suasan hotel dengan sensasi baru kayak gini. kenapa kamu nggak ajak aku Ji.....Ah, aku nggak bida diginiin :)))))

Reply
avatar