Enam Varian Cake Istimewa dari MAMAHKÉ JOGJA

Rabu, Mei 10, 2017
Bisnis kuliner berupa oleh-oleh suatu kota, agaknya semakin diminati oleh kalangan artis Indonesia. Satu per satu nama artis Indonesia yang biasa menghiasi layar kaca, kini mencoba merambah ke dunia pergoyangan lidah. Sebut saja Teuku Wisnu dengan Malang Strudel, Dude Herlino dengan Jogja Scrummy, Irfan Hakim dengan Makassar Baklave, Zaskia Sungkar dengan Snow Cake Surabaya, dan Ricky Harun dengan Bosang Makassar.

MAMAHKÉ JOGJA
MAMAHKÉ JOGJA
Dan kali ini giliran salah satu sutradara terbaik Indonesia Hanung Bramantyo bersama sang istri Zaskia Adya Mecca yang mencoba peruntungan di dunia yang sama. Masih dengan menawarkan sajian oleh-oleh yang berupa "cake" pasangan ini memilih Kota Jogja sebagai pasarnya. Hal ini tidaklah mengherankan sebab Kota Jogja merupakan kampung halaman Hanung.

Jika dibandingkan dengan rekan-rekan artisnya yang terlebih dulu terjun ke dunia ini, Hanung dan Zaskia menawarkan cake yang hampir mirip seperti Bosang Makassar milik Ricky Harun, yakni cake dengan puff pastry di bagian tengah dan memiliki beragam varian rasa. Untuk nama, pasangan ini memilih untuk menyematkan nama MAMAHKÉ JOGJA.

Zaskia Adya Mecca di MAMAHKÉ JOGJA
Zaskia Adya Mecca di MAMAHKÉ JOGJA
Dijelaskan oleh Zaskia, nama MAMAHKÉ JOGJA ini dibaca dengan "KÉ" yang sama pada kata "KÉCAP" bukan "ke" pada kata "keluar". Jadi MAMAHKÉ di sini bukan berarti "Mamah pergi ke" melainkan MAMAHKÉ dalam bahasa jawa yang berarti "kunyahkan" atau tolong dikunyahkan. Bisa juga mengandung arti silakan dikunyah & dinikmati. 

Resep cake MAMAHKÉ JOGJA diperoleh dari Mamahnya Hanung atau mertua Zaskia. Ide ini sebenarnya berasal dari Zaskia yang notabene nya tidak bisa diam, dan bingung saat mudik ke Jogja tidak ada kegiatan. Untuk mengisi kekosongan itu, jadilah bisnis oleh-oleh ini dipilih meski sebelumnya sempat terfikir untuk mencoba bisnis sate klathak. Dibantu oleh rekan-rekan artisnya yang sudah dulu menjalankan bisnis yang sama, Hanung & Zaskia optimis bisa memanjakan lidah para pelancong yang menginginkan oleh-oleh yang berbeda di Kota Jogja.

Senang rasanya saat saya berkesempatan diundang untuk mencoba langsung berbagai varian cake dari MAMAHKÉ JOGJA ini, bahkan sebelum dibuka untuk umum. Lalu, ada varian apa saja? Nah, minimal ada 6 jenis varian yang diperkenalkan. 

1. Red Velvet

Red Velvet MAMAHKÉ JOGJA
Red Velvet MAMAHKÉ JOGJA
Varian ini yang paling menyita perhatian saya. Seakan mata langsung tertuju padanya. Warnanya yang merah merekah dengan cream berwarna putih membuatnya terlihat sangat manis dan menggoda. Jadilah varian ini yang pertama saya cicipi. Sedikit terhenyak saat gigitan pertama. Saya baru ngeh ada pastry di bagian tengah. Karena awalnya yang terlihat hanyalah cake dengan cream. Bagi saya ini sebuah kejutan yang bagus, karena teksture nya tidak hanya lembut namun berpadu dengan pastry yang crispy. Manisnya pun tidak "too much". Sangat pas!

2. Green Tea Chocolate

Green Tea Chocolate MAMAHKÉ JOGJA
Green Tea Chocolate MAMAHKÉ JOGJA
Sebagai penggemar green tea, tentu ini menjadi pilihan saya selanjutnya. Berwarna kehijauan dengan tambahan coklat di bagian pastry, varian ini benar-benar juara! Bayangkan betapa saya sangat menikmati cake ini di setiap gigitannya. Coklat yang berada di tengah memberikan sensasi sangat lumer di mulut. Saya kurang tau persis ditambahkan apa untuk varian ini, namun di bagian pastry terasa lebih cruncy jika dibandingkan dengan varian red velvet yang lebih dulu saya cicipi. Perpaduan yang uuuh...sempurna! 

3. Banana

Banana MAMAHKÉ JOGJA
Banana MAMAHKÉ JOGJA
Awalnya saya tidak paham cake ini varian apa, meski jelas berwarna kuning yang biasanya mempresentasikan rasa pisang. Saya asal comot saja. Gigitan pertama, saya kunyah perlahan. Alih-alih biar lebih menikmati, saya langsung sadar dengan rasa yang ada di cake ini. Pisang banget! 

4. Tiramisu

Tiramisu MAMAHKÉ JOGJA
Tiramisu MAMAHKÉ JOGJA
Varian ini sepertinya cukup banyak yang mencicipi. Saat Zaskia meminta testimoni beberapa tamu, banyak yang mengatakan sudah mencoba varian tiramisu. Sebagian dari mereka mengatakan rasanya masih "kurang tiramisu". Yah, itu pendapat sebagian orang, toh beda lidah beda selera. Masih dengan 3 layer/lapis dan pastry berada di lapisan  tengah. Dilihat dari gambar, menurutmu kira-kira rasanya tiramisu banget gak? coba dulu dong! 

5. Cheese

Cheese MAMAHKÉ JOGJA
Cheese MAMAHKÉ JOGJA
Meski sebenarnya seluruh varian tidak terlalu manis, namun saya punya rekomendasi buat kamu yang kurang suka cake yang manis. Yaps, varian keju ini cocok buat kamu. Dengan bolu dan cream yang lembut, pastry yang cruncy, dan taburan topping keju yang melimpah, varian ini terasa sangat berkelas. 

6. Chocolate

Chocolate MAMAHKÉ JOGJA
Chocolate MAMAHKÉ JOGJA
Varian coklat memang selalu menjadi varian paling merakyat. Hampir semua orang pasti suka dengan varian ini. Pun dengan cake dari MAMAHKÉ JOGJA. Varian ini coklat banget! Apalagi ditambah topping coklat premium yang melimpah. Ada pahit-pahitnya gitu. Bagi penggemar coklat, siap-siap menggelinjang dibuatnya ya!

Nah demikian 6 varian cake dari MAMAHKÉ JOGJA. Jika dicoba satu per satu hampir seluruh varian memiliki tingkat manis yang tak begitu kentara. Seperti yang sudah dijelakan oleh zaskia, cake MAMAHKÉ JOGJA memang sengaja dibuat dengan mengurangi gula. Tujuannya, agar penikmatnya tidak cepat merasa "eneg" dan tidak hanya cukup dengan makan satu atau dua potong saja, melainkan 1 box. Wah, kalau saya sih yes! nagih banget!

Keseruan Food Testing MAMAHKÉ JOGJA

Penasaran degan cake yang sudah saya ulas di atas? kamu bisa mencicipinya mulai 19 Mei 2017 nanti di MAMAHKÉ JOGJA yang berada di dalam kawasan benteng, tepatnya sebelah selatan Tamansari. Sudah tahu kan dimana cari oleh-oleh yang beda saat berkunjung ke Jogjakarta? MAMAHKÉ JOGJA; Istimewa rasane!


MAMAHKÉ JOGJA
Jl. Taman KT 1/329 Jogjakarta.
Sosmed : @mamahkejogja
Web : mamahkejogja.com


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
Kamis, 11 Mei, 2017 delete

alhamdulillahnya udah pernah makan semua klo pas ke Hotel ya brow

Reply
avatar
Kamis, 11 Mei, 2017 delete

Aaa cocok rasanya ga terlalu manis, jadi nggak eneg. Mas, mas, iya... Kamu cocok jd foodbloher :p mak legender selaluuu

Reply
avatar
Kamis, 11 Mei, 2017 delete

Jadi laper liatnya.
Pengen nyicipin juga. :D

Reply
avatar
Kamis, 11 Mei, 2017 delete

Gak perlu bikin resto kamu udah cantik mbak zas,

Reply
avatar
Jumat, 12 Mei, 2017 delete

Dari Mamahke kan belum om... :D

Reply
avatar
Jumat, 12 Mei, 2017 delete

Hahahahaaa sepertinya begitu mba. hiks salam mak legenderrrr xixixi

Reply
avatar
Jumat, 12 Mei, 2017 delete

Cusss mulai tgl 19 kak, kalau ke Jogja jgn lupa coba :)

Reply
avatar
Jumat, 12 Mei, 2017 delete

JAdi kapan mau ditraktir ke sini? Aku loh selo kalau mau ditraktir akkakakakak

Reply
avatar
Jumat, 12 Mei, 2017 delete

lagi musim ya, artis bikin kue di tiap kota. di Bandung juga lagi ngeTrend Makuta. ahaha mirip2 juga

Reply
avatar
Jumat, 12 Mei, 2017 delete

Gampang nanti kalo ada undangan lg. bhahahahaa

Reply
avatar
Jumat, 12 Mei, 2017 delete

Hahahaah iya, banyakkk! nanti lama2 tiap satu kota ada bisnis oleh2 1 artis :D

Reply
avatar
Minggu, 04 Juni, 2017 delete

Kesalahanku, baca2 ini pas puasa di siang hari 😭

Itu red velvetnya menggodaa, aku penasaran apa iya gak terlalu manis?
Soalnya aku pernah makan yg mirip2 gini ( snow cake ) itu manis banget dan ga cocok di lidah 😭

Reply
avatar
Selasa, 06 Juni, 2017 delete

Wkwkwkwkwk salah siapa coba :p

Iya, emang kelebihan cake ini dibandingkan cake serupa lainnya ga terlalu manis, jd ga eneg.

Reply
avatar