Alila; Hotel Bintang Lima yang Bikin Terkesima pada Pandangan Pertama

Jumat, Januari 06, 2017
Setelah beberapa tahun tinggal di Kota Bogor, saya sedikit terkejut saat kembali ke Kota Solo tahun lalu. Di sepanjang jalan utama baik di sebelah kanan & kiri terlihat bangunan modern yang menjulang tinggi. Mall dan hotel bintang 3 hingga bintang 5 bagai disulap dalam sekejap dan mendadak berdiri tegak. Salah satu bangunan yang menyita perhatian saya adalah Alila Hotel yang berada di Jl. Slamet Riyadi No.562 tepatnya di pertigaan Faroka.

Alila Hotel Solo
Alila Solo (sumber: http://www.alilahotels.com/solo)
Hotel Tertinggi se Jawa Tengah

Hotel bintang lima yang baru dibuka pada 1 November 2015 ini memang cukup menonjol dibandingkan hotel-hotel baru lainnya di Kota Solo. Letaknya yang berada di pintu jalan utama Kota Solo dari arah barat tentunya sangat menyita perhatian siapapun yang hendak masuk ke kota. Bangunan yang memiliki 30 lantai (level) ini bernuansa hijau nan asri dengan tanaman yang menjuntai menghiasi bangunan bagian depan. Sementara jika pengunjung masuk, akan menemukan 2 lobby di bagian selatan (lobby utama) dan bagian barat yang merupakan lobby yang dibuka saat ada event di Grand Ballroom nya. Saat ini bangungan Hotel Alila Solo merupakan hotel tertinggi di Solo, bahkan tertinggi se Jawa Tengah. Sementara Grand Ballroom yang memiliki luas sekitar 2.100 meter persegi mampu menampung hingga 3.500 orang (standing) dan 1800 orang (sit down) juga memiliki gelar yang sama. Banyak event musik yang digelar di Grand Ballroom ini, baik musisi Nasional hingga Internasional. Secara keseluruhan, hotel ini memiliki 255 kamar dengan 5 tipe kamar, dan 14 meeting room

Lobby Utama Alila Solo
Lobby Utama Alila Solo
Lobby Utama Alila Solo
Lobby Utama Alila Solo
Ornamen Wayang & Batik

Di lobby utama kita akan menemukan ukiran gunungan dan tokoh pewayangan Mahabharata yang membentang sepanjang 30 meter. Ukiran tersebut merupakan karya Sucahyo yang berasal dari Kota Boyolali yang diukir di atas lempengan alumunium & baja ringan. Sedangkan untuk keseluruhan bangunan Hotel Alila sendiri merupakan hasil karya arsitek Budiman Hendro Purnomo dari Denton Corker Marshall Jakarta. Tak disangka, bangunan semegah ini merupakan hasil karya anak bangsa sendiri. Soal ukiran, hotel ini ternyata memang mengadopsi batik dan tokoh pewayangan sebagai motif di berbagai ornamen, souvenir & pernak perniknya. Kita akan menemukannya di pembatas resto, dinding lobby, dinding lorong, hingga di setiap kamar.

Lobby (barat) Alila Solo
Lobby (barat) Alila Solo
Lukisan di lorong depan meeting room
Lukisan di lorong depan meeting room
Alila Hotel sendiri merupakan Boutique Luxury Hotel, sehingga tidak heran jika kita akan mendapat fasilitas berkelas di hotel ini. Meski demikian tak seperti luxury hotel lain yang terkesan formal & kaku, di Alila Hotel kita akan dilayani oleh petugas hotel dengan penampilam yang lebih simple & santai. 

5 Tipe Kamar Alila Hotel Solo

Hotel Alila Solo memiliki 5 tipe kamar, mulai dari tipe deluxe room, executive room, executive suite room, suite room, dan presidential suite room. Untuk tipe deluxe room dan executive room memiliki luas dan fasilitas yang hampir sama. Dengan luas 40 meter persegi, kedua kamar ini memiliki pilihan king-zise bed atau twin bed, LCD TV 48", alila living bath amenities, dll. Bedanya, executive room memiliki tambahan fasilitas seperti bathtub, setrika beserta papannya, dan nespresso maker & espresso pods. Kita akan melihat lulisan wayang di dinding kamar dan motif yang sama di bantal sofa.

Executive Room Alila Hotel Solo
Sedangkan tipe Executive Suite Room memiliki luas 70 meter persegi dengan ruang tamu yang terpisah. Antara ruang tamu & kamar dipisahkan oleh dinding dengan LCD TV yang dapat diputar 180 derajat sehingga dapat menghadap ruang tamu ataupun kamar tidur. Berbeda dengan kedua tipe di bawahnya, tipe ini hanya menyediakan pilihan 1 king-size bed dengan extra bed (jika diperlukan). Satu tipe di atasnya, yakni Alila Suite memiliki luas sekitar 90 meter dan memberikan fasilitas tambahan seperti privat plunge pool &  dedicated dining area

Executive Suite Romm Alila Solo
Executive Suite Room Alila Solo
Executive Suite Room Alila Solo
Executive Suite Room Alila Solo
Yang paling istimewa tentunya adalah Presidential Suite Room yang menawarkan fasilitas maksimal. Tipe room ini hanya ada 1 dan berada di lantai 27. Luasnya sekitar 200 meter persegi dan memiliki beberapa ruang seperti living room, dinning room (full service pentry), dan ada pula ruang multifungsi yang sangat ideal untuk privat meeting room.  Tipe ini juga memiliki bathroom yang luas, dengan bathup besar dan mewah, walk-in rain shower, dll.

Presidential Suite Room Alila Solo
Presidential Suite Room Alila Solo
Privat Meeting Room
Privat Meeting Room
Presidential Suite Room
Presidential Suite Room
Luxury Bathup Presidential Suite Room Alila Solo
Luxury Bathup
Other Facilities

Epice

Berada satu lantai dengan lobby, Epice menyajikan beragam menu dari breakfast hingga dinner. Pilihan menu nya pun beragam dari menu traditional, chinese, hingga western. Para tamu dapat menikmati menu breakfast mulai dari jam 6 hingga 10 pagi, sedangkan saat weekend hingga jam 11 WIB. Masih di Epice, pada hari Jumat & Sabtu tamu dapat menikmati dinner dengan konsep all you can eat. Ornamen batik bisa kita temukan di resto ini tepatnya pada sekat-sekat/pembatas resto dengan motif kawung, hingga napkin yang bermotif batik parang.

Epice Alila Solo
Epice Alila Solo
Epice Alila Solo
Epice Alila Solo


Alila Sky Lounge

Jika di lantai dasar terdapat Epice, maka di roof top kita akan menemukan Alila Sky Lounge. Lounge ini menawarkan view Kota Solo dari ketinggian, dengan suasana lebih privat di bandingkan Epice. Tentu saja, karena Lounge ini diperuntukan untuk tamu VIP. Tamu hotel tipe Executive ke atas, memiliki akses ke Sky Lounge ini. Di Lounge ini juga tamu dapat melakukan check in/check out tanpa perlu ke lobby utama. Ada beberapa ruangan di Alila Sky Lounge ini, beberapa ruangan dapat digunakan sebagai privat meeting room. Sebuah ruangan untuk Romantic Dinner juga terdapat di Sky Lounge ini. Ornamen batik masih bisa kita temukan, termasuk di bagian lantai.

Alila Sky Lounge
Alila Sky Lounge
Romantic dinner sky lounge alila solo
Romantic dinner

Motif batik di lantai Alila Sky Lounge
Motif batik di lantai Alila Sky Lounge
Agra

Masih dengan view yang sama, Alila memiliki Agra yang merupakan Roof Top Bar. Agra menjadi tempat favorite bagi para penggemar dunia gemerlap. Bagaimana tidak, Agra memiliki 2 pilihan tempat yakni indoor maupun outdoor. Saat sore hari, kita dapat menikmati matahari terbenam dengan siluet Gunung Merapi & Merbabu, sedangkan saat malam kerlap kerlip lampu kota akan terlihat indah dari sini. Dan tak perlu kawatir, minuman yang disajikan pun beragam mulai dari juice, coffe, beer, champagne, soft drink, hingga wines. Agra juga memiliki pilihan mocktail bagi yang menghendaki non alcohol cocktail.

Agra Alila Solo
Agra Alila Solo

Agra Alila Solo
Agra Alila Solo

Alila Spa

Alila akan memanjakan para tamu dengan Alila Spa yang terdapat di level 6. Fasilitas ini dilengkapi dengan jacuzzi, sauna, dan loker. Semua fasilitas ini bisa dinikmati para tamu maupun membership Alila Solo. Di sini pula, pengunjung dapat order berbagai paket Alila Living.

Alila Spa Solo
Alila Spa Solo
Jacuzzi Alila Solo
Jacuzzi Alila Solo

Alila living
Alila living

Alila Gym

Fasilitas Alila semakin lengkap dengan Gym  dan Swimming Pool yang hanya dipisah dengan tembok kaca. Bagi pecinta gym pasti sangat menyukai fasilitas ini. Selain alatnya cukup lengkap, tamunya terbatas, dan terintegrasi dengan kolam, sehingga sangat nyaman untuk menggunakan Gym Alila ini.

Gym Alila Solo
Gym Alila Solo
Alila Swimming Pool

Saya langsung jatuh cinta dengan pool Alila saat pertama kali melihatnya. Beberapa kolam dengan kedalaman tertentu dapat kita temukan di sini, yang bisa dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tempat yang sangat luas dengan view langit lepas akan membuat tamu semakin betah untuk berenang di swimming pool Alila ini.

Swimming Pool Alila Solo
Swimming Pool Alila Solo
Alila Swimming Pool
Alila Swimming Pool

Sebagai hotel pendatang baru di Kota Solo yang bersaing dengan hotel-hotel lainnya, saya fikir Alila ini merupakan "Kuda Hitam". Alila mampu menjadi hotel bintang 5 yang menyita perhatian bagi siapapun yang berkunjung ke Kota Solo. Berbagai event menarik pun sering digelar oleh Alila. Seperti saat perayaan tahun baru 2017 kemarin, Alila menggelar New Year’s Eve Gala Dinner di Grand Ball Room dan mendatangkan Dewi-Dewi & Husein sebagai pengisi acara. Selain itu juga menggelar Rooftop Countdown Party di AGRA yang diisi oleh 6 DJ sekaligus. Saya sendiri sangat beruntung berkesempatan diundang dalam Gala Dinner di Grand Ballroom. Selain meriah, acara ini sangat berkesan.

Gala Dinner Eve New Year at Grand Ball Room Alila Solo
Gala Dinner Eve New Year at Grand Ball Room Alila Solo



ALILA Solo
Jl. Slamet Riyadi No.562
Solo 57144, Central Java – Indonesia
Phone: +62 271 6770 888, Fax: +62 271 6770 999
http://www.alilahotels.com/solo

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
Jumat, 06 Januari, 2017 delete

Ini hotel bisa kelihatan bahkan dari Sukoharjo lhoo..

Betewe, aku dulu tinggal di utaranya Alila loh. Ngerti banget awal dia dibikin. *okee..ini info ngga penting, wkwkwk..

Sayangnya, baru bisa lihat Alila dari luar. Akika belum pernah masuk..huhuhu

Reply
avatar
Sabtu, 07 Januari, 2017 delete

tiap akhir pekan lewat di depannya, berharap suatu saat bisa dinner di dalamnya ahay

Reply
avatar
Sabtu, 07 Januari, 2017 delete

Pengen nginep alilaaaaa ☺☺☺

Reply
avatar
Sabtu, 07 Januari, 2017 delete

Wah keren banget, dalemnya itu lho.... Kolam renangnya juga luas... Kapan ya nginep gratis di sana wkwkw :D

Reply
avatar
Minggu, 08 Januari, 2017 delete

Daku sudah ngerasain habisin malam akhir tahun di AGRA donk. Hahahaha. Eh tapi pingin mbaleni lagi nunggu sunset di sana. Koyoe syahdu banget, tapi golek konco lungguh bareng sik, gak lucu syahdu-syahduan sendiri di rooftop bar Alila Solo. ^^

Reply
avatar
Senin, 09 Januari, 2017 delete

Hahaha kok pindah skarang mba? bkn krn digusur kan? hihihi

Reply
avatar
Senin, 09 Januari, 2017 delete

Yeay, aku beruntung dong sdh bs gala dinner mewah mlm tahun baru. hihihi

Reply
avatar
Senin, 09 Januari, 2017 delete

Hihihi semuanya bikin mager, staycation smalam gak cukup pokoknya :v

Reply
avatar
Senin, 09 Januari, 2017 delete

Iya deh iyaaa yg uda dugem nakal disana. wkwkwk gandeng siapa kek sono, sendiri mulu :D

Reply
avatar