Tips Perencanaan Keuangan untuk Liburan

Sabtu, Oktober 01, 2016
Sumber Image : http://www.jawaban.com/
Banyak hal yang harus di persiapkan saat seseorang akan melakukan liburan. Bukan hanya soal itinerary, soal keuangan pun juga wajib hukumnya dipersiapkan. Jika pengeluaran tak sesuai dengan budget, maka liburan bisa jadi tidak  berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, perencanaan keuangan sangat dibutuhkan untuk liburan agar berjalan dengan baik, menyenangkan, dan tidak mengganggu keuangan lainnya.

Lalu apa saja yang perlu disiapkan? Berikut ada beberapa tips perencanaan keuangan untuk liburan :

1. Transportasi

Biaya yang perlu disiapkan pertama kali saat akan melakukan perjalanan liburan adalah transportasi. Ada baiknya budget transportasi pulang-pergi hingga transportasi selama liburan telah disiapkan, sehingga tidak perlu kawatir kehabisan uang saat akan pulang. Untuk menghemat, kamu bisa  siapkan tiket perjalanan jauh-jauh hari. Rajinlah cek harga tiket via online karena sering ada maskapai yang memberikan promo. Pun demikian dengan tiket kereta yang sering memberikan discount pada event-event tertentu. Tips lainnya adalah mengunjungi event travel fair.

2. Penginapan

Setelah menyiapkan biaya transportasi, berikutnya adalah soal penginapan. Ini juga dapat dilakukan jauh-jauh hari dengan booking penginapan via online. Untuk menghemat, kamu bisa pesan penginapan via OTA (online travel agent) yang sekarang ini semakin menjamur, tentunya dengan berbagai penawaran discount dan harga yang lebih murah dibandingkan kita pesan kamar secara langsung.

3. Makanan

Siapkan biaya makanan selama berlibur. Saat liburan, pastinya ingin mencicipi makanan khas daerah/kota tersebut bukan? Nah, biaya makanan ini juga perlu disiapkan. Pastikan makanan khas apa saja yang ingin kamu cicipi. Untuk menghemat, saat sarapan kamu bisa makan paket breakfast dari hotel yang sudah kamu pesan. 

4. Tiket wisata

Saat liburan, banyak tempat wisata yang biasanya ingin kita kunjungi. Untuk memasuki obyek wisata satu dengan obyek wisata yang lainnya kita butuh membeli tiket masuk dengan besaran yang beragam. Biaya ini juga perlu kita siapkan. Beberapa obyek wisata bisa dipesan via online. Untuk menghemat, kita dapat memilih obyek wisata yang murah atau membeli paket trip ke beberapa obyek wisata sekaligus.

5. Buah tangan/oleh-oleh

Tak lengkap rasanya jika pulang liburan tidak membawa buah tangan untuk keluarga, saudara, maupun teman. Siapkan biaya untuk membeli oleh-oleh untuk mereka agar tidak kecewa. Untuk menghemat, kamu tidak perlu membawakan oleh-oleh untuk semua orang. Bikin daftar siapa saja yang akan kamu berikan oleh-oleh dan pilihlah oleh-oleh yang tak mahal & mudah dibawa agar tidak repot.

6. Biaya tak terduga

Hal ini sepele, namun nyatanya banyak pengeluaran yang terkadang tak terduga saat kita pergi liburan. Sediakan budget khusus diluar dari budget diatas. Budget ini hanya dipakai saat darurat saja.


Nah, demikian beberapa tips perencanaan keuangan untuk liburan. Dengan perencanaan keuangan yang baik maka liburan kita akan berjalan dengan baik, menyenangkan, dan tentunya tidak mengganggu keuangan kita lainnya. 

Tips perencanaan keuangan untuk liburan tersebut saya dapatkan saat akhir pekan lalu saya diundang oleh Sun Life Financial dalam sebuah acara Fun Talkshow dan menghadirkan Mba Donna Imelda sebagai salah satu speakernya. Bersama Mba Atanasia Rian, siang itu kami diajak ngobrol tentang perencanaan keuangan saat liburan. Saya masih sangat ingat dengan salah satu quote dari Mba Donna Imelda, yakni “Pay First Play Later”. Yapz, liburan memang butuh biaya, dan sebaiknya biaya yang dipakai adalah memang dari budget khusus liburan yang telah dipersiapkan dan bukan dengan cara berhutang. Dengan begitu, liburan akan terasa menyenangkan dan tanpa beban.

Sun Life bersama speaker (Mba Donna Imelda & Mba Atanasia Rian)
Ngomongin soal perencanaan keuangan, jika butuh bantuan atau pertanyaan seputar hal tersebut, saat ini kita bisa konsultasi dengan cara mudah dan gratis yakni dengan mengunjungi Bright AdvisorBright Advisor adalah media tempat bertanya seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Caranya sangat mudah, kamu tinggal kunjungi web tersebut dan mendaftar dengan memasukkan data diri. Selanjutnya kamu tinggal mengajukan pertanyaan yang akan di jawab oleh Sun Life Financial selambat-lambatnya 2x24 jam pada hari kerja. Kabar bagusnya, kamu tidak perlu kawatir jika data kamu akan di follow up untuk kepentingan penjualan, karena Sun Life Financial memastikan kerahasiaan data kamu.




Nah, butuh bantuan untuk perencanaan keuangan? Kunjungi Bright Advisor saja!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
Sabtu, 01 Oktober, 2016 delete

Nggak jadi nulis yang diucapin sama Komika kemarin? ahahhahahha

Reply
avatar
Sabtu, 01 Oktober, 2016 delete

Huahahahaaa nanti aku di blacklist sm Sun Life lg :v

Reply
avatar
Sabtu, 01 Oktober, 2016 delete

huahah kayaknya kalo urusan oleh-oleh itu opsi terakhir deh *tergantung keuangan hahah

Reply
avatar
Minggu, 02 Oktober, 2016 delete

Sekarang mah uda gak jaman bawa oleh2 yah... gak boleh nanya oleh2 lg. hihihi

Reply
avatar
Sabtu, 08 Oktober, 2016 delete

Gw bikin tabungan khusus liburan yang nabungnya didebet langsung dari rekening tabungan. Kalo udah cukup baru beli tiket dan pesen hotel. Jadi gak pake ngutang-ngutangan.

Reply
avatar
Minggu, 09 Oktober, 2016 delete

Nah kadang susah banget itu menghindari biaya tek trduga... bisa lebih dari yang kita duga2...

Reply
avatar
Selasa, 11 Oktober, 2016 delete

Yupz, namanya jg biaya tak terduga mas :v

Reply
avatar
Jumat, 21 Oktober, 2016 delete

Wah, dirimu ikut sana sini to Mas.
Kupikir ini talkshow sum life yang di Solo ternyata Jogya.

Reply
avatar
Jumat, 21 Oktober, 2016 delete

Hahaha iya mba, kalo yg Solo undangan untuk blog yang www.ajisukma.com :v

Reply
avatar
Senin, 24 Oktober, 2016 delete

Kalo gw ngak pernah ada budget buat oleh2

Reply
avatar
Jumat, 28 Oktober, 2016 delete

Hahaha uda ga jaman ya mas cum :v Kalo aku masih kadang2 aja kalo ada budget & ada oleh2 yang khas & wajib di bawa :D

Reply
avatar