Buat yang sudah pernah menjadi travelmate saya saat traveling , barangkali sudah hafal dengan kebiasaan saya yang selalu mengupayakan untuk...

Shower Room di Bandara Internasional Hong Kong

Buat yang sudah pernah menjadi travelmate saya saat traveling, barangkali sudah hafal dengan kebiasaan saya yang selalu mengupayakan untuk mandi pagi. Yapz, saya tipe orang yang susah keluar dan ketemu orang sebelum membersihkan diri. Bukan soal mau "sok bersih", tapi rasanya kalau sudah mandi saya bisa lebih percaya diri. Pokoknya kalau ada waktu dan kamar mandi, saya selalu mengupayakan ritual ini.

Begitu pun saat saya harus transit lebih dari 12 jam di Hong Kong beberapa waktu yang lalu. Saya mendarat di sana sekitar pukul 5 pagi waktu setempat, sementara penerbangan berikutnya masih di jam 7 malam. Bayangkan saja, setelah penerbangan semalaman dari Jakarta, rasanya wajar jika saya langsung membayangkan gemericik air shower membasahi ujung rambut hingga ujung kaki.

Beruntunglah, setelah bertanya pada petugas dan membaca petunjuk, saya pun menemukan shower room di Bandara Internasional Hong Kong tersebut.

Lokasi Shower Room Bandara Hong Kong


Petunjuk Lokasi Shower Room Bandara Hongkong
Petunjuk Lokasi Shower Room Bandara Hongkong

Untuk menemukan shower room di bandara ini sangatlah tidak sulit, bahkan lokasinya masih berada di zona kedatangan (arrival), sebelum pengambilan bagasi dan keluar dari imigrasi. Jadi, setelah turun dari pesawat maka kita hanya perlu mencari gate 22. Kedatangan saya saat itu kebetulan melalui gate 12 sehingga hanya perlu belok kanan dan berjalan sekitar 10 gate untuk menemukannya. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat papan petunjuk.

Lokasinya dekat toilet dengan pintu bergambar warna pink untuk room perempuan, dan pintu bergambar warna biru untuk room laki-laki. 

Lokasi Shower Room Bandara Hongkong
Petunjuk Lokasi Shower Room Bandara Hongkong

Empat Bilik Super Minimalis


Jangan bayangkan shower room di Bandara Hong Kong ini seluas shower room Bandara Soekarno-Hatta yang luasnya segambreng bak kamar mandi hotel berbintang itu. Di sini hanya tersedia sekitar 4 bilik dengan ukuran yang sangat minimalis.

Bilik Shower Room Bandara Hongkong
Bilik Shower Room Bandara Hongkong
Mungkin hanya sekitar 2x2 meter saja dengan partisi tempat duduk/meja yang bisa dipakai menaruh barang serta tempat shower kita mandi. Keduanya dipisah oleh kaca yang menutup separuh. Jika disamakan dengan shower room di hotel, barangkali shower room ini masuk level budget hotel. Benar-benar super minimalis!

Shower Room Bandara Hongkong yang Minimalis
Shower Room Bandara Hongkong yang Minimalis

Hanya untuk Mandi


Berbeda dengan shower room di Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki closet duduk di dalamnya, shower room Bandara Hong Kong tidak ada sama sekali. Bahkan wastafel saja tidak tersedia, sehingga bilik ini benar-benar hanya digunakan untuk mandi saja. Untuk buang air besar, penggunaan wastafel, dll harus pindah ke ruang toilet.

Fasilitas yang Tak Kalah Lengkap


Meski berukuran minimalis, tapi soal fasilitas shower room di Bandara Hong Kong ini bisa dikatakan lebih dari cukup. Bahkan ada kelebihan lain dari shower room ini. 

Fasilitas Shower Room Bandara Hongkong
Fasilitas Shower Room Bandara Hongkong
1. Air hangat
Shower room di Bandara Internasional Hong Kong juga memiliki pilihan 2 kran air. Mau dingin atau hangat, silakan atur sendiri. Bagusnya lagi, pancaran air shower lumayan kencang & deras.

2. Shampo & sabun cair
Nah ini yang saya bilang kelebihannya. Di shower room ini menyediakan shampo dan sabun cair gratis. Jadi tidak perlu repot bongkar pouch toiletries kamu. Atau malah sekalian refill? *eh

3. Hair dryer
Sekalipun tidak ada wastafel, tapi di bilik yang sempit ini, tergantung hair dryer yang membantu kita saat ingin buru-buru mengeringkan rambut. Atau untuk keringkan handuk sekalian? *eh

Fasilitas Hair Dryer Shower Room Bandara Hongkong
Fasilitas Hair Dryer Shower Room Bandara Hongkong

4. Terdapat vending mechine
Jika biasanya kita temukan vending mechine untuk minuman kemasan, nah di shower room ini ada vending mechine untuk perlengkapan mandi seperti sabun muka atau semacamnya. Jadi sangat membantu jika ada yang lupa membawa perlengkapan mandinya. Sayangnya, saya tidak sempat mencobanya. 

Fasilitas Vending Mechine Shower Room Bandara Hongkong
Fasilitas Vending Mechine Shower Room Bandara Hongkong

Bersih tetapi Rawan Becek

Soal kebersihan, sebenarnya shower room di bandara ini cukup terjaga. Saya tidak melihat sampah atau kotoran di dalamnya. Sebuah tempat sampah mungil juga sudah tersedia. Hanya saja karena cukup sempit dan partisi dipisah oleh kaca separuh, maka kita sendiri yang harus menjaga air agar tidak membasahi lantai dan membuat becek. Uda sempit, becek pula. Kan bikin tidak nyaman saat mengenakan pakaian.

Kesimpulan


Yang pasti dengan kelebihan dan kekurangannya, bagi saya shower room yang ada di Bandara Hong Kong ini sudah sangat membantu, apalagi bagi yang sedang transit dan tidak menginap di hotel seperti saya. Jika diminta memberikan nilai, rasanya tidak berlebihan jika saya berikan 8/10 untuk shower room Bandara Internasional Hong Kong ini.

Jadi, jika kamu ada transit di Hong Kong dan berencana ke luar untuk jalan-jalan, sudah tau kan kemana harus mandi? Selamat Mencoba!


Baca Juga :


15 comments:

  1. ish asik juga nih ya kalau gak mau melipir ke hotel dulu, bisa tetap wangi! jaman dulu mah berbekal cuci muka, sikat gigi, dan semprot parfum aje.

    ini sih cukup banget kalo cuma mandi ya, ribetnya kalau tiba2 "berasa". mandi kudu kilat buat pindah ke "tempat semedi" XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk ya makanya ke toilet dl, baru mandi mak. :D

      Delete
  2. Traveler Surviv sekali nih, refill sabun dan sampo dari Shower Room Bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yha downg, survival gt lhoooh. Pdhal gak kepikiran ding waktu itu. Baru skrg nyesel. *lahhh?

      Delete
  3. Fix nanti ke Hong Kong buat mandi aja wkwkwk. Sama kayak waktu ke Taipei dulu, bayanganku begitu mendarat langsung ke pusat kota. Lah lihat ada shower room, langsung saja daku mandi besar wkwkw. Tipikal kamar mandi di Asia sih kloset dan kamar mandi dipisah. Bahkan kamar mandi dan kloset rumahan baik di Jepang, Korea, Tiongkok, dll, dipisah. Itu di rumah padahal. Gak kayak tempat kita bisa nongkrong sambil telanjang terus lanjut mandi wkwkkw. Eh kamar mandi klia2 juga dipisah sih :D

    ReplyDelete
  4. Aku sebisa mungkin mandi tapi aku nggak suka ribet, mas. Pas di gunung, kalo memang ada kamar mandi, mau airnya kayak air es juga aku mandi. Kalo lagi di bandara dan sendiri, aku nggak akan mandi sih haha. Udah sering transit dan nggak mandi. Kalo ada temen buat dititipin tas (jadi ke shower cuma bawa baju ganti sama alat mandi), aku baru mau mandi.

    Tapi infonya noted di bandara Hong Kong ada shower air panas gratis dengan vending machine alat mandi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kok, aku pun kalo sekiranya gak bisa mandi jg gak aku paksakan. Tetap woles. Paling gosok gigi aja cukup. :D

      Delete
  5. Wogh.. Kamar mandi bandara sekelas kamar mandi hotel yo...
    Mungkin tujuan awal buat perjalanan bisnis yang musti langsung ke tempat meeting begitu sampai bandara...

    Tapi sangat bermanfaar pula bagi pelancong.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berharap di semua bandara, stasiun, dan terminal di Indonesia jg tersedia yg begini. wkwkwk

      Delete
  6. Orang kaya..
    Ke Hongkong cuma numpang mandi saja...
    Suhu blogger semarang memang keceh...eh..

    ReplyDelete
  7. Fasilitasnya oke punya bangettttt, kak!
    Ngalamat bakalan bikin betah dan berlama-lama di kamar mandi, nih. Senyaman itu cobaaaaaa. Mana ada hair dryer juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jgn lama2 juga sih neng, ntar didobrak sm yg ngantri. wkwkwk

      Delete
  8. hi Mas Aji, ini shower room nya masih ada gak ya sekarang?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)