Cuaca cerah pagi itu mengantarkan saya bersama kedua kawan untuk sejenak menepi dari Kota Jogja. Kali ini kami menuju kabupaten di sebelah ...

Menepi Sejenak di Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Cuaca cerah pagi itu mengantarkan saya bersama kedua kawan untuk sejenak menepi dari Kota Jogja. Kali ini kami menuju kabupaten di sebelah barat, Kulon Progo. Meski cukup ramai, namun jalanan pagi itu terbilang lancar. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan untuk sampai pada destinasi tujuan kami, Taman Sungai Mudal.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Rute Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal terletak di Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Rute menuju Taman Sungai Mudal bisa dibilang sangat mudah. Dari Tugu Jogja, saya hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah barat, melewati Godean, jembatan Kulon Progo, Goa Kiskenda masih lurus, pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap, ikuti petunjuk jalan hingga menemukan pintu masuk Taman Sungai Mudal di sebelah kanan jalan. 

Nama Taman Sungai Mudal

Mudal dalam bahasa jawa bisa berarti keluar/memancar/meluap-luap. Taman Sungai Mudal merupakan mata air yang memancar dari dalam gua. Air yang keluar pun cukup melimpah dan keluar sepanjang tahun. Tak heran jika mata air di sungai ini dapat mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar.

Tiket Masuk

Untuk memasuki Taman Sungai Mudal ini kami hanya perlu membayar tiket sebesar Rp6.000,-/orang (update April 2018). Sementara dari area parkir, berjalan kaki beberapa ratus meter saja kami sudah menemukan kolam berwarna tosca dengan air yang segar.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Fasilitas

Taman Sungai Mudal ini sendiri dikelola langsung secara swadaya oleh pokdarwis setempat. Oleh masyarakat dibangun jembatan bambu yang menghubungkan aliran air bertingkat den panjang sekitar 600 meter sehingga memudahkan pengunjung menyusuri sungai. Selain itu aliran sungai ini terlihat rapi dan bersih, memberikan kesan sangat terawat. 

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Di bagian paling bawah, kita dapat menemukan kolam paling luas dengan air berwarna tosca. Sangat cantik dan mengundang siapapun yang melihatnya untuk tak sabar menceburkan diri. Sementara di ujungnya terdapat air terjun dengan gemericik air yang jatuh. Di samping kolam, kita bisa menemukan warung makan dan kamar mandi yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bilas atau berganti pakaian. 

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo (foto aerial : www.insanwisata.com)
Sebelum bermain air di kolam tersebut, kami memilih untuk trekking ke atas terlebih dahulu sambil melihat situasi yang ada di atas. Jembatan bambu terlihat kokoh, dengan pagar pengaman seadanya di kanan dan kiri. Pengunjung haruslah tetap waspada saat melewatinya. Di sepanjang jalan, kita akan disuguhi gemericik air bertingkat yang jernih, dengan pepohonan yang rindang di sekeliling. 

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Sampai di atas, kita kembali menjumpai kolam lainnya. Lebih kecil jika dibandingkan dengan kolam pertama tadi. Di samping kanannya terdapat musola, sementara jika meneruskan perjalanan di sebelah kiri, kita bisa menemukan taman dan gazebo-gasebo yang bisa digunakan untuk beristirahat pengunjung. Di ujung taman, kita juga masih bisa menemukan kolam kecil dengan aliran air jernih. Beberapa pengunjung khususnya anak-anak lebih suka bermain air di tempat ini.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Istimewanya, terdapat galon air di beberapa spot yang disiapkan oleh pokdarwis gratis untuk pengunjung.  Selain itu, jangan kaget jika menemukan sinyal wifi di tempat ini, karena pengelola juga menyediakannya secara gratis. Puas berfoto, jadi bisa langsung pamer di sosial media bukan? 
 
Kabarnya, Taman Sungai Mudal ini juga menyediakan fasilitas camping ground dan flying fox. Tak lama kami kembali turun, untuk berenang di kolam pertama. Air sejuk nan segar langsung terasa merasuk kulit saat kami menceburkan diri ke dalam kolam. Sewa ban dalam sebagai pelampung juga disediakan di sini, tetapi kami sudah membawa sendiri sebuah kasur camping yang kami sulap menjadi kasur palampung.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo (foto aeral : www.insanwisata.com)

Saran

Rasanya tak puas jika hanya sebentar bermain air di Taman Sungai Mudal ini. Kesegaran air di kolam membuat siapa saja yang sudah masuk, enggan untuk berhenti. Waktu yang tepat untuk menikmati kesegaran air di Taman Sungai Mudal ini adalah saat mulai memasuki musim kemarau. Airnya sangat jernih berwarna tosca, dengan debit air yang masih tinggi. Sementara jika ingin menikmatinya dengan suasana sepi, silakan datang pagi hari saat weekdays.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal
Banyunganti, Jatimulyo,
Girimulyo, Kulon Progo.
HTM : Rp6.000,-/orang (April 2018)

17 comments:

  1. Jadi teringat aku pernah jatuh terpelanting dan nyaris jatuh ke aliran air sungai Mudal ini karena licinnya lumut yang kupijak.
    Artikelnya sudah kuposting.

    Diluar pengalamanku itu, air trjun bernama taman sungai Mudal ini pemandangannya memang oke dan airnya jernih juga sejuk.
    Suatu saat nanti akan kudatangi lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang tetap harus hati2 sih ya. Iya, tempatnya sik, ku juga mau balik lg mas. hehe

      Delete
  2. Kalau ke sini itu enaknya bisa nongkrong di warung dekat tempat berenang ahahahhha
    Dulu pas saya sama Ardia ke sini masih sepi buanget, eh sekarang di atas malah ada wifinya hahahahha

    ReplyDelete
  3. Gak asyik. Gak ada potomu tiduran di kasur! 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seandainya km tau apa yg terjadi saat aku naik mba. Hahahaha

      Delete
  4. Waa da fasilitas air minum galon mas?
    Aku pas ke sini pass buat nikahan. Air terjunnya ditutup cobakkk.
    Terus jadinya ke Kembangsoka. Ya memang Mudal, Kembangsoka, Kedungpedut agak-agak mirip karakternya. Tapi memang yang paling atas tu Mudal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih satu aliran ya mba. Mirip2 juga sih. Hehehe

      Delete
  5. mantep tenan ono wifi gratis
    bisa dicontoh pokdarwis lain nih

    ReplyDelete
  6. Berarti saat musim penghujan apakah air ikut berubah keruh mas? Macam sungai di Srigethuk/Oyo?

    Pengin merene :)

    ReplyDelete
  7. mantap kak... dapat informasi tempai main baru sama dia hahahah... Seger banget airnya keknya hehehe

    ReplyDelete
  8. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete
  9. Salah satu alasan suka dan pingin tinggal di jogya adalah banyak tempat wisata, ada pantai dan juga gunumasih belum ke Kulon progo ini, baiknya ajak anak biar bisa main air sepuasnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)