Curug 7 Cilember Bogor! It's NOT About Destination, It's About The Journey...!

Wolaaa... Happy May Day Traveler! Selamat datang di bulan paling asik tahun ini... hahaaa You know what i mean lah yaaa... :p Iyes! Bulan Mei ini bakal jadi surganya buruh yang hobby kelayapan macam saya! soalnya banyak warna merah... huehe Baru awal bulan, kita sudah disambut sama warna merah pertama dengan tanda bintang "mayday"! Inilah hari untuk pekerja sedikit manja bangun siang dari biasanya. Tapi, saya mah teteup... bangun pagi bersiap kelayapan! :p

Hari libur di awal bulan? Sayang banget kan kalau cuma diem manyun di rumah doang. Berawal dari obrolan kecil saya dengan Mas Sandy untuk mengisi hari libur, Yunus yang dengar obrolan kami ahirnya ikut gabung, disusul Faris & Mas Joko! Well, setelah babibu menentukan tujuan liburan kami kali ini, kami sepakat untuk pergi ke Curug 7 Cilember!

Jam 7.45 WIB ahirnya kami berangkat, menuju Curug Cilember. Wohooo... Perjalanan yang kurang lebih 1 jam dari bogor lewat jalur tajur - puncak ini kami sempat melihat 2X mobil yang terjebak kemacetan tiba-tiba berasap dan bau terbakar. Hmm ngeri juga yah, kalau bawa mobil di jalan tanjakan kena macet. Untunglah bawa motor, bisa selip kanan kiri. Hueheee Sampai di Jl. Cilember sebelum pasar Cisarua, kami belok kiri. Kita bisa tanya-tanya ke warga sekitar jika masih kurang jelas. Jalan gang masuk ke curug ini tidak terlalu lebar, meski bisa namun mungkin sedikit susah jika membawa kendaraan roda 4. Jalannya pun sedikit berliku di tengah perkampungan warga yang cukup padat.

Yunus, mas sandy, mas joko, gw. (Faris ambil foto)

Dari pintu masuk, setelah loket kita akan melewati beberapa fasilitas di dalam area yang cukup lengkap. Mulai dari tempat makan & oleh2, kemudian tempat penangkaran kupu-kupu (untuk masuk di area ini musti bayar tiket masuk lagi sebesar 6k per orang) kemudian ada juga area outbound/camping, flying fox, mushola, terapi ikan, dll. Jadi, tempat ini cocok juga untuk tujuan wisata keluarga.

Area Outbound & Camping
Setelah melewati area camping & mushola, sampailah kita di curug 7.

Curug 7 & 6 Cilember
Curug 7 Cilember ini memang memiliki curug yang berjumlah 7 yang letaknya berjauhan, dan dari satu curug ke curug lain harus trekking melewati jalan setapak di tengah hutan. Meskipun curug  7 sudah cukup mempesona, berhubung curug ini terlalu ramai orang dan kami sudah penasaran dengan curug selanjutnya, maka kami putuskan untuk segera lanjut ke curug berikutnya. Curug 6 saat ini ditutup karena aksesnya sulit & dapat membahayakan pengunjung. Jadi, kami langsung menuju curug 5.

Saking rajinnya kita olahraga, baru trekking sedikit sampai di curug 5, kami langsung sepakat dan menyerah sampai di curug ini dan tidak melanjutkan ke curug selanjutnya! hahaaa yah, setidaknya itu kesepakatan kita sebelum ketemu dengan tama & yesi :D

Di curug ini, kalian harus coba  yoga! beuuuuh.... sensasinya luar biasa! Udaranya sejuk dan asri bangetttt! :)

Curug 5 Cilember! Cobalah yoga disini apalagi saat sepi

Curug 5 Cilember (aliran air)

Di curug 5 kami bertemu dengan tama & yesi yang juga lagi asik main air & berfoto ria. Setelah kenal dan ngobrol cukup lama, mereka bersiap menuju ke curug selanjutnya. Kami yang tadinya sudah sepakat untuk tidak lanjut, berhubung tengsin sama yesi kami suka tantangan, kami ikut lanjut ke curug selanjutnya. Melewati trek jalan setapak menanjak dengan rimbunan pohon dikiri kanan, sampai juga di curug 4. Tapi kami hanya melihat dari kejauhan sebentar tanpa mampir, karena curugnya terlihat kecil dan kurang menarik. Tanpa berlama-lama kami langsung lanjut lagi ke curug 3. Saat menuju ke curug 3 ini kami sempat instirahat sebentar untuk mengatur nafas yang mulai bengek. Oiya, kami juga bertambah teman 1 lagi yang tidak tahu namanya (belum sempat nanya) dia ikut rombongan kami karena rombongan dia hanya puas main air di curug 5 tanpa lanjut ke curug lainnya. Kesian ya :p

Ngaso bentar nyelonjorin kaki :p (dr curug 4 ke 3)
Curug 3 Cilember (Mas Joko, Yunus, Gw, Mas Sandy, Faris)
(Faris, Mas Joko, Gw, Mas Sandy, Tama, Yesi, NN)
Dan benar sekali, semakin ke curug selanjutnya semakin sepi pengunjung. Yap! Mungkin banyak yang mulai capek dan malas untuk trekking ke atas. Jadi buat kalian yang kesini, harus coba ke curug paling ujung semampu kalian. Jangan hanya puas di curug 7, 6, atau 5. Karna semakin tinggi, semakin sepi pengunjung dan kalian bisa melakukan apa saja tanpa harus risih dikerumunin orang. Dan kali ini kami menuju ke curug 2. Trek dari curug 3 ke curug 2 ini yang paling bikin istighfar. Hmm luar biasa treknya. Udah setapak, menanjak, licin pula! -_-

Trek dari curug 3 menuju curug 2 >,<
Berhubung curug 2 cukup sepi, dan rencana jadi curug terahir (tidak lanjut ke curug 1) so, saatnya nyebuuuuurrrr :D

Karna Showeran dikamar mandi saat galau itu terlalu mainstream :p (Curug 2 Cilember)
Curug 2 Ciember
Sudah puas berbasah-basahan di curug 2, kami langsung kembali ke curug 5 untuk istirahat. Kebetulan di curug ini masi ada warung untuk beristirahat. Gerimis mulai turun dikawasan ini saat kami sedang istirahat. Kasihan juga sih sama rombongan-rombongan yang baru naik. Hmm Selamat berbasah air terjun dan hujan deh :p Hati-hati licin... huehe untunglah kami datang lebih pagi.

Setelah ganti baju dan gerimis reda, kami segera turun kembali ke spot depan dengan warung makan berjejeran dengan menawarkan menu makanan super lengkap, mulai dari mie, nasi goreng, jagung bakar, sup, dan menu lainnya yang pasti pas banget untuk dimakan saat kedinginan. Di sini, kita akan disambut oleh teteh2 geulis untuk mampir ke warungnya. Hmm dan saya yang tadinya pengin jangung bakar, jadi ikutan teman-teman saya untuk pilih nasi goreng kambing. Dan kalian harus garis bawahi nih, disini tidak seperti di warung tempat wisata lainnya yang menyajikan makanan dengan rasa "seadanya" dengan harga "mengada-ada". Serius, nasi goreng kambing yang tadinya di depan saya tiba-tiba lenyap tak tersisa :p *doyan sama laper beda tipis* :D lumayan enak lah, harganya pun menurut menurut saya masuk akal.

Tips bt ke curug Cilember :

1. Datanglah pagi hari, jangan terlalu siang. Pastikan sampai di sini maksimal jam 8/9 pagi. Kenapa? karna masih sepi pengunjung. Jadi, kalian bisa leluasa dan punya lebih banyak waktu utk menjelajah. Selain itu, cuaca pas siang hari suka berubah-ubah. Bisa jadi yang tadinya cerah tiba-tiba turun hujan.

2. Jangan hanya puas di curug 7 atau 5. Kalian harus coba sampai curug paling tinggi semampu kalian. Cobalah utk trekking ke curug 4, 3, 2, atau sampai curug 1. Ini akan jadi pengalaman yang menarik dan seru! Selain itu bikin badan sehat, pegel-pegel, ngos-ngosan, & betis makin keker. xixixi

3. Bawalah minum/air mineral yang cukup saat trekking! karna warung terahir yang bisa kalian temui hanya sampai di curug 5. Selanjutnya sdh tak ada orang jualan. Kecuali kalian doyan negak air curug langsung :p

4. Jangan bawa barang berlebih! Apalagi berat badan kalian uda berlebih :p cukup bawa baju ganti saja.

5. Hati-hati dengan hewan bernama "Pacet" emm, bahasa indonesia nya bener itu bukan yah? hehe hewan mirip ulet tapi suka nempel & nyipok ngisep darah seperti lintah.

6. Jangan buang sampah sembarangan! Plis, kalian simpan dulu sampah kalian kemudian buang nanti di tempat sampah curug 5, tanpa harus mengotori curug/hutan. Masi buang sampah sembarangan juga, saya sumpahin titit kalian dicipok pacet! :p

7. Oiya, mungkin ini sepele tapi benar-benar harus diperhatikan! Jaga barang bawaan kalian. Jangan ditinggalin disembarang tempat, dan pastikan selalu kebawa saat pindah tempat. Jangan seperti kami yang harus kehilangan camilan seplastik karena tertinggal di curug 7. *sambil ngelirik mas joko*

Hmm kira-kira pengalaman seru kali ini, habis berapa duit? ini dia cost rate nya :
1. Tiket masuk @orang                : Rp. 13.000
2. Parkir motor + penitipan helm  : Rp. 10.000
3. Air mineral ( misal 2 botol )      : Rp  8.000
4. Makan (nasgor kambing + teh) : Rp. 25.000

Total @ orang : Rp. 56.000

* Biaya tersebut belum termasuk transportasi sampai ke curug cilember. Dan pengeluaran pribadi kalian lainnya. ;)

So guys, kapan kalian ajak teman-teman kalian berakhir pekan disini? Saya tunggu cerita menarik kalian yah, selamat menjelajah ;)

4 comments:

1. Memang siapa yang ninggalin cemilannya? :D :D :D
    Pada mau makannya saja sih anak cowo mah, giliran harus bawa" cemilan atau apa pada malassssssssssss. Hehe

ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa tau tuh... pas bawa lempar2 an, pas makan rebut2 an... tp belum direbutin uda ilang duluan! :D :)))

Delete
  2. Weleh-weleh, pada malas semua dong cowo-cowo ini bawa cemilan atau makanan :p
    Jadinya hilang belanjaan yang dari indomaret dong. :D

ReplyDelete
  3. curugnya sangat indah dan indah, tempatnya juga sejuk..

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)