Pura Parahyangan Agung Jagatkarta! Pura Terbesar ke 2 di Indonesia Ada di Bogor Jawa Barat!

Minggu, Mei 04, 2014
Wow, baru juga libur hari kamis kemarin saat May Day, tidak terasa sekarang sudah weekend lagi. hehee Nah, untuk mengisi waktu luang saya punya referensi nih ngelayap di Bogor dengan nuansa ala-ala Bali! hehe Penasaran? Yuk, disimak!

Kaki saya masih terasa pegal pasca trekking di Curug Cilember kemarin. Tapi, yang namanya diajak ngelayap, mau kaki sedang gempor pun, hajar saja kalau saya mah! hahaaa Tanpa ada rencana matang sebelumnya, pagi jam setengah 10 saya di bbm Mas Sandy untuk jalan ke Pura Parahyangan Agung Jagatkarta yang berada di daerah Ciapus Bogor! Tahun lalu saya sempat ke sana bersama teman-teman kantor sepulangnya dari Curug Luhur. Tapi sayang sekali saat itu tidak diperbolehkan masuk area karena sedang ada prosesi sembahyang. Dan ahirnya hari ini saya kembali lagi.

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta
FYI, Pura Jagatkarta adalah pura terbesar di Jawa Barat dan terbesar ke-2 di Indonesia setelah Pura Besakih yang berada di Bali. Pura Jagatkarta terletak di kaki Gunung Salak, di Ciapus, Kecamatan Tamansari di Kabupaten Bogor. Pura ini didirikan pada tahun 1995 dan memiliki luas 3 hektar, dan merupakan hasil kerja gotong royong umat Hindu Nusantara

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Karena pura adalah tempat ibadah, sudah pasti ada aturan untuk berkunjung kesini. Kalian harus  memperhatikan ini ya!

1. Untuk wanita yang sedang kedatangan tamu, jauh-jauh dulu ya! Bisa datang lagi nanti saat bulannya sudah pulang. hehe ;)

2. Perpakaian sopan. Untuk laki-laki, pakailah celana panjang! Atau kalau kalian pakai celana pendek, harus mengenakan kain sarung.

3. Ada area khusus untuk para pengunjung dan tidak diperkenankan masuk area utama yang digunakan untuk beribadah/sembahyang!

4. Jadilah pengunjung yang santun, dengan tidak mengganggu umat yang sedang beribadah/sembahyang! Tidak berisik, tidak mengotori, tidak corat-coret, dan tidak membuang sampah sembarangan!

5. Setiap pengunjung wajib mengenakan kain selendang kuning yang diikatkan dipinggang.

Beberapa umat hindu sedang kusyuk bersembahyang
Pura Parahyangan Jagatkarta

Tips Bt ke Pura Parahyangan Jagatkarta :

Datanglah saat siang hari/langit cerah. Panoramanya sungguh luar biasa! Pura dengan latar gunung dan langi biru! Aw aw...!

Oiya, untuk kunjungan ini, sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis! Untuk yang membawa kendaraan roda 2, hanya dikenakan Rp2000,- saja untuk uang parkir. Nah, bagaimana jika naik kendaraan umum? Ini dia rute nya :

Dari Stasiun Bogor : 
Naik Angkot 02 jurusan Sukasari turun di BTM (Bogor Trade Mall) , sambung dengan angkot 03 jurusan Ciapus.

Dari Terminal Baranangsiang : 
Naik Angkot 13 Jurusan Ramayana turun di BTM (Bogor Trade Mall) , sambung dengan angkot 03 jurusan Ciapus.

Catatan : Tanyakan terlebih dahulu pada supir angkot 03 Ciapus apakah melewati pura, karena tidak semua angkot 03 menuju pura.

Puas menikmati panorama di pura ini, berhubung sudah sampai di sini, sayang sekali jika langsung pulang. Saya dan Mas Sandy ahirnya memutuskan untuk lanjut ke Curug Nangka yang hanya berjarak sekitar 10 menit dari pura ini.

So, Selamat berkunjung ke pura terbesar ke 2 di Indonesia ini yah, Yuk lanjut simak perjalanan saya ke  curug nangka ;)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »