Curug Nangka, Curug Daun, dan Curug Kawung Bogor...! Mistik atau Eksotik?

Minggu, Mei 04, 2014
Sudah sampai di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta daerah Ciapus, kayaknya rugi banget kalau langsung pulang. Tidak jauh dari pura ini terdapat beberapa curug, diantaranya Curug Nangka! Yeay! Dari pura, kami kembali turun dan mengambil jalan kekiri saat dipertigaan. Ikuti jalan, liat plang penunjuk dan bertanya pada warga sekitar. Kurang lebih sekitar 10 menit, sampailah kami di Curug Nangka!

Curug Nangka

Curug Nangka adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat yang masuk dalam, naungan RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor. Daya tarik utama wana wisata Curug Nangka adalah air terjun yang mempunyai 3 tahap, dengan masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 m.  Selain Curug Nangka di kawasan ini juga dapat ditemui dua buah curug lagi, yaitu Curug Daun dan Curug Kawung. Lokasi ketiga curug ini satu dengan yang lainnya berjarak sekitar 100 m dengan urutannya dari bawah adalah Curug Nangka, lalu Curug Daun dan terakhir adalah Curug Kawung. Ketiga curug ini berada di kaki Gunung Salak pada ketinggian sekitar 750 m dpl dengan curah hujan 4000mm/tahun dengan suhu udara 20-22 C.

Untuk masuk kawasan curug nangka, kami diharuskan membayar tiket masuk yang menurut saya sedikit aneh. Tiket dibayar kan 2X di pintu masuk yang hanya berjarak kurang dari 100 meter. Kata si bapak yang jaga di pintu pertama, tiket masuk Rp15.000,- dibayarkan 2X, dipintu pertama dan kedua. Dipintu pertama, untuk 2 orang dengan 2 motor dikenakan Rp15.000,- Tapi, saat dipintu ke dua, kami diminta membayar Rp20.000,- Hmm... pas saya protes, katanya yang Rp5000,- adalah biaya masuk motor kami. Saya sih bukan masalah nominal yang tidak seberapa, hanya saja saya fikir ini menjadi semacam pungli. Karena saat dipintu kedua saya tidak diberikan karcis. Jadi, kalau hanya 1 karcis, kenapa harus di pungut 2X? kenapa tidak sekaligus langsung dipintu pertama, dan kenapa harus ada tambahan Rp5000,- di pintu kedua? hmm Tanya kenapa? -_- saat masuk diarea parkir kami juga masih harus terima karcis parkir Rp5000,- per motor. Jadi, yang dipintu kedua buat apa dong? *krik* -_-

Btw, jalan masuk ke curug ini sangat nyaman, sejuk, dan rindang sekali. Pohon pinus ada dikanan kiri sepanjang jalan. Saat sampai diparkiran, berjejeran warung makan, kemudian ada mushola, dan area kemah. Kebetulan saat saya kesini ada rombongan dari SMA yang sedang mendirikan kemah.

Saya dan Mas Sandy berjalan menyusuri jalan setapak di pinggir jurang (aliran air ada dibawah jalan) sambil makan gorengan yang tadi sempat saya beli di depan. Yang menarik, disepanjang jalan ini, kita akan disambut siimut berekor! Yes, It's Monkeys! :D

Sekumpulan monyet menyambut di pinggiran jalan setapak
Pertama kali lihat Curug Nangka, saya kira tidak dapat mendekat, karena posisi jalan ada diatas, sedangkan curug ini berada dibawah semacam jurang. Makanya kita ikutin orang-orang didepan kita yang terus naik, dan ahirnya sampai di aliran air di atas Curug Nangka.

Banyak anak-anak & ibu-ibu bermain air di aliran air
Kita lanjut jalan menyusuri jalan pinggiran sungai, dan sampailah di Curug Daun. Emm, bener ini Curug Daun yang dimaksud? gini doang??? -_-

Curug daun
Setelah sampai di Curug Daun yang menurut saya tidak ada istimewanya ini, hehe kita lanjut lagi menyusuri aliaran air, daaan sampailah di Curug Kawung yang sedikit lebih istimewa dari curug daun :p

Curug kawung

Karena Curug Kawung ini cukup ramai pengunjung ABG yang berpasang-pasangan sedang mojok, maka kami hanya duduk sebentar, foto-foto, dan segera kembali. Kami yang memang sejak awal belum mampir di Curug Nangka (tidak tahu jalan turun) ahirnya karena penasaran, kami nekat cari jalan turun, dan walaaa... cukup curam tapi berhasil menemukan jalannya :D

Curug nangka (dari atas)

Curug Nangka
Curug Nangka
Sedang asik berfoto, langit tiba-tiba mendung, saya dan pengunjung lain diingatkan guide lokal untuk segera kembali ke atas, karena air bisa saja tiba-tiba deras dan meluap saat hujan turun.

Tips Ke Curug Nangka :

1. Seperti biasa, usahakan datang lebih pagi. Taukan kenapa? Lebih segar, lebih sepi, dan lebih bebas menjelajah :D

2. Denger-denger sih katanya curug nangka ini cukup angker, banyak kejadian orang kesurupan/kesambet, jadi kalau kesini jangan melamun, jaga perilaku dan ucapan, dan selalu berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing! Amiiiiiin 

3. Cobalah ke curug daun & curug kawung sebentar, setelah itu baru kembali turun ke curug nangka. Puas-puasin main air dan basah-basahan disini. Menurut saya, curug nangka ini lebih asik dan lebih keren dari curug luhur! Sayangnya, saya tidak bawa baju ganti.


Untuk masuk ke curug ini berapakah? Mari kita berhitung :

1. Tiket masuk pintu pertama 2 motor, 2 orang hari libur Rp 15.000 @ orang : Rp7.500,-
2. Tiket masuk pintu kedua 2 motor, 2 orang hari libur Rp 20.000 @ orang   : Rp10.000,-
3. Parkir @ motor : Rp5000,-

Total biaya masuk per orang/motor hari libur  Rp22.500,-

Nah, cukup mengesankan untuk jadi tempat tujuan berakhir pekan bukan? :D Selamat menjelajah guys...! ;)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
Anonim
Sabtu, 02 Mei, 2015 delete

Sayangnya pengelolaan belum bagus. Pungutan masuk masih banyak. https://youtu.be/zi3k-aVd9wI

Reply
avatar
Sabtu, 23 Mei, 2015 delete

Betul, sy jg agak bingung dg pungutannya. Semoga kedepannya lebih bisa diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Reply
avatar
Selasa, 08 Desember, 2015 delete

Mudah mudahan pengelola tetap mempertahankan keasliannya, tidak seperti Curug Luhur yang dijadikan waterpark. Untuk kami CuNang jadi pilihan pertama wisata keluarga (sebelumnya Curug Luhur)

Reply
avatar
Selasa, 08 Desember, 2015 delete

Gambarnya bagus! Tips lagi saat di Curug Nangka kalau sudah ada yang meneriaki dari atas untuk segera pergi karna air sungai akan meluap, maka kita harus segera pergi! Kebanyakan korban Curug Nangka adalah mereka yang mengabaikan peringatan itu

Reply
avatar
Kamis, 10 Desember, 2015 delete

Yap, betul... uda gitu tiketnya jd mahal. hahaha

Reply
avatar
Kamis, 10 Desember, 2015 delete

Nah, iya. bener banget. saat itu saya juga segera meninggalkan area karena mendung. takut air tiba-tiba meluap. makasih ya untuk tips tambahannya ;)

Reply
avatar
Jumat, 10 Juni, 2016 delete

harus hati-hati sekali ya bila pergi ke curug nangka, karena jalannya curam tapi tempatnya masih hijau sekali dengan pepohonan dan terlihat sangat sejuk..

Reply
avatar
Selasa, 21 Juni, 2016 delete

curug nangka yang paling keren. air terjunnya tinggi pula..

Reply
avatar
Minggu, 16 Oktober, 2016 delete

kalau ada waktu , saya mau juga berlibur kesana bersam keluarga

Reply
avatar
Minggu, 26 Maret, 2017 delete

Oh ini di gunung bunder.. bagus banget air terjunnya. Kalau weekend mau coba ah kesana.

Reply
avatar
Selasa, 28 Maret, 2017 delete

Bukannya di kaki Gunung Salak yah, hehe iya coba kesana. Adem bgt

Reply
avatar
Kamis, 27 April, 2017 delete

Uuu naik lagi ya gan, baru tadi sehabis ke sana tarif udah kena 40k aja per motor. --"
Gerbang 1 : 20k
Gerbang 2 : 15k
Parkir : 5k

Total 40.000

Pungli masih berkeliaran gan :"(

Reply
avatar
Jumat, 16 Juni, 2017 delete

Adem bener suasananya ...
Hmm cocok untuk refresih

Reply
avatar