Jangan Panik! Ayo Piknik!

Cave Tubing Goa Pindul Cave Tubing Goa Pindul merupakan salah satu atraksi wisata menarik yang ada di Desa Wisata Bejiharjo, Gun...

Tips Cave Tubing Asyik di Goa Pindul


Cave Tubing Goa Pindul
Cave Tubing Goa Pindul
Cave Tubing Goa Pindul merupakan salah satu atraksi wisata menarik yang ada di Desa Wisata Bejiharjo, Gunungkidul. Atraksi wisata ini akan mengajak kita menyusuri Goa Pindul hanya dengan menggunakan ban karet sebagai pelampungnya. Selama kegiatan berlangsung, kita akan ditemani dengan guide yang menjelaskan seputar sejarah dan apa saja yang ada di dalamnya.

Aliran air sungai yang segar, panorama stalaktit dan stalakmit yang unik, dan sensasi berada di dalam goa yang gelap, merupakan beberapa hal menarik yang akan kita dapatkan sepanjang kegiatan cave tubing ini. Pada bagian akhir kegiatan, pengunjung juga bisa bebas berenang bahkan menguji adrenalin dengan melompat dari ketinggian. Seru bukan?

Cave Tubing Goa Pindul
Cave Tubing Goa Pindul
Tapi perlu diingat, kadangkala yang kita lihat di tempat tidak selalu sama dengan yang ada dibayangan. Boleh jadi saat sudah jauh-jauh datang, aliran sungai sedang banjir dan meluap atau jumlah pengunjung yang sedang membludak. Nah tidak ingin kejadian semacam itu terjadi pada kamu bukan? 

Sebelum kamu datang ke Desa Wisata Bejiharjo untuk menjajal cave tubing ini, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Hindari high season

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum merencanakan cave tubing goa pindul adalah hindari high season seperti saat libur akhir tahun, hari raya, atau kenaikan kelas. Pada masa libur panjang semacam itu, biasanya pengunjung goa pindul membludak, sehingga terasa kurang nyaman. Bahkan kita harus mengantre dan berdesakan menyusuri goa pindul ini.

2. Waktu yang tepat

Selain high season, sebaiknya hindari juga datang ke Goa Pindul saat musim hujan. Intensitas hujan yang tinggi membuat aliran sungat Goa Pindul naik dan terjadi banjir. Jika sudah demikian, biasanya operator akan tutup sementara untuk menghindari risiko karena faktor keamanan. Pada musim hujan, air sungai juga berwarna keruh sehingga kurang sedap dipandang mata. Waktu yang paling baik untuk cave tubing di Goa Pindul adalah saat peralihan musim hujan ke musim kemarau, antara bulan April hingga Juli. Pada bulan-bulan ini, debit air sungai pas dan berwarna jernih.

3. Pilih operator yang terpercaya

Di Goa Pindul, ada puluhan operator yang menawarkan jasa cave tubing ini. Hal ini tentu menimbulkan persaingan termasuk soal harga. Sayangnya, persaingan ini tidak diimbangi dengan pelayanan dan fasilitas. Beberapa operator bahkan berani memberikan harga sangat murah tetapi tidak memperhatikan faktor keamanan. Oleh karena itu, sebelum datang, sebaiknya reservasi ke operator yang sudah terpercaya dan bersertifikat seperti Dewa Bejo

4. Siapkan peralatan

Agar kegiatan cave tubing aman dan nyaman, jangan lupa siapkan baju ganti dan alat dokumentasi. Baju renang sangat disarankan. Sementara alat dokumentasi sebaiknya memilih action cam yang lebih aman dicelupkan ke dalam air. Yang terpenting adalah selalu berhati-hati saat memegangnya, karena tak jarang barang seperti action cam milik pengunjung ini jatuh dan hilang di kedalaman.

5. Ajak teman dan keluarga

Cave tubing Goa Pindul akan lebih asik jika dilakukan ramai-ramai bersama orang-orang terdekat. Jadi jangan lupa untuk mengajak teman, sahabat, atau keluarga agar liburanmu semakin terasa menyenangkan. 

Cave Tubing Goa Pindul
Cave Tubing Goa Pindul
Nah, jika sudah tahu tips cave tubing asyik di Goa Pindul, tunggu apalagi? Rencanakan liburanmu ke Gunungkidul, DIY dan rasakan sendiri sensasi bermain air di dalam Goa. Untuk urusan tiket pesawat ke Jogja, kamu bisa percayakan pada pegipegi. Melalui aplikasi pegipegi ini, kamu bisa pilih jadwal keberangkatan sesuai kemauan kamu. Cara pemesanan tiket pesawat di pegipegi sangat mudah, karena dapat dilakukan secara online melalui aplikasi yang dapat diunduh di App Store bagi pengguna iOS dan Play Store bagi pengguna Android. Jika beruntung, harga tiket pesawat promo bisa kamu temukan di sana. Jadi, selamat merencanakan liburan, semoga menyenangkan.


Baca Juga :

2 comments:

  1. Goa pindul emang bagus banget. Aku blm pernah sih, bs jd refernsi nih biar ga dikibulin dsana hehe

    ReplyDelete
  2. Nah kalau yang datang gak rame gini kan enak, gak kayak kuah cendol #eh haha.

    Semoga bisa main ke Pindul nanti amiiin.

    ReplyDelete