Lima Objek Wisata Menarik di Humbang Hasundutan Sumatera Utara

Sunday, September 30, 2018

Humbang Hasundutan adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara dan beribukotakan Dolok Sanggul.  Banyak orang yang menyebutnya dengan Humbang saja atau dengan Humbahas untuk mempermudah pengucapan. Kabupaten ini merupakan satu dari tujuh kabupaten di Sumatera Utara yang secara geografis letaknya mengelilingi Danau Toba. Tak heran jika Danau Toba juga menjadi wisata andalan di kabupaten ini. Nah berikut ini beberapa wisata menarik di Humbang Hasundutan yang wajib untuk dikunjungi :

1. Bakara 

Bakara Humbahas

Bakara merupakan sebuah wilayah yang terletak di pinggiran baratdaya Danau Toba dan masuk wilayah Kecamatan Bakti Raja. Bakara sendiri memiliki arti tempat kediaman yang teduh (damai). Tempat ini bisa dicapai hanya sekitar 30 menit dari Dolok Sanggul. Di Bakara kita bisa menikmati panorama Danau Toba dari kejauhan sekaligus ketinggian. Kita akan disuguhi hamparan sawah pedesaan yang dikelilingi perbukitan hijau di samping kanan dan kirinya, sementara Danau Toba tampak berada di ujungnya. Cantik!

2. Istana Raja Sisingamangaraja 

Istana Raja Sisingamangaraja Humbahas
Istana Raja Sisingamangaraja Humbahas
Nama Raja Sisingamangaraja XII pasti sudah sering kita dengar sejak di bangku SD. Ia adalah salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Utara. Masih di Kecamatan Bakti Raja, kita bisa menemukan Istana yang dipimpin oleh Raja Sisingamangaraja I – XII tersebut. Istana ini sebenarnya sudah pernah dibakar sebanyak dua kali. Yakni pada tahun 1825 oleh pasukan Tuanku Rau (Bonjol) dan pada 1878 oleh pasukan Belanda. Lalu dibangun kembali oleh pemerintah dan masyarakat pada tahun  1978.

Pak Markoni, Guide Istana Sisingamangaraja Humbahas
Pak Markoni, Guide Istana Sisingamangaraja Humbahas
Di sini kita bisa melihat beberapa bangunan rumah khas Batak yang memiliki nama dan fungsi yang berbeda beda. Seperti Sopo Godang sebagai tempat kegiatan seni dan budaya, belajar berbagai kerajinan, dan pertemuan muda-mudi; Ruma Bolon sebagai tempat pertemuan dan menerima tamu kerajaan, Ruma Parsaktian tempat tinggal raja dan keluarga; serta Sopo Bolon sebagai tempat menyimpan peralatan dan hasil pertanian serta bahan perbekalan. 
Makam Raja Sisingamangaraja X
Makam Raja Sisingamangaraja X
Di dalam istana ini pula kita bisa menemukan makam Raja Sisingamangaraja X dan Raja Sisingamangaraja ke XI. Konon yang berada di dalam makam Raja Sisingamangaraja X hanyalah kepalanya saja, sementara badannya berada di tempat lain. Menurut cerita, Raja Sisingamangaraja X wafat karena dipenggal oleh Belanda.  

3. Air Terjun Janji

Air Terjun Janji Humbahas
Air Terjun Janji Humbahas
Air Terjun Janji juga disebut dengan Sampuren Janji. Sampuren dalam bahasa Batak berarti air terjun. Lokasi ini dahulu digunakan sebagai tempat mengucapkan sumpah oleh para raja yang akan pergi ke medan perang.  Oleh sebab itu air terjun ini dinamakan Air Terjun Janji.


Berada di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Bakti Raja, kita tak perlu jauh-jauh berjalan kaki untuk menuju air terjun ini karena letaknya yang tak jauh dari jalan raya. Bahkan kita sudah langsung bisa melihat gagahnya Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini dari tempat parkir. Di lokasi ini juga dibangun pemandian sederhana dengan air yang bersumber dari air terjun. Jernih dan segar! 

4. Tipang

Tipang Mas Restaurant Danau Toba
Tipang Mas Restaurant Danau Toba

Tipang merupakan salah satu desa yang masih berada di Kecamatan Bakti Raja. Desa ini memiliki daya Tarik wisata lingkungan dan sejarah. Memiliki hamparan sawah yang subur dan berbatasan dengan Danau Toba membuat desa ini memiliki suasana asri khas pedesaan. Selain bertani, banyak masyarakat setempat yang memiliki keramba ikan di tepian Toba. Tak salah jika olahan ikan tawar menjadi salah satu kuliner khas yang wajib disantap di desa ini.


Ada beberapa restaurant di tepian Toba yang menyajikan olahan ikan segar hasil nelayan, mulai dari ikan mas, mujair, nila, udang, dan lainnya. Yang membuatnya istimewa, sambil menikmati sajian kuliner yang lezat, kita bisa melihat panorama Danau Toba dan bukit sekitarnya secara langsung. Pasalnya restoran tersebut dibuat terapung di atas danau. Syahdu!

5. Geosite Sipinsur

Geosite Sipunsur Humbahas
Geosite Sipunsur Humbahas
Masih menawarkan panorama Danau Toba, Geosite Sipinsur merupakan spot terbaik menikmati pemandangan Danau Toba dari atas ketinggian. Memiliki luas sekitar 2 hektar, tempat ini berada di ketinggian 1.213 Mdpl. Bahkan dari spot ini kita bisa melihat beberapa kabupaten sekaligus, yakni Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tobasa, dan Samosir.
Geosite Sipinsur Humbahas
Geosite Sipinsur Humbahas
Di lokasi ini juga terdapat hutan pinus sehingga membuat suasana sekitar semakin sejuk dan asri. Selain itu, banyak fasilitas yang sudah dibangun di tempat ini, seperti restaurant, penginapan, taman bermain hingga camping ground.  Dengan fasilitas yang dimiliki membuat objek wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi kegiatan kepramukaan. Bahkan festival Danau Toba juga pernah digelar di tempat ini.


Nah, menarik bukan? Demikian beberapa objek wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Humbang Hasundutan Sumatera Utara versi www.lagilibur.com. Sebenarnya masih banyak potensi wisata lain di kabupaten ini yang masih harus dieksplor lagi. 
Kamu punya daftar lain selain yang sudah disebutkan di atas? Tulis di kolom komentar ya!



Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
Thursday, 04 October, 2018 delete

Baiklah kalau begitu secepatnya saya akan main ke Sumatera. Buahahahahahah

Reply
avatar
Thursday, 04 October, 2018 delete

Hokyaaaaa!!! Budaaaaal... wkwkwkwk

Reply
avatar
Monday, 08 October, 2018 delete

Sek tak pesan tiket pesawat kakakakkaka

Reply
avatar
Friday, 26 October, 2018 delete

Aku tergoda dengan Sipinsur, Tipang, dan Bakara. Tertarik menyelami keindahannya.

Reply
avatar
Monday, 29 October, 2018 delete

Wah, Sumut.. Salam karo gubernure ms..
Kon mundur seka ketua I$$d.. haha

Reply
avatar
Tuesday, 30 October, 2018 delete

Apik-apik kelima lokasi pilihan di Humbang Hasundutan [ namanya unik banget kedengarannya ] versi mas Aji, admin lagilibur.com

Aku paling terpesona lihat bangunan istana raja Sisingamangaraja.
Bangunannya seperti itu sih ada duplikatnya di TMII, tapi nilai historis dan suasana di perkampungan sana yang jadi nilai plus tersendiri.

Semoga kita kesampaian kesana hehehe

Reply
avatar
Thursday, 08 November, 2018 delete

Woiiiii!!! nanti ku dimarah :D

Reply
avatar
Thursday, 08 November, 2018 delete

Iya, ku juga suka istananya. Apalagi kalau masuk ke dalam. Ada aura2 gimanaaa gt. ehehehe

Reply
avatar