Wisata Jip Parangtritis Bantul, Sensasi Offroad di Medan Gumuk Pasir

Sunday, March 18, 2018

Ajakan Mba Sha untuk menjajal offroad Gumuk Pasir Bantul kala itu langsung saya iyakan. Bagaimana bisa saya menolak untuk trip bareng bocil lucu nan menggemaskan Semesta Renjana, anak lanangnya. Apalagi sudah beberapa bulan saya tak berjumpa dengan bocah yang akrab disapa Bre itu. Kawasan Gumuk Pasir sendiri bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota. Siang itu, kami berangkat dengan menumpang mobil Mas Hendra.

Offroad Jip Gumuk Pasir Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Bantul
Sebelumnya, Gumuk Pasir sudah tersohor terlebih dahulu dengan atraksi wisata olahraga sandboarding, selain wisata selfi ala-ala di gurun pasir tentunya. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat pengambilan gambar mulai video klip hingga film. Untuk menuju Gumuk Pasir, kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Pantai Parangtritis. Tak jauh dari TPR kamu bisa mulai melihat gundukan pasir di sebelah kanan. Selanjutnya, arahkan kendaraan untuk belok kanan mengikuti petunjuk jalan dan sampailah bagian depan Gumuk Pasir. Lokasinya berada antara Pantai Parangtritis – Parangkusumo.

Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Tak lama kami sampai, beberapa teman dari media mulai berdatangan. Mereka tak kalah antusias ingin mencoba atraksi wisata ini. Peralatan kamera mereka siapkan demi mendapat gambar yang maksimal. Raungan jip pun mulai terdengar bersahutan. Mulai dari hitam, kuning, merah, biru, dan warna jip lain satu per satu melaju berurutan. Bre tampak semangat sambil sesekali berceloteh yang entah apa maksudnya, tapi selalu membuat siapa saja gemas mendengarnya.
 
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Keseruan pun dimulai saat jip mulai memasuki area berpasir. Roda-roda tebal itu tampak berputar cukup kuat mencekram pasir. Genangan air sempat membuat lajunya semakin terlihat dramatis. Di luar dugaan saya, Gumuk Pasir ternyata memiliki area yang cukup luas, dengan sebagian di antaranya berupa semak & pepohonan. Bahkan saking luasnya, jalur untuk offroad di antara lorong pepohonan diberikan tanda berupa pita yang diikat pada ranting agar driver  tak salah jalan & tersesat. 

Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul

Sampai di area lapang, nampak panorama perbukitan hijau dengan latar langit biru. Rombongan kemudian berhenti sejenak, memberikan waktu seorang driver mencoba unjuk gigi dengan beberapa atraksi. Konon, memainkan offroad di medan berpasir ini jauh lebih sulit jika dibandingkan medan berlumpur atau berbatu.

Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Kembali melaju, kami diajak melewati medan yang semakin menantang. Gundukan-gundukan pasir membuat jip melaju naik turun. Teriakan demi teriakan pun mulai terdengar, pun dengan teriakan Bre yang tengah duduk di antara saya dan Mba Sha. Namun nyatanya ia masih merasa kurang tertantang untuk teriak lebih kencang. Bocah satu itu memang luar biasa nyalinya.

Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Tujuan kami selanjutnya adalah pantai. Naas, saat berada di jalan setapak, roda belakang sebelah kiri kami tiba-tiba mengeluarkan angin hingga kempes. Ban setebal itu nyatanya masih bisa terkoyak dan robek akibat tertusuk pangkal pohon yang ditebang.  Kami pun terpaksa dievakuasi menggunakan jip lain dan kembali ke titik awal.

Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Menjelang petang, kami kembali melanjutkan perjalanan. Menyusuri Pantai Parangtritis dan menikmati matahari tenggelam. Seperti biasa, pantai yang identik dengan legenda Nyi Roro Kidul ini dipenuhi oleh pengunjung. Kami melaju dengan deru di tengah keriaan mereka. Barangkali, raungan-raungan dari jip kami sedikit mengganggu kekhusyukan mereka menanti senja.

Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Offroad Jip Gumuk Pasir Parangtritis Bantul
Atraksi wisata offroad Gumuk Pasir ini sendiri terdiri dari empat paket yang bisa kamu pilih, mulai dari paket satu yang akan mengajakmu menjelajah kawasan gumuk pasir, paket dua menyusuri pantai, atau paket tiga dan empat yang merupakan gabungan keduanya. Kamu hanya perlu menyiapkan uang mulai 350 ribu per paket yang bisa dinaiki tiga hingga empat orang. Saran saya, ambil waktu menjelang sore dan mengakhiri perjalanan di Pantai Parangtritis seperti yang kami lakukan. Keelokan senja pantai ini sungguh tak pernah ingkar. 

Sunset Parangtritis Bantul
Sunset Parangtritis Bantul


Offroad Gumuk Pasir
Kawasan Gumuk Pasir
Parangtritis-Parangkusumo
Reservasi : +62 819-0316-6866


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

15 comments

Write comments
Monday, 19 March, 2018 delete

Kok gak ada jeep difoto pas sunset, keknya menarik jika di sana ada latar Jepp sama beberapa orang berbincang di depan jeep.

Reply
avatar
Monday, 19 March, 2018 delete

Wuih, tambah kece sekarang gumuk pasir ada offroad ...

Aku udah 4 kali ke gumuk pasir ini dan udah kutulis artikelnya, baru kali ini kulihat ada info offroad nya.
Barukah paket itu diadain ?.
Dan start pointnya di mana ?

Reply
avatar
Tuesday, 20 March, 2018 delete

sunsetnya keren ya, apalagi dengan pemandangan pasir pantai yang luas seperti itu..

Reply
avatar
Thursday, 22 March, 2018 delete

Sini yang berkepala dua saja belum pernah, lhaini anaknya Mbak Sha yang masih bayi udah ikutan treak treak gembira diatas jip offroad aja. Mantep djiwa...

Foto terakhir, apik mas!

Reply
avatar
Friday, 23 March, 2018 delete

Wkwkwkwk iya kelupaan. Asik fotoin bre sm mamaknya. Hahaha

Reply
avatar
Friday, 23 March, 2018 delete

Uda lama sebenernya. Cm reservasi via online aja. Titik point nya di depan gumuk pasir. Kalau mau coba, bs hub nomer di atas.

Reply
avatar
Friday, 23 March, 2018 delete

Parangtritis memang juara kalo soal senja. Hehehe syahduuu :')

Reply
avatar
Friday, 23 March, 2018 delete

Hahahah emang kepalamu yg satu mana wis? Wkwkwk kalo bre mah emg bayi ajaib. Hahaha

Reply
avatar
Monday, 26 March, 2018 delete

Seruuuuu!!
Kalo nyobain nyetir jeep nya pas di pantai boleh nggak?

Reply
avatar
Tuesday, 27 March, 2018 delete

Seru banget libuaran di pasir parangtritisnya.. Kapan kapan aku juga ingin nyoba ah :)

Reply
avatar
Wednesday, 28 March, 2018 delete

Boleh kayaknya, kalo bs mah. Wkkwkwkw

Reply
avatar
Thursday, 05 April, 2018 delete

Pas aku buka postingan ini bRe lagi disebelahku dan dia bilang "Buk ayo kesini lagi sama om" owalah le, nunggu gratisan neh ya ahahahaha.

Reply
avatar
Tuesday, 08 May, 2018 delete

Itu 350 ribu per orang apa per mobil mas? menarik untuk di coba nih kayanya :)

Reply
avatar
Wednesday, 20 June, 2018 delete

anak saya demen banget sama mobil jeep di ajak kesini pasti bahagia banget ini...

Reply
avatar