Menyantap Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok yang Mantap!

Wednesday, February 28, 2018
Kota Semarang selain memiliki destinasi wisata yang menarik, juga menyimpan banyak kuliner yang patut untuk dicoba lho. Ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang juga dikenal dengan sebutan kota lunpia ini nyatanya tak hanya memiliki lunpia sebagai ikon kulinernya. Salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat mengunjungi Kota Semarang adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang

Lokasi Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Lokasi Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok ini sangat strategis sehingga sangat mudah untuk menemukannya, yakni berada di Jl Pemuda kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di samping jembatan Mberok. Bahkan kamu bisa mencapainya dari Stasiun Tawang hanya dengan berjalan kaki sambil menikmati uniknya bangunan tua di sekitaran Kota Lama.

Dikenal Legendaris

Sedikit cerita mengenai sejarah nasi goreng babat ini, konon Pak Karmin sudah memulai usahanya sejak tahun 1971, sehingga cukup dikenal legendaris oleh para penikmat kuliner nusantara. Apalagi jika dirunut lagi, Pak Karmin mewarisi usaha tersebut dari sang ayah yang sebelumnya sudah berdiri sejak tahun 1958. 

Sederhana & Tak Pernah Sepi

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Tak ada yang istimewa jika dilihat dari tempatnya. Sebuah warung tenda yang bahkan terkesan sangat sederhana. Selain lokasinya yang berada di tepian sungai, beberapa meja juga terlihat berada di luar tenda tanpa atap yang melindungi dari panas atau hujan. Itu pun, belum tentu  semua pengunjung bisa mendapatkan bangku kosong saat jam makan, saking ramenya. Yaps, selain dikenal legendaris, warung sederhana ini memang tak pernah sepi oleh pengunjung.

Cita Rasa yang Masih Terjaga

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Rahasia kenikmatan nasi goreng babat ini tentu berasal dari resep bumbu yang tak pernah dirubah sejak dulu. Meski sekarang Pak Karmin lebih banyak berada di meja kasir dan sudah tak secara langsung menjadi juru masaknya, namun proses memasak masih dipegang langsung oleh keluarga. Sementara pegawainya hanya membantu untuk proses mengaduknya saja. Jadi, cita rasanya masih terjaga hingga kini.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang


Pilihan Isian

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Selain itu, meski warungnya dengan jelas menuliskan “Nasi Goreng Babat” namun warung ini tak hanya menyajikan babat sebagai campuran nasi goreng lho. Buat kamu yang tidak suka babat, bisa menggantinya dengan daging ayam, ampela ati, telur, atau lainnya. Saya sendiri pernah memesan nasi goreng dengan daging ayam. Rasanya tak kalah nikmat dengan nasi goreng babat yang menjadi andalannya. Bahkan, jika kamu kurang menyukai nasi goreng, kamu bisa memesan nasi putih dengan lauk babat gongso. Yang ini juga tak kalah lezat. Atau bisa juga memesan nasi goreng babat dengan ekstra babat gongso. Pokoknya, pesan suka-suka sesuai selera!


Tekstur Babat yang Empuk & Tidak Amis

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Cita rasa nasi goreng babat ini terasa mantap. Asin, gurih, pedas, dan manisnya sangat pas. Kalau kata teman saya, juru masaknya tak pelit bumbu. Nah, satu porsi nasi goreng babat ini disajikan bersama telur dadar yang membuat lidahmu semakin goyang saking mantapnya. Istimewanya lagi, tekstur babat yang menjadi bahan campuran sangat empuk, jauh dari kesan alot dan amis. Hal ini karena Pak Karmin telah merebusnya terlebih dahulu hingga 8 jam lamanya.


Salah Satu Wisata Kuliner yang Patut Dicoba di Semarang

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Semarang
Nah, jika kamu penasaran dengan rasa Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok ini, kamu bisa langsung datang mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Satu porsi nasi goreng babat, kamu hanya perlu menyiapkan uang 20 ribu rupiah saja. Murah kan? Jadi, jika berkunjung ke Kota Semarang jangan hanya mencicipi lunpia sama tahu gimbal saja ya. Kamu bisa menambahkan Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok ini ke dalam daftar wisata kulinermu di sana.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok
Jl. Pemuda, Kauman, 
Semarang Tengah
Buka : 08.00 – 22.00 WIB



Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

22 comments

Write comments
Thursday, 01 March, 2018 delete

Sesuk rep rene ah yen liburan akkakaka. Mendadak pengen dolan neng Semarang

Reply
avatar
Thursday, 01 March, 2018 delete

Bisa masukin daftar nih, kalo traveling ke Semarang.
Abis jelajah Kota Tuanya, makan enak di sini.

Reply
avatar
Thursday, 01 March, 2018 delete

Meski ngga doyan babat 😊 tapi ngeliat tampilannya .... jadi mupeng niih 😁

Ntar kapan kucoba kuicipin saat travelling ke Semarang ☺

Reply
avatar
Friday, 02 March, 2018 delete

Tak kira ning Solo ms nasgor e..
Jebul Semarang.. haha

Tapi jadi referensi kuliner kalo ke Semarang ni.. Joss

Reply
avatar
Saturday, 03 March, 2018 delete

Btw dah buka cabang belum di jakarta :)
Jadi baper, eh laper...

Reply
avatar
Monday, 05 March, 2018 delete

Tampilannya pas di wajan itu syudah menggugah selera.
Waaa tak pernah sepi ya? Apa keluarganya Pak Karmin belum berminat memperluas lapak?
Eh, Lama nggak mas nunggu masaknya?

Reply
avatar
Tuesday, 06 March, 2018 delete

Boleh di coba nih nasi goreng pak karmin kalau man ke kota semarang

Reply
avatar
Thursday, 08 March, 2018 delete

Nggak nyangka ya. Sekilas sederhana dan biasa-biasa aja, ternyata salah satu warung makan legendaris di Semarang.

Sebagai pemuja nasi goreng, aku terpanggil buat ke sini nih kalau nanti ke Semarang lagi. Btw babat gongso itu apa mas?

Reply
avatar
Friday, 09 March, 2018 delete

Cieee yg mo pake voucher hotel cieee

Reply
avatar
Friday, 09 March, 2018 delete

Wkwkwkwk aku jg gak suka babat (bentuk & baunya) tapi ini enak. Wkwkwkwk

Reply
avatar
Friday, 09 March, 2018 delete

Hahaha Solo uda kebanyakan kuliner. 😂😂😂

Reply
avatar
Friday, 09 March, 2018 delete

Belum kakaaaa, maen ke Smg aja :D

Reply
avatar
Friday, 09 March, 2018 delete

Lumayan mba. 30 menit kyknya ya, pas gak rame2 bgt. Masi wajar kok nunggunya.

Reply
avatar
Friday, 09 March, 2018 delete

Babat gongso itu babat dimasak tumis gt. Enak sih, bt yg doyan. Wkwkwkw

Reply
avatar
Saturday, 10 March, 2018 delete

Hahahaa 😅
Iyakah ngga doyan babat juga sebenernya ?.

Mungkin babat ditempat ini ngga alot kayak keset dilain warung ya ... 😁

Reply
avatar
Sunday, 18 March, 2018 delete

Ah, sepertinya enak banget ya, buktinya yang makan banyaaak banget sampai full gitu :D
Apalagi saya termasuk orang yang suka makan babat, aahahah :))
Bisa lah dicoba kalo lagi liburan kesana :D

Reply
avatar
Monday, 19 March, 2018 delete

Aku yang tinggal di Semarang aja nggak pernah nyobain nasgor nya Pak Karmin,,,

Reply
avatar
Tuesday, 20 March, 2018 delete

nasgor pak karmin terlihat enak ya, tapi sayang jauh..

Reply
avatar
Saturday, 24 March, 2018 delete

Kebetulan, akhir april ntar kesisni,,,mampir ah.

Reply
avatar
Sunday, 25 March, 2018 delete

Wkwkwkwk Semarang coret kamu berarti :D

Reply
avatar