Di Citumang, selain bisa staycation nyaman dan tenang di HAU Eco Lodges , di lokasi ini kita juga bisa menikmati satu atraksi wisata yang s...

Mencoba Body Rafting Sungai Citumang yang Menantang

Di Citumang, selain bisa staycation nyaman dan tenang di HAU Eco Lodges, di lokasi ini kita juga bisa menikmati satu atraksi wisata yang sangat menarik dan menguji adrenalin loh. Sungai Citumang memang  masih menjadi daya tarik utama untuk wisatawan yang berkunjung. Selain jernih, debet airnya pun cukup stabil sehingga aman jika digunakan sebagai lokasi atraksi wisata air, seperti body rafting.

Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Untuk mencoba body rafting di Sungai Citumang ini kita hanya perlu membayar mulai dari 85 ribu rupiah saja, harga yang ditawarkan memang berbeda-beda tergantung paket dan fasilitas di dalamnya. Jika dari HAU Eco Loudges, untuk menuju titik start body rafting, kita perlu berjalan kaki sekitar 1,5 km. Jalan setapak yang rindang  selama perjalanan tak akan membuat kita bosan. Apalagi sesekali terlihat Sungai Citumang yang jernih berwarna tosca tersaji di depan mata.

Sampai di lokasi, sebelum memulai body rafting kita dapat mencoba fish spa. Kebetulan, saya dan rombongan yang terdiri dari teman-teman travel blogger saat itu harus mengantre karena ada rombongan lain baru memulai petualangannya. Jadilah kami ada kesempatan untuk mencoba fish spa tersebut. Tampak beberapa teman tanpa ragu memasukkan kakinya ke dalam air yang berisikan ikan “penggelitik” tersebut. Ada pula yang sama sekali tak ingin mencoba sensasinya karena tak tahan geli. Sementara saya, meski awalnya kaki naik-turun-naik-turun ganteng, tapi akhirnya bisa juga merasakan kenikmatannya.

Fish Spa Body Rafting Sungai Citumang
Fish Spa Sungai Citumang
Dan, petualangan air kami dimulai. Kang Ajum, pemandu kami yang sekilas mirip dengan sule membawa kami ke mulut goa setelah sebelumnya memberikan sedikit briefing. Di mulut goa ini kami langsung diberikan tantangan untuk melombat dari ketinggian. Tak tanggung-tanggung, mulai dari 3 - 7 meter bisa kami pilih sendiri dengan memanjat tebing sungai yang ditumbuhi akar pepohonan. Sudah bisa ditebak berapa orang yang berani menjawab tantangan ini. Seingat saya, hanya Khairull yang berani melompat dari titik paling tinggi, sementara Mas Nuz yang awalnya paling antusias naik ke atas akhirnya memilih turun teratur dan melompat dari ketinggian 3 meter. Lalu ada pula Kang Gery tetap bertahan nangkring tak kunjung melompat hingga akhirnya berujung pada lompatan 2 meter saja. Saya? Jangan tanya. Paling kenceng menyoraki mereka. *keplak*

Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Sungai Citumang ini memiliki kedalaman yang bervariasi, mulai dari semata kaki hingga sekitar 5 meter. Saat sedang asik berenang, sesuatu menggelitiki kaki kami. Belakangan, kami tahu jika ikan yang sama saat kami fish spa juga berkembangbiak di sini. Duh, geli-geli mau lagi. *eh*

Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Mulai dari berenang, menghanyutkan diri, hingga melompat pada ketinggian kami lakukan selama perjalanan. Meski ada yang tak bisa berenang tak membuat kami cemas, karena life jacket yang kami kenakan membuat kami  tetap mengapung. Cukup aman, meski tetap harus berhati-hati. Pada satu titik bahkan kami harus melompat dari atas air terjun dengan ketinggian sekitar 3 meter, lalu juga melompat dari atas ayunan. Waaa seru!

Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Sampai pada arus yang tenang, kami membuat barisan memanjang dengan saling memegang kaki teman dibelakangnya. Di posisi paling depan ada Kang Ajum yang menarik barisan kami, sementara kami cukup diam mengikuti arus sambil menikmati damainya suasana Sungai Citumang siang itu. Gemericik air dan kicauan burung sesekali terdengar begitu syahdu.

Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Beberapa kali barisan kami putus saat melewati bebatuan yang dangkal. Kapal karam kapten! Hahaha tak jarang pula barisan oleng karena kurang keseimbangan. Sampai di bendungan, kami bergandengan tangan dan membuat posisi memutar. Saya kira, ini merupakan akhir dari perjalanan kami. Ternyata masih ada satu lagi jalur yang harus kami lewati. Semacam selokan, tak terlalu lebar dan dalam. Namun tetap seru dilewati dengan posisi berbaris seperti sebelumnya. Total sekitar 2 jam kami melakukan body rafting ini hingga titik finish. Tak terasa memang, mengingat selama perjalanan kami benar-benar menikmati keseruannya. Bahkan, jika melihat foto-foto keseruan kami, rasanya ingin mengulangnya lagi. Semoga ada kesempatan.
  
Body Rafting Sungai Citumang
Body Rafting Sungai Citumang
Baca Juga :

15 comments:

  1. Mauuuu, kalo lompat-lompat ginian aku mau. Itu yang dari air terjun mini seru juga ya. Airnya seger banget, pengen slulup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mba, cebur-able yes? xixixi bre diajakin nyebur jg seru keknya. :D

      Delete
  2. Seruu banget ya bisa main di sungai yang jernih. Ajii, ayoo terjun! jangan tereak2 aja hahhaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk saya tim hore aja teh kalo soal loncat meloncat. hahaha

      Delete
  3. indah sekali, pengen cobaain ke sana, kayaknya seru banget airnya seger n bersih. mau dong ikutan kesana ?

    ReplyDelete
  4. Nyenengin banget sih tempatnya...asyik itu body rafting..

    ReplyDelete
  5. Udah pernah main ke sini, tapi gak nyobain body rafting-nya. Waktu itu masih cemen banget main air beginian. Senengnya lari aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha padahal kalo nyobain pst ketagihan. hehhee

      Delete
  6. Pas Fish Spa ikan-ikan yang singgah di kakimu pada ga keracunan apa ya mas? Coba dicek lagiii :p
    Airnya menggoda iman begitu tosca-tosca gemericik. Dan untuk rute body raftingnya ga mboseni ya? adaaa aja "sesuatu" di tiap pemberhentian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk ga tau deh. Langsung mabok kali yah. hahahasyeem
      Iya, kirain bakal boring, gitu-gitu aja. Tp banyak atraksi ternyata.

      Delete
  7. Cuuzzzz...
    Langsung masuk booklist to do 2018

    ReplyDelete
  8. Deuuh aku pengen liat kowe gelandotan ala tarzan terus kecebur, pasti langsung asat wkwkw.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)