Waktu sudah menunjukkan pukul 12 lewat. Bus yang kami tunggu belum juga terlihat, padahal jika sesuai itinerary bus seharusnya datang jam 1...

Rafting Sungai Bogowonto; Wisata Seru di Kota Purworejo

Waktu sudah menunjukkan pukul 12 lewat. Bus yang kami tunggu belum juga terlihat, padahal jika sesuai itinerary bus seharusnya datang jam 11 siang. Saya dan Mas Ardian sudah berada di suatu kedai di Kota Purworejo untuk menunggu rombongan teman-teman travel blogger peserta famtrip yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Jawa Tengah. Rencananya, kami akan explore beberapa destinasi wisata di Purworejo - Kebumen selama 3 hari. Berhubung kami terlalu jauh jika datang ke meeting point di Semarang, jadilah kami berdua menunggu di Purworejo. Tak lama, bus yang kami tunggu-tunggu tiba. Kami saling menyapa & berkenalan. Total ada 18 travel blogger yang berasal dari berbagai daerah. Beberapa orang memang sudah saya kenal sebelumnya, sedangkan beberapa orang lainnya baru saya kenal di famtrip kali ini. Selesai beramah tamah, kamipun segera bersiap ke destinasi pertama, yakni rafting di Sungai Bogowonto. 

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Sebuah angkot mengantarkan kami ke titik start, sekitar 15 menit dari kedai. Sampai di tempat yang dimaksud, trip leader kami bernama Mas Yudi memberikan sedikit briefing tentang aturan selama rafting sekaligus melakukan pemanasan agar tidak mengalami kram selama rafting. Sayang, safety procedure yang disampaikan Mas Yudi sangat minim sehingga banyak aturan yang masih belum tersampaikan. Sangat berbeda saat saya rafting di Sungai Elo Magelang. Bagi pemula yang baru pertama kali melakukan rafting tidak ada salahnya jika mencari tahu terlebih dulu aturan-aturan saat rafting. Hal ini meminimalisir jika saja briefing yang disampaikan skipper masih kurang lengkap.


Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Dengan jumlah peserta 18 orang, kami dibagi atas 3 perahu yang masing-masing membawa 6 orang peserta. Saya sendiri bersama Irzal (kompas travel), Mas Ardian (Ardiankusuma.com), Vanisa (vanisadesfriani.com), Pak Darta (Dinporapar Jateng), dan Nanda (pejalanransel.com). Kami juga ditemani oleh seorang skipper (pemandu) bernama Mas Sayful. Perahu kami melaju paling terakhir meski kemudian bisa mengejar kedua perahu di depan kami. Air yang cukup tenang dengan sedikit jeram-jeram kecil sangat mudah kami lalui bahkan terkesan membosankan, bahkan kami sempat arisan di atas perahu. #yakalik Tak heran jika saya sendiri sedikit takabur dan menganggapnya sebagai rafting yang tidak menantang. Yah, minimal ini berlaku sampai di sebuah bendungan/DAM. 

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Untuk melewati DAM ini kata Mas Sayful kami harus melihat terlebih dahulu debit air. Jika dirasa terlalu tinggi, maka kami harus menepi dan melewati bendungan tersebut via darat, dan siang itu kami harus melakukan cara ini. Sambil menunggu skipper memindahkan perahu, kami sempatkan untuk berfoto. #tetep

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Kembali melaju, ternyata rafting/arung jeram yang sebenarnya baru dimulai. Kami sampai di sebuah jeram, 1 perahu di depan kami sempat memutar meski kemudian bisa melenggang dengan selamat sentosa. Giliran perahu yang saya tumpangi. Teriakan demi teriakan menambah suasana siang itu semakin seru. Tapi tidak berlangung lama, beberapa menit setelahnya teriakan itu tenggelam. Tengelam dalam air. Eh, maksud saya suara saya yang tenggelam sekaligus tubuh saya. Yang terdengar hanya gemericik air, yang terlihat hanyalah gelap, dan yang terasa hanyalah air asin. Asin? Iya, air sungai itu sedikit asin. Tidak percaya? cobalah beberapa teguk saja. 

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Tak sulit untuk kembali ke permukaan. Life jacket/pelampung yang saya kenakan sangat membantu. Saat buka mata, saya sudah berada beberapa meter dari perahu karena hanyut oleh arus. Segera mungkin saya berusaha untuk menepi, namun teman-teman di atas perahu berinisiatif melempar tali untuk saya tangkap untuk kembali ke perahu. Susah payah saya berusaha menggapainya dengan berenang mendekatinya. Sial! karena melawan arus, sekuat apapun saya berusaha berenang, nyatanya saya hanya berenang di tempat.

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Masih dengan nafas yang terengah-engah, kami kembali mengayuh perahu. Tak lama kemudian sebuah jeram kembali menantang kami. Perahu sempat terombang ambing beberapa kali. Kanan, kiri, maju mundur, dan... blup! blup! blup! Lagi-lagi yang terdengar hanya suara air. Tak lama setelah naik ke permukaan saya lihat perahu sudah tengkurap. Yap, perahu kami terbalik. Kali ini semua penumpang jatuh ke dalam air. Yes! Adil. #eh

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo

Ada yang berpegangan di tepian perahu, ada yang terjebak di bawah perahu, dan ada pula yang hanyut oleh arus. Kami berusaha untuk menepikan perahu sambil menghitung personil. Enam personil lengkap, alat pun juga tak ada yang hilang. Syukurlah. 

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Saya sempat keheranan, dari ke tiga perahu hanya perahu kami yang jatuh hingga terguling. Entah karena keberatan muatan atau keberatan dosa. Hiks Selesai beristirahat, kami pun kembali melaju dan siap menantang jeram-jeram lain selanjutnya. Sayang, sudah membara semangat kami untuk menakhlukan jeram, ternyata perahu sudah sampai di titik finish! Yah, penonton kecewa... (padahal bersyukur sih). :D

Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Rafting Sungai Bogowonto Purworejo
Sekedar informasi, rafting Bogowonto ini sudah mulai dibuka sejak tahun 2013 lalu, namun belum sepopuler dengan rafting Sungai Elo/Progo di Magelang. Saat ini masih terus dikembangkan & dibenahi agar semakin dikenal oleh masyarakat khususnya pecinta rafting/arung jeram ini. Rafting Sungai Bogowonto ini memiliki grade mulai 3, jadi cocok bagi para pemula. Jalurnya pun beragam, dimulai dengan 5 km dengan tarif 650k/perahu (berisi 6 orang), 7 km dengan tarif 750k/perahu dan 12 km dengan tarif 1jt/perahu. 

Nah, bagi pemula beberapa hal berikut bisa dipersiapkan sebelum melakukan rafting/arung jeram :
  1. Kenali kemampuan diri. setiap jalur rafting memiliki grade berbeda, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan. Jika masih pemula/baru pertama kali pilih jalur dengan grade yang rendah.
  2. Pakai standart peralatan rafting. Pelampung dan helm merupakan peralatan yang wajib dikenakan. Jika memakai alas kaki pilihlah sendal gunung/sepatu yang sesuai.
  3. Lihat kondisi. Kondisi alam terkadang tak terduga. Misalnya mendadak hujan, atau debit air sungai mendadak naik. Ini biasanya terjadi saat hulu turun hujan. Sebaiknya hentikan aktifitas.
  4. Amankan barang berharga seperti dompet, HP, dll. Tinggalkan barang tersebut sebelum melakukan rafting. Jika terpaksa dibawa, masukkan dalam plastik/dry bag.
  5. Pastikan badan dalam kondisi yang sehat dan fit.
  6. Pahami tentang cara, teknik, dan instruksi yang diberikan saat safety talk sebelum memulai kegiatan. Biasanya skipper akan menjelaskan berbagai safety procedure dan self rescue.

Rafting Sungai Bogowonto
PIN BB : 2A8C0426
WA : 08157953871
Facebook : /RAFTINGBOGOWONTO

37 comments:

  1. pertamaaaaxx
    wakakaka ncen koyone perahu mu kabotan beban kak, anu beban masa lalu :p

    ReplyDelete
  2. wahahaha seriusan mas jatoh dua kali? sempet minum air sungai pula. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga sih, pura2 aja jatuhnya, biar seru. #yakalikkk -_-

      Delete
  3. Wah seru ki. Iki mesti lantaran perahu mu kabotan(kamu). Wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Situ kalau jatuh itu malah bagus, jadi mengurangi beban perahu. *Ups kakakakakkaa

    Memang asyik sih main rafting asat air melimpah plus musim ujan. Paling capeknya terasa ketika udah kelar hahahahah

    ReplyDelete
  5. Aku yang orang Purworejo malah belum pernah. Poor me. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk Purworejo coret km mak 😂😂😂

      Delete
  6. Gara-gara kamu jadi terbalik, pokoknya gara-gara kamu hahaha

    ReplyDelete
  7. saiki tuman yo jalan jalan karo dinpar :))

    ReplyDelete
  8. ke sungai progo aja belum pernah, ini ada tempat rafting lagi :D keren-keren....seru juga ya bisa gabung sama travel blogger lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulane mas....melu....kwakwakwakw

      Delete
    2. Hihihi cobain smua mas. Elo & serayu jg jgn lupa 😂😂😂

      Delete
  9. Ji, kamu terlalu gaul sama emak2 nih. Lagi rafting sempet2nya arisan, qaqaqa.
    Lain kali bawa bekel minum yang banyak ya, kesian air sungai coklat gitu diminum

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Wkwkwkwk iya sih. Hahhaa kabar bagusnya, jg punya cerita bt di tulis. 😂😂😂

      Delete
  11. saya juga pengen banget rafting... seru ya pastinya .. apalgi yg di arum jeramnya... waw,.. pasti menantang banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan coba mumpung masih musim hujan, arus deras lebih menantang 😂😂😂

      Delete
  12. sebagian besar Komentar sepertinya memang merepresentaiskan dirimu Mas...hawhwahwlalwa

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Ntapppp jiwaaaa 😂😂😂

      Delete
  14. kalo dilihat sekilas persis sungai progo di magelang hihi jadi kangen famtrip jateng :)

    ReplyDelete
  15. Moso di atas perahu yo sempet2 e arisan :p wkwk
    Seruuu mas, yang penting nggak sampai terhanyut oleh masa lalu :D

    ReplyDelete
  16. baru tau kalau sungai bogowonto bisa buat rafting..
    perahu terbalik ki biasa mas..sik penting selamat xixixi..
    *salim sama blogger idolak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idolak cilik maz? wkwkwkwk ngokkkk :p

      Iya, baru tau kan? cuzzz cobain maz :D

      Delete
  17. Hahaha, kalau gak ngguling kurang seru ji.
    Kalau aku masih mikir kalau hrs rafting.
    Nyobain tubbing dulu di sungai yg kecil. Qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk iya sih, kalau gak ngguling ga punya bahan tulisan mak. wkwkwk cuss buruan coba mak, tubing2 syantikkk dl :D

      Delete
  18. seru ya, cuma kalau bagi pemula kayaknya harus benar-benar hati-hati ya, tapi kalau aku sih emang dasarnya gak berani main arum jeram.. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)