Makan Siang Bareng Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja

Jumat, Januari 12, 2018
Jika kalian berkunjung ke Kota Jogja, kuliner apa yang langsung ada di pikiran kalian? Gudeg? Pasti. Tapi pernah juga gak sih, saat berada di kota ini ingin mencicipi kuliner khas desa yang sekarang ini sudah jarang kita temukan? Makanan desa yang saya maksud, adalah sajian makanan yang biasa kita jumpai di kampung atau desa. Jika kita susun daftarnya mungkin satu buku tak cukup lho saking banyaknya. Barangkali kita masih bisa menemukan beberapa di antaranya setiap hari sekalipun tinggal di kota. Namun apa semua itu akan tersaji secara bersamaan dan dengan cita rasa yang benar-benar ndeso?

Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Sebut saja beberapa sayur seperti sayur lodeh, sayur daun singkong, perkedel singkong, atau minuman macam beras kencur, kunyit asem, dawet, dll. Yang lebih ngangenin lagi adalah beragam jajanan pasar yang entah berapa jumlahnya seperti serabi, cenil, ketan, grontol, sawut, tiwul, dan yang lainnya. Jujur, saya yang masih tinggal di kampung saja sudah jarang menemukannya meski kalau niat cari di pasar tradisional sepertinya masih  ada. Tapi terkadang itu menjadi semacam "PR", harus blusukan ke pasar yang biasanya ada hanya pagi hari. Dasar pemalas aja sih. Maunya itu makan di satu tempat tapi sudah ada semua tinggal comot sana sini ya kan? Anak zaman sekarang.

Buffet Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Buffet Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Ngomong-ngomong soal menu ala desa ini, sekarang kita bisa menikmatinya di Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja lho. Namanya Buffet Pak Kades (Paket Kampung Desa) di mana paket ini merupakan konsep makan siang ala buffet dengan varian menu tradisional. Mulai dari appetizer, main course, hingga dessert semuanya ala kampung desa, all you can eat!

Selain menu yang dihadirkan sangat kental dengan nuansa tradisional, pengolahannya pun dijamin higienis dengan bumbu rempah pilihan, serta penyajian yang naik kelas. Dengan konsep buffet, kita bebas memilih makanan sesuai selera. Mulai dari nasi goreng pete, sayur lodeh, empal, ayam goreng kampung, es campur, beras kencur, aneka jajanan pasar, dan masih banyak lagi.

Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Favorit saya adalah empal dan pergedel kentang. Menu yang biasa dan masih mudah didapat memang. Tapi cita rasanya juara. Empal dagingnya empuk dan terasa bumbu rempahnya. Pun dengan pergedel kentangnya. Pilihan lain yang tak boleh dilewatkan tentu adalah beras kencur & aneka jajanan pasar. Sebagai penggemar beras kencur garis keras, saya wajib mencicipinya. Rasanya tak mengecewakan meski sedikit berbeda dengan beras kencur yang biasa kita jumpai di mbok-mbok jamu. Masih favorit sih tapi. Ehehe

Beras Kencur Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Beras Kencur Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Sementara untuk jajanan pasar, saya yakin kamu kebingungan memilihnya. Mulai dari serabi, ketan hitam, cenil, grontol, sawut, dan masih banyak lagi pilihannya. Yang jelas, kamu bisa menikmati menu-menu ndeso ini dengan nuansa yang asri hingga lupa sedang berada di tengah kota. Bagaimana tidak, restonya terintegrasi dengan pool yang berada tepat di belakangnya dengan pepohonan hijau nan rindang. Gemericik air dan hijaunya pepohonan itu yang membuat siapa saja lupa jika hotel ini berada di tengah Kota Jogja.

Jajanan Pasar Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Jajanan Pasar Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Serabi Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Serabi Pak Kades Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja
Untuk menikmati paket Buffet Pak Kades (Paket Kampung Desa) ini, kamu cukup datang ke Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja setiap hari dari jam 12 siang hingga jam 3 sore dengan membayar IDR 60k nett/pax saja. Jadi, ke Kota Jogja tak hanya gudeg saja kan menu makanannya? Beragam sajian ala kampung desa ini bisa menjadi pilihan alternatif makan siangmu.


Jambuluwuk Malioboro Hotel
Jl. Gajah Mada 67 Yogyakarta
12.00 - 15.00 WIB
IDR 60k nett/pax
Phone : +62 274 585655


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Sabtu, 13 Januari, 2018 delete

Ciehhh sekarang foto autoskin-nya keren buahahahhahhaha.
Madang wae rak ngajak-ngajak :-(

Reply
avatar
Senin, 15 Januari, 2018 delete

Cieee muji aku. Wkwkwkwk heh itu hari kerja heh! Kayak mau bolos aja :p

Reply
avatar
Selasa, 16 Januari, 2018 delete

Asyik juga tuh nikmati kuliner-kuliner yang mulai dilupakan zaman.

Reply
avatar