Sejenak Menikmati Keindahan Pantai Menganti & Sawangan Adventure

Jumat, April 07, 2017
Setelah puas explore keindahan Desa Wisata Benowo di Purworejo, siang itu kami melanjutkan perjalanan ke Kota Kebumen. Tujuan pertama kami adalah Pantai Menganti. Pantai ini berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai Menganti dikenal sebagai salah satu pantai yang indah di Jawa Tengah dan semakin populer di media sosial karena keindahannya. Tak hanya memiliki pantai dengan pasir putih yang indah, Pantai Menganti juga memiliki pemandangan perbukitan hijau dan tebing karst yang memesona. Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam, bus yang kami tumpangi akhirnya sampai di Pantai Ayah. Tak sempat menikmati suasana pantai ini, karena bukan Pantai Ayah tujuan kami. Dua mobil bak terbuka yang dimodifikasi dengan tempat duduk sudah menunggu untuk mengangkut kami ke Pantai Menganti. Melewati jalan yang lebih sempit dengan akses yang naik turun kami melanjutkan perjalanan sekitar 30 menit. Dan sore itu kami sampai di Pantai Menganti.

Lembah Menguneng Pantai Menganti Kebumen
Lembah Menguneng Pantai Menganti Kebumen
Nama Pantai Menganti diambil dari cerita sejarahnya yang konon dulu ada seorang panglima perang dari Kerajaan Majapahit yang kabur ke pesisir selatan dan berjanji untuk bertemu dengan sang kekasihnya di pantai berpasir indah karena hubungan keduanya tak di restui. Sayang, sudah lama sang panglima menanti, kekasihnya tak kunjung datang. Tempat dimana panglima menanti ini lah akhirnya dinamakan Pantai Menganti. Pantai menganti memiliki banyak spot menarik yang unik dan tidak banyak dimiliki oleh pantai lainnya. Sebuah papan menunjukan keberbagai arah dimana spot-spot tersebut berada. Sore itu waktu sudah menunjukan pukul 4 sore sehingga tak akan banyak spot yang bisa kami kunjungi, hanya beberapa di antaranya saja. 

Pantai Menganti Kebumen
Pantai Menganti Kebumen


Lembah Menguneng

Lembah Menguneng Pantai Menganti
Lembah Menguneng Pantai Menganti
Lembah menguneng adalah salah satu spot di Pantai Menganti yang wajib dikunjungi. Bagaimana tidak, di spot inilah banyak foto-foto kece yang bersliweran di media sosial khususnya instagram dan bikin siapapun yang melihatnya terkagum dengan keindahannya. Lembah Menguneng menawarkan view perbukitan hijau yang indah dan Samudra Hindia dari ketinggian. Terdapat pula gazebo-gazebo yang dibangun di sela-sela lembah yang semakin membuat betah para pengunjung menikmati pamandangan di Lembah Menguneng. Ditambah lagi dengan angin sepoi dan rerumputan yang hijau, rasa-rasanya ingin gegulingan seharian. Sayang, kami tak punya waktu banyak untuk melakukan hal tersebut, karena kami harus berpindah ke spot berikutnya untuk mempersingkat waktu.

Jembatan Merah Gebyuran

Jembatan Merah Gebyuran Pantai Mengant
Jembatan Merah Gebyuran Pantai Mengant
Jembatan Merah Gebyuran juga salah satu spot menarik di Pantai Menganti. Jembatan ini dibangun di atas karang-karang pantai yang menjorok ke laut. Dinamakan jembatan merah karena jembatan ini di cat dengan warna merah yang sangat kontras dengan warna sekitarnya sehingga sangat terlihat sangat cerah dari kejauhan. Tempat ini juga cocok dijadikan spot menanti datangnya matahari terbenam, karena posisinya yang menghadap ke arah barat. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat favorite untuk melakukan swafoto.

Pantai Menganti sendiri sudah memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari parkir yang luas, toilet, warung makan, mushola, homestay, dll. Waktu sudah semakin sore. Kami mempersingkat waktu dengan tidak mengunjungi spot lain di pantai ini, namun kami masih sempatkan untuk mengunjungi tempat yang tak kalah indah namun tak begitu jauh, yakni ke Sawangan Adventure.

Sawangan Adventure

Sawangan Adventure sebenarnya sudah tidak dalam satu kawasan dengan Pantai Manganti namun masih dalam satu garis pantai, tepatnya masuk wilayah Dusun Nagasari, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Saya masih ingat kata guide kami saat itu, tidak afdol rasanya jika ke Pantai Menganti tidak mampir ke Sawangan Adventure ini. Sawangan Adventure sendiri dikelola oleh warga sekitar yang tergabung dalam pokdarwis (kelompok sadar wisata). Kami kembali menumpang mobil bak terbuka yang sebelumnya mengantarkan kami. Sekitar 10 menit arah kembali ke Pantai Ayah. Sawangan Adventure ini menawarkan paket wisata yang lengkap. Mulai dari Curug Sawangan, Goa Siwiwi, Goa Karangduwur, Pantai Nogosari, Bukit Nogosari, dll. Kami harus berjalan kaki dari area parkir, melewati jalan setapak, menapaki tangga bambu, dan melewati camping ground. Tak terlihat pengunjung yang sedang camping sore itu, kamipun sampai di atas tebing dengan pemandangan yang "waw".

Sawangan Adventure Pantai Menganti
Sawangan Adventure
Sawangan Adventure Pantai Menganti
Sawangan Adventure
Laut lepas Samudra Hindia terlihat begitu luas, dengan tebing dan berbukitan hijau di sepanjang pantai. Di bagian paling atas, terdapat papan kayu yang di bentuk tulisan "i love u" dan menjadi daya tarik wisatawan untuk swafoto, dan masih ada pula Bukit Sumber Angin dengan jembatan bambu yang tak kalah menarik. 

Sawangan Adventure Pantai Menganti Kebumen
Sawangan Adventure
Kami sedikit kecewa karena saat itu cuaca kurang bersahabat, hujan terlihat turun deras di tengah samudra sehingga sunset tidak nampak sore itu, Pulau Nusa Kambangan yang seharusnya telihat saat cerah juga hanya samar saja. Semakin kecewa saat guide kami mengatakan jika kami datang lebih siang maka bisa mencoba mengunjungi air terjun sawangan yang katanya air jatuh dari gua, atau bisa juga mencoba caving gua yang di dalamnya terdapat semacam telaga. Arrrgh! sayang, kali ini kami harus cukup puas dengan foto di spot ini sambil menikmati sunset yang redup itu. 

Bukit Sumber Angin Sawangan Adventure
Bukit Sumber Angin Sawangan Adventure
Hari semakin petang, hujan yang tadi kami lihat di tengah samudra terlihat mendekat dan langit semakin meredup. Kami segera turun ke area camping ground untuk beristirahat dan menikmati beberapa makanan yang telah disiapkan. Belum habis air mineral di botol yang saya tenggak, hujan mendadak turun dan membuat kami kalang kabut berlarian menuju tempat parkir yang ada di bawah untuk kembali melanjutkan perjalanan. Keindahan Pantai Manganti dan Sawangan Adventure pun harus kami nikmati dengan waktu yang sangat singkat. Banyaknya spot yang belum kami kunjungi mengartikan bahwa kami harus kembali lagi suatu saat nanti. Semoga.


*Tulisan ini masih bagian dari catatan perjalanan Familirization Trip: Explore Purworejo & Kebumen yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah pada 15 - 17 Februari 2017


Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
Jumat, 07 April, 2017 delete

Lha kok sedelok tok, waaah kurang puas to

Reply
avatar
Sabtu, 08 April, 2017 delete

Pemandangannya indaah..dua kali ke Kebumen, blom halan-halan huhu piluuh..

Reply
avatar
Sabtu, 08 April, 2017 delete

Tak kasih tau ya, di sini itu paling asyik kalau sama pacar. Sana cari pasangan hahahahhaha

Reply
avatar
Minggu, 09 April, 2017 delete

Wahhh.. pemandangannya keren banget..
apalagi pas sunsetnya euyy..

Reply
avatar
Selasa, 11 April, 2017 delete

Iya, pan kapan dibaleni dewe... wkwkwk

Reply
avatar
Selasa, 11 April, 2017 delete

Yah sayang bgt mba. Ayok sana lg khusus hayan2. wkwkwk

Reply
avatar
Selasa, 11 April, 2017 delete

Gak ah, kalo pacaran ke GK aja yg deket. *eh :D

Reply
avatar
Selasa, 11 April, 2017 delete

Tp masih kurang kece sunsetnya itu mba, karena mendung. Hehee

Reply
avatar
Jumat, 21 April, 2017 delete

Menganti dari kata menanti? Kok ceritanya kayak maksa gitu, hihi. Kayu bentuk I love U kayaknya lagi tren ya? Di Malang, Jawa Timur, juga ada. Ah jadi pengen nikmati pantai lagi nih sambil pakai sunblock yg belu di priceza.co.id kemarin. Sekali2 coba ke pantai Jawa Tengah rekomendasi kamu ini

Reply
avatar
Jumat, 21 April, 2017 delete

Pemandangannya!!! Tiada kata untuk mendeskripsikannya!!!
Saya mesti kesini nih!

Reply
avatar
Selasa, 25 April, 2017 delete

Woh, menganti itu artinya menanti ternyata, kukira mengganti. Terus pas lihat jembatan merah jadi ingat usualan ganti warna cat merah, difoto memang keren ternyata kalau kontras gitu. Kalau ke Menganti lagi ajak aku, ya.

Reply
avatar
Rabu, 10 Mei, 2017 delete

Hahaha Entahlah, tp seperti itu cerita yg aku dengar. Hehehe Iya, spot foto sperti itu lg trend dimana2 ada. :D

Reply
avatar
Rabu, 10 Mei, 2017 delete

Langsung packing gih. hihihi

Reply
avatar
Rabu, 10 Mei, 2017 delete

Iya, pemilihan warna cat sangat pengaruh ya di kamera. hihihi yuk, kapan? :D

Reply
avatar
Jumat, 16 Juni, 2017 delete

Tempatnya keren banget .
Cocok di kunjungi tuh

Reply
avatar
Selasa, 26 September, 2017 delete

Emm lokasinya bagus untuk cari foto pemandangan,...

Reply
avatar