Sudah tahu kan Epice Restaurant dari Alila Hotel Solo punya paket buffet dinner setiap Jumat dan Sabtu. Ini pernah saya singgung di tulisa...

Little India Epice Restaurant; Sajian Kuliner ala India dari Alila

Sudah tahu kan Epice Restaurant dari Alila Hotel Solo punya paket buffet dinner setiap Jumat dan Sabtu. Ini pernah saya singgung di tulisan saya di sini. Paket buffet dinner ini memanjakan para tamu dengan beragam sajian yang bisa dipilih mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Menariknya, sajian yang dihidangkan merupakan kuliner khas dari suatu negara, dan akan berganti konsep setiap 2 bulan sekali. Hal ini selain membuat para tamu tidak merasa bosan dengan sajian yang sama, juga dapat memperkaya referensi tentang kuliner dari satu negara ke negara lainnya. Misalnya, setelah awal tahun lalu Epice mengusung tema kuliner timur tengah, pada bulan Maret hingga April nanti Epice menghadirkan sajian kuliner dari tanah hindustan aka India. 

Epice Restaurant Alila Hotel Solo
Epice Restaurant Alila Hotel Solo
Senang rasanya saat saya berkesempatan diundang untuk mencoba buffet dinner dengan konsep ala India ini. Bagaimana tidak, India memiliki segudang kuliner khas seperti di negara kita. Seperti halnya di Indonesia,  setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing yang juga kaya rasa dengan bumbu rempah yang melimpah. Hal ini yang membuat saya semakin penasaran untuk mencicipi cita rasanya. Apalagi serial drama India yang banyak bersliweran di TV nasional sering menayangkan berbagai sajian kulinernya tersebut membuat kuliner India semakin populer terdengar di telinga. Sebut saja biryani, naan, papadum, tikka masala, dosa, pani puri, dll. Nah, di buffet dinner dari epice restaurant ini juga menyajikan puluhan kuliner India tersebut. Saking banyaknya, saya tidak mampu menghafalnya. Tapi, dari berbagai macam pilihan itu, ada beberapa menu yang menjadi andalan. Berikut diantaranya :

1. Chicken Tikka Masala

Chicken Tikka Masala Epice Restaurant
Chicken Tikka Masala Epice Restaurant
Dari tampilannya seperti curry merah namun kental dan berminyak seperti rendang. Bagi yang tidak suka pedas melihat penampilannya pasti sudah dibuat ciut. Namun tenang saja, rasa chicken tikka masala ini tak sepedas tampilannya. Chicken tikka masala ini memiliki rasa yang kaya rempah. Bayangkan saja rasa rendang namun dengan daging dada ayam dan ada sedikit pedas, namun sangat tipis. Yaps, pedasnya sangat tipis. Bahkan buat saya hampir tidak terasa sama sekali. Nah, pedas dari chicken tikka masala ini berasal dari sedikit cabe dan paprika. Tapi sepedas-pedasnya masakan India masih jauh lebih pedas masakan kita. Nah, yang membuatnya mirip rendang adalah banyaknya rempah-rempah yang digunakan seperti jinten, kapulaga, pala, cabe rawit, jahe, dll. Bedanya, di sini ditambahkan yogurt, mentega, paprika, dll. Cara menikmati chicken masala ini disantap dengan roti naan. 

Chicken Tikka Masala Epice Restaurant
Chicken Tikka Masala Epice Restaurant

2. Lamb Roghan Josh

Lamb Roghan Josh Epice Restaurant
Lamb Roghan Josh Epice Restaurant
Kuliner yang satu ini juga mirip dengan rendang. Bahkan dari segi tampilan dan teksturnya semakin mendekati. Berbeda dengan chicken tikka masala yang berwarna merah dan menggunakan daging ayam, lamb roghan josh ini berwarna kecoklatan dan menggunakan daging kambing. Namun bumbunya tak begitu kaya rempah. Lamb Roghan josh hanya menggunakan garam, bawang merah, bawang putih, jahe, madras kari, kunyit, daun salam, tomat halus, yoghurt, dan garam masala. Rasanya di dominasi dengan rasa asin. Kemungkinan karena kuliner ini menggunakan 2 macam garam. Selebihnya rasa daging kambing yang kentara. Sama seperti chicken tikka masala, cara menikmati lamb roghan josh ini makin mantap disantap dengan roti naan.

Lamb Roghan Josh Epice Restaurant
Lamb Roghan Josh Epice Restaurant

3. Mango Sandesh

Mango Sandesh Epice Restaurant
Mango Sandesh Epice Restaurant
Salah satu dessert yang menjadi andalan di buffet dinner epice restaurant kali ini. Mango sandesh ini terbuat dari keju yang berasal dari susu sapi dan diuleni dengan gula dan mangga yang dihaluskan. Rasanya didominasi manis, dengan rasa susu dan mangga. 

Mango Sandesh Epice Restaurant
Mango Sandesh Epice Restaurant

Selain ketiga menu andalan tersebut, kita juga dapat menemukan berbagai macam kuliner khas India lainnya. Apa saja? Saya sebutkan beberapa ya.


Appetizer

Papadum Epice Restaurant
Papadum Epice Restaurant
Di appetizer, kita dapat menemukan beragam makanan yang menggoyang lidah. Sebut saja assorted dips, sanpper amritsari, calamary, mushrooms kurkure, aloo tikki, papdi chaat, samosa, dll. Hampir semua makanan di meja appetizer ini tak perlu adaptasi dengan lidah kita karena hampir semua berupa makanan goreng yang lumrah di Indonesia. Meski beberapa memiliki rasa yang sedikit asing, namun saya rasa masih dapat di tolerir oleh lidah kita. Favorite saya, adalah papdi chaat, dan samosa.

Aloo Tikki Epice Restaurant
Aloo Tikki Epice Restaurant
Papdi chaat merupakan potongan kentang yang dicampur roti digoreng kering, dibumbui aneka rempah, disiram yogurt dan saus pedas ala India. 

Papdi Chaat Epice Restaurant
Papdi Chaat Epice Restaurant
Samosa Epice Restaurant
Samosa Epice Restaurant


Main Course

Epice Restaurant
Epice Restaurant
Di menu utama, kita dapat menikmati beragam pilihan makanan. Untuk biryani saja misalnya, banyak sekali jenisnya. Mulai dari chicken biryani, calamary biryani, vegetable biryani, dll. Sedikit penjelasan tentang biryani, sebenarnya makanan ini tidak hanya ada di India melainkan Asia Selatan meliputi India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka. Juga di beberapa negara timur tengah. Saya pernah masuk ke resto yang menyajikan kuliner Arab, di sana juga menyajikan biryani, samosa, dll. Biryani sendiri biasanya menggunakan beras basmati yang memiliki fisik lebih besar dan panjang dari beras yang biasa kita temukan di Indonesia. Beras ini dimasak kemudian dicampur dengan kaldu berbumbu hingga merasuk. Kuliner ini pun kaya akan rempah, seperti minyak samin, jinten, cengkeh, kapulaga, kayu manis, bawang putih, jahe, dll. Rasanya? tidak jauh dengan nasi goreng. *dikeplak* Hahaha tentu sedikit berbeda, biryani lebih strong baik rasa dan aromanya. Meski begitu, bagi saya masih sangat "damai" dengan lidah Indonesia.

Calamary Biryani Epice Restaurant
Calamary Biryani Epice Restaurant (foto by : Mak Ana Ike)
Di buffet dinner ini juga memberikan pilihan berupa menu barbeque. Mulai dari sayur, daging, udang, dan masih banyak lagi. Saya sendiri hanya sempat mencicipi beef & tuna saja. Kematangan yang pas dengan bumbu yang ternyata tak begitu kuat seperti makanan yang lain. Jadi cukup rekomen bagi yang kurang suka menu dengan bumbu terlalu kuat. 

Barbeque Epice Restaurant
Barbeque Epice Restaurant

Sebenarnya, di meja main course masih banyak lagi pilihan lainnya. Sayang, perut sudah tak sanggup untuk mencobanya satu persatu.


Dessert

Di bagian ini saya hanya sempat mencicipi beberapa menu saja. Ada rice khee, ras malai, cardamom cheese cake, kajoor ka halwa, gulab jamun, dll. Rice khee yang berupa nasi yang dimasak bersama susu cair dan beberapa rempah seperti kapulaga, kayu manis, dll Rasanya seperti makan bubur setengah nasi dengan rasa susu. 

Rice khee Epice Restaurant
Rice khee Epice Restaurant
Cardamom Cheese Cake Epice Restaurant
Cardamom Cheese Cake Epice Restaurant

Ras Malai terdiri dari gula putih, bola paneer yang di rendam dalam krim kental (malai) yang dicampur dengan kapulaga. Jadi ingat gempol pleret ya? Hahaha

Ras Malai Epice Restaurant
Ras Malai Epice Restaurant

Yang satu ini rasanya sangat manis, namanya gulab jamun. Makanan ini sering disajikan pada saat hari raya seperti Diwali dan Ganesh Chaturthi. Terbuat dari susu bubuk, mentega leleh, susu, dll. Setelah bahan dicampur dan menjadi adonan kemudian dibuat bulatan-bulatan lalu digoreng. Proses terakhir adalah direndam dalam sirup. Rasanya? tak lain dan tak bukan, sangat manis.

Gulab Jamun Epice Restaurant
Gulab Jamun Epice Restaurant

Rasa penasaran saya akhirnya terjawab. Meski tak langsung ke negara asalnya namun minimal bisa menikmati dan mencicipi beragam kulinernya yang kaya rasa. Namun saya masih berharap suatu saat bisa menikmati naan dalam piring lebar yang di cocol ke berbagai sayur dan curry atau di suapin manisan ladoo langsung oleh masyarakat asli India. Amin.

Nah, berada di kota Solo bukan berarti tidak dapat menikmati kuliner khas India bukan? Masih ada waktu kok untuk mencicipi kuliner ini di epice restaurant hingga akhir april nanti. :)


Little India Epice Restaurant
Setiap Jumat & Sabtu
3 Maret - 29 April 2017
Mulai dari 6 sore sampai 9 malam
IDR 188,000++/ buffet only

13 comments:

  1. Enaakkk... Beruntung sekali ya kita bisa mencicipi sajian ala India di Epice ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, aku suka bgt naan pake chicken tikka masala nya. Endeuuus

      Delete
  2. jahat, kok kamu nggak ngajak dakuw ??? ngilerrrr tes tes tes tes...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kirain uda bosen sm makanan India mak. :D

      Delete
  3. Mbok..!! Ini yang bisa cocok di lidah saya yang mana? Hahahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gulab jamun. Anggap aja kolak biji salak. wkwkwk

      Delete
  4. wuih mas aji itu emang kece, kuliner terus sampe gendut pokoknya mas..mbok yo nek ngene iki aku di ajakin tho..:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngokkk mas... kebalik, situ yg ngajak2 -_-

      Delete
  5. Hahaha... biryani kayak nasi goreng jare. *keplak tenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkwk lha bingung mo nggambarinnya kayak apa. xixixi

      Delete
  6. Belum pernah ngerasain kuliner India, sering lihat serial India dan pemasaran Ama manisan dan puding beras tuh kayak apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama mba, aku juga masi penasaran sm ladoo. Tp kmaren gak ada, cm ada gulab jamun. Tp uda lumayan mengobati penasaran sih, makan naan dengan berbagai lauk/sayur :D

      Delete
  7. Dulu mau ikutan mas, tapi pas sakit wkwkwkw... Nasib dah nggak bisa nyicip makanan ala Indiheee :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)