Mlampah-Mlampah Solo; Wisata Edukasi & Budaya Bareng Roti Ganep

Sabtu, Desember 31, 2016
Libur sekolah adalah saat-saat yang ditunggu oleh anak-anak. Berwisata bersama keluarga, bermain sepuasnya, menonton tv sepanjang hari adalah beberapa contoh hal yang biasa dilakukan anak-anak saat masa liburan. Hal ini menjadi tugas para orang tua untuk mengatur kegiatan anak selama liburan di rumah. Jika tidak direncanakan dengan baik, maka masa liburan anak sekolah menjadi kurang bermanfaat. Hal inilah yang menginspirasi Roti Ganep mengajak anak sekolah usia SD - SMP untuk mengisi masa liburan dengan wisata sekaligus belajar tentang berbagai hal, khususnya mengenai Kota Solo lebih dekat . Lewat sebuah acara "Mlampah-mlampah Solo" yang mengangkat tema wisata edukasi & budaya, roti ganep mengajak anak-anak sekolah tersebut mengisi liburan dengan berkeliling Kota Solo (City Tour) mengendarai bus tingkat werkudara, mengunjungi beberapa museum dan melakukan kegiatan kreatif lainnya.

Mlampah-mlampah Solo di Pasar Gede
Mlampah-Mlampah Solo di Pasar Gede 

Mlampah-Mlampah Solo sendiri sudah digelar selama 4 tahun berturut-turut sejak 2012 dimana dalam 1 tahun di gelar 2 kali yakni saat musim liburan sekolah. Beberapa waktu lalu, saya beruntung berkesempatan diundang oleh Kak Emi Yuniawati (Marketing Manager Roti Ganep) untuk mengikuti kegiatan yang sudah ke 8 kalinya ini. Acara Mlampah-mlampah Solo sendiri berlangsung selama 1 hari dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore dan diikuti sekitar 50-an peserta dari berbagai daerah. Tak hanya dari Kota Solo, namun ada juga beberapa peserta datang dari luar kota seperti Semarang dan Jakarta. 

bakingclass roti ganep, mlampah-mlampah solo
Bakingclass Roti Ganep
Kegiatan pagi itu dimulai dengan bakingclass di lantai 2 Roti Ganep yang berada di Jl. Sutan Syahrir 176 Tambaksegaran Solo. Anak-anak usia SD-SMP tampak menggemaskan memakai celemek & topi ala-ala juru masak berwarna ungu. Anak-anak tersebut diajak membuat kue kacang dengan beragam bentuk sesuai selera mereka. Adonan yang ada dalam baskom sedikit demi sedikit mereka ambil dan mainkan untuk dibentuk seperti donat, bintang, bulan, dan berbagai bentuk lainnya. Beberapa anak sangat antusias dengan kegiatan ini, sementara beberapa anak lain tampak masih dibantu kakak pendamping kelompoknya karena masih bingung. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan daya kreatifitas, dan pengetahuan mereka khususnya dalam hal membuat kue.

bakingclass roti ganep, mlampah-mlampah solo
Bakingclass Roti Ganep
bakingclass roti ganep, mlampah-mlampah solo
Bakingclass Roti Ganep
Selesai membuat kue, anak-anak ini selanjutnya diajak untuk menaiki bus werkudara yang sudah menunggu di depan Toko Ganep. Hampir seluruh peserta sangat antusias untuk segera menaiki bus tingkat kebanggan Kota Solo ini. Untungnya, panitia sudah membagi beberapa kelompok sehingga anak-anak tidak saling berebut untuk duduk di kursi bagian atas. Selama perjalanan, kami ditemani oleh guide yang memberikan penjelasan seputar Kota Solo dan destinasi kami.

bus tingkat werkudara, mlampah-mlampah solo
Bus Tingkat Werkudara
bus tingkat werkudara, mlampah-mlampah solo
Bus Tingkat Werkudara
Tujuan pertama kami adalah Monumen Pers Nasional yang letaknya tak jauh dari Roti Ganep, yakni berada di Jl. Gajah Mada, Timuran, Banjarsari. Monumen yang didirikan pada tahun 1978 ini merupakan gedung tempat lahirnya PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan memiliki koleksi yang terdiri dari lebih dari satu juta koran dan majalah, serta berbagai benda bersejarah yang terkait dengan pers Indonesia. Di museum ini, anak-anak juga diajak untuk menyaksikan film pendek yang menceritakan perkembangan dunia pers di Indonesia.

Monumen Pers Nasional, mlampah-mlampah solo
Menonton Video di Monumen Pers Nasional
Dari Monumen Pers Nasional selanjutnya kami diajak ke Jl. Ahmad Yani tepatnya ke Lokananta. Lokananta merupakan perusahaan rekaman musik (label) pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956. Banyak piringan hitam dan cassette audio bersejarah yang pernah diproduksi di studio ini. Lebih dari 5000 lagu rekaman daerah tersimpan pula disini, bahkan rekaman pidato-pidato kenegaraan Presiden Soekarno. Para peserta diajak berkeliling melihat koleksi tersebut setelah sebelumnya berkumpul di studio yang di klaim sebagai studio rekaman terbesar di Indonesia. Menariknya lagi, studio rekaman ini masih dipakai untuk rekaman hingga saat ini dengan mixer analog yang katanya hanya tinggal 2 di dunia, yakni di Lokananta dan studio BBC London. Sebelum lanjut ke destinasi sebelumnya, kami juga diajak mendengarkan rekaman teks proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno.

Studio Rekaman Lokananta, mlampah-mlampah solo
Studio Rekaman Lokananta
Mixer Analog Koleksi Lokananta, mlampah-mlampah solo
Mixer Analog Koleksi Lokananta
Siang hari selesai makan siang, kami diajak ke Pasar Gede untuk menikmati es dawet. Es dawet sendiri merupakan salah satu minuman tradisional yang cukup digemari oleh pengunjung Pasar Gede. Selain itu anak-anak juga diajarkan bermain perkusi dengan peralatan rumah tangga seperti ember, gayung, dll. Tentu saja hal ini sangat disukai oleh anak-anak dan sangat antusias melakukannya. Suara yang awalnya tak beraturan perlahan menjadi berirama saat pemandu mengajarkan mereka. Selesai acara ini, anak-anak juga diajak blusukan pasar, kemudian dilanjutkan dengan melihat Sungai Bengawan Solo, dan kembali ke toko ganep untuk membuat kerajinan tangan dari karung goni. Sayangnya, karena saya ada keperluan sehingga tidak dapat mengikuti acara Mlampah-Mlampah Solo ini hingga selesai dan hanya sampai di Pasar Gede saja.

bermain perkusi, mlampah-mlampah solo
Bermain Perkusi
Nah, seru kan bisa mengikuti acara semacam ini saat musim liburan. Jika kamu punya adik atau keponakan usia SD - SMP mungkin bisa kamu daftarkan untuk acara Mlampah-Mlampah Solo berikutnya, tentunya saat musim liburan sekolah mendatang. Jadi, selain bisa mengisi liburan dengan menyenangkan, anak-anak juga dapat belajar berbagai hal bukan?

Roti Ganep
Jl. Sutan Syahrir 176 Tambaksegaran, Solo
0271-647559 / 081329041881
Fanpage FB : Roti Ganeps Tradisi Solo
Twitter : @Roti_GanepSolo
IG : RotiGanep_TradisiSolo



Baca juga :
1. Serunya #FamTripJateng 3D2N Bersama International Student
2. Bersantai Sejenak di Desa Wisata Kampung Emas Plumbungan Gunungkidul DIY
3. Kemeriahan Ritual Ruwat Bumi Gunung Tidar Magelang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

batch selanjutnya kita ikut lagi yaa *sambil ajak anak :D

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Seruuu ya kalau dibikin berkala atau tiap long weekend biar Solo punya pilihan paket tur bermanfaat buat anak-anak begini. Emaknya shopping di Pasar Klewer, anaknya jalan seru sambil belajar, asoy kan? ^^

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Duh asiknya naik bus tingkat keliling solo... Keluar masuk museum... Saya seumur2 belum pernah naik bus tingkat baru itu :(

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Kasih tau dooong kalo ada kayak gini lagi.. Aku kan pengen liburanku diisi dengan hal bermanfaat.. *macak kayak anak SMP*

*berubah ke dandanan emak*
Amay pernah berkunjung ke Ganep's sama TK-nya. Lucuuuu banget lihat dia pake topi ala chef gitu.
Dan kemarin kami juga kesana, belanja doang sih, wkwkwk.. Roti kecik kan pas banget buat dinikmati sama secangkir kopi. Biasanya kalo ada tamu, aki kasih oleh-oleh si roti kecik ini.

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

dari pertama kali hadir di Solo, belum pernah ngerasain naik bus tingkat werkudara

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Betul kak. Trs mampir pasar gede yg pojokan itu yak :D

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Masa mas? Wkwkwkwk cobainlah, naik yg bagian atas trs dadah2 keluar... :v

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Hahaha ibi untuk usia SD-SMP mba, bkn PAUD :v

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

Hihihi cobain sekali2 mas, bt city tour Solo. Makin seru rame2 sm tmn2.

Reply
avatar
Selasa, 03 Januari, 2017 delete

ciyeee tumben ngajak anaknya liburan :p

Reply
avatar
Rabu, 04 Januari, 2017 delete

Seru banget.
Jadi pengen ikutan.
Ahahahaha...
#nggakingetumur

Reply
avatar
Senin, 09 Januari, 2017 delete

Hahaha anaknya aja yg ikutan mas. *eh :D

Reply
avatar