Eloknya Pegunungan Seribu dan Sungai Oyo Dari Puncak Kebun Buah Mangunan

Selasa, September 22, 2015
Jika anda mendengar kebun buah, apa yang anda fikirkan? sebuah kebun yang rindang oleh berbagai macam pohon buah yang menggoda untuk dipetik. Emm bisa jadi. Nah, di jogja ada kebun buah mangunan yang mungkin sedikit berbeda. Kenapa? karena kebun buah mangunan tidak hanya memiliki koleksi berbagai pohon buah namun juga terdapat puncak bukit dengan pemandangan gunung seribu dan sungai oyo yang sangat elok dilihat dari ketinggian. 



Kebun buah mangunan terletak di Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DIY. Rute menuju kebun buah ini cukup mudah, jika dari Jogja kota ambil jalan kearah ringroad selatan kemudian ambil jalan kearah Imogiri Timur dan ikuti petunjuk jalan. Hampir sama dengan rute menuju hutan pinus, karena memang berdekatan. Untuk masuk ke kawasan kebun buah mangunan ini, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp5000,-/orang.

Di kebun buah mangunan ini tedapat ratusan koleksi pohon buah seperti durian, jambu, jeruk, mangga, rambutan, belimbing, dll. Namun, karena memang buah-buah tersebut merupakan buah musiman, jadi saat saya berkunjung kesana tidak terlihat satu pohonpun berbuah karena sedang tidak musimnya.



Sebenarnya, kebun buah mangunan ini telah di bangun oleh pemerintah kabupaten bantul sejak tahun 2003, di atas lahan 23.3415 hektar dengan berbagai macam fasilitas seperti area outbound, taman bermain anak, kolam renang, dansebagainya. Bahkan ada juga peternakan sapi. Namun sayang saat ini semua fasilitas tersebut terlihat kurang terawat. Semoga saja pemerintah setempat bisa kembali memperbaiki pengelolaan dan perawatan kebun buah ini lebih baik lagi.



Puncak bukit/gardu pandang kebun buah mangunan ini memang menjadi tujuan favorit wisatawan, dari sana wisatawan dapat melihat pemandangan pegunungan seribu yang hijau & aliran sungai oyo yang berwana tosca. Wisatawanpun dapat menikmati pemandangan yang berbeda diwaktu yang berbeda. Pagi hari misalnya, terkadang akan muncul kabut yang menyelimuti lembah bukit sehingga terasa seperti diatas awan, atau siang hari yang cerah dan terlihat hijau, dan pada sore hari dapat minikmati senja di atas bukit. Sayangnya, saya kurang beruntung saat berkunjung, karena saat itu langit sedang berawan sehingga tidak begitu cerah, dan hasil foto tidak maksimal.






Tips :
  • Pastikan kendaraan anda dengan kondisi yang baik, karena jalan menuju kebun buah ini berupa tanjakan.
  • Pastikan waktu berkunjung yang tepat. Saran saya, datang saat lagit cerah dan hindari saat berawan.
  • Ada baiknya datang saat musim buah. Jadi selain bisa menikmati pemandangan indah juga dapat menikmati buah segar.
  • Selalu berhati-hati dan selalu jaga kebersihan.

Nah, kira-kira anda akan berkunjung kesana pada pagi, siang, atau sore hari? Selamat menjelajah ya!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
Rabu, 30 September, 2015 delete

iyappp... sayangnya pas ksana lg berawan mas. harus balik lg keknya pas pagi atau sore hari lebih keceh katanya :D

Reply
avatar
Jumat, 09 Oktober, 2015 delete

Aku perna ke mangunan, panas nya juara dan berdebuuuu

Reply
avatar
Senin, 12 Oktober, 2015 delete

Mas cum salah pilih waktu kyk aku. xixixi ksana enaknya pagi atau sore mas :D

Reply
avatar
Rabu, 08 Juni, 2016 delete

pemandangan dari atas terlihat bagus sekali, apalagi kalau perginya pagi, udaranya masih sejuk..

Reply
avatar