Saat mencoba KA Railbus Batara Kresna , saya memiliki waktu 4 jam di Wonogiri. Hal ini saya manfaatkan untuk mengunjungi Gunung Gandul yang...

Menelanjangi Kota Wonogiri dari Puncak Gunung Gandul

Saat mencoba KA Railbus Batara Kresna, saya memiliki waktu 4 jam di Wonogiri. Hal ini saya manfaatkan untuk mengunjungi Gunung Gandul yang tidak jauh dari St Wonogiri. Sebelumnya, saya sempatkan terlebih dahulu untuk sarapan soto yang berada di depan stasiun, karena saya akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Gunung Gandul terletak di Kelurahan Giriwono, Kabupaten Wonogiri, sekitar 4 km dari stasiun Wonogiri, atau 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Meski tidak ada plang khusus yang menunjukkan arah jalan Gunung Gandul, namun rutenya sangat mudah. Saya cukup 2X bertanya pada warga sekitar. Tidak ada angkutan umum menuju Gunung Gandul, kecuali ojek.

Gunung Gandul Wonogiri
Pemandangan kota Wonogiri dari puncak gunung gandul

Rute Gunung Gandul Dari Stasiun Wonogiri :

Keluar dari stasiun Wonogiri, ambil arah kiri melewati terminal sampai ketemu perempatan. Dari perempatan ambil kiri sampai ketemu perempatan lagi, dan ambil arah kanan. Jalan lurus sampai mentok, naik tangga melewati semacam kebun warga, dan kemudian ambil kiri. Dari situ ikuti jalan (menanjak dan kemudian turunan) sampai ketemu dengan pertigaan. Ambil jalan menanjak ke arah kiri. Ikuti jalan sampai ketemu tanah datar yang terdapat semacam warung. Lanjutkan perjalanan dengan ambil kanan, ikuti jalan. Sampai di tempat parkir, kita masih trekking dengan tangga semen. Selanjutnya, kita harus memanjat batu besar hingga puncak.

Gunung Gandul Wonogiri
Setelah dari perempatan pertama belok kiri, ketemu perempatan ini, ambil kanan
Kondisi jalan yang menanjak
Pertigaan ini ambil kiri
Gunung Gandul Wonogiri

Tidak ada pungutan biaya apapun untuk naik ke Gunung Gandul ini. Meski sudah cukup baik akses menuju Gunung Gandul, sayangnya terlihat kurang terawat dan kurang diperhatikan. Terlihat dari jalan aspal yang sudah mulai rusak terkelupas, beberapa coretan hasil tindak vandalisme, dan tidak adanya petugas yang berjaga. Saat saya berkunjung, hanya terlihat 6 orang pengunjung, 3 diantaranya berseragam SMA. Suasananya pun benar-benar sangat sepi. Suasana yang sepi, membuat Gunung Gandul terasa sedikit mistis.

Dinding tebing yang tidak luput dari tindak vandalisme
Bangunan gubuk seperti warung tutup
Gunung Gandul Wonogiri
Sampai diparkiran harus trekking lagi tangga semen
Menurut informasi yang saya terima, Gunung Gandul juga dijadikan tempat oleh umat kristiani untuk prosesi jalan salib saat hari paskah. Tidak hanya dari Kabupaten Wonogiri tetapi juga banyak warga dari luar kota hadir ke Gunung Gandul untuk menyaksikannya. Tidak mengherankan jika prosesi Jalan Salib Gunung Gandul diajukan menjadi salah satu objek wisata spiritual Kabupaten Wonogiri. Setelah trekking tangga bersemen, kita sampai di puncak pertama. Disini, kita bisa menikmati view kota Wonogiri, namun hanya satu sisi saja. Sedangkan untuk menikmati seutuhnya, kita masih harus memanjat batu. Untuk hal ini, kita harus benar-benar waspada dan penuh kehati-hatian.

Batu yang harus dipanjat untuk ke puncak
Berada di puncak Gunung Gandul, kita dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan kota Wonogiri ditambah indahnya waduk gajah mungkur dan gugusan gunung seribu membuat kombinasi yang sempurna. Mata benar-benar dimanjakan saat memandang ke sudut manapun.

Gunung Gandul Wonogiri
Waduk gajah mungkur terlihat dari puncak gunung gandul
Gugusan gunung seribu

Sayangnya, dengan potensi yang dimiliki Gunung Gandul sebagai objek wisata di kota Wonogiri, Gunung Gandul tidak memiliki fasilitas yang memadahi. Saya berharap pemerintah setempat dan dinas terkait semakin memberikan perhatian untuk Gunung Gandul ini. Nah, jika berkunjung ke Kota Wonogiri, sudah tau kan tempat wajib yang harus dikunjungi selain waduk gajah mungkur? Selamat menjelajah ya! :)

Baca juga :
1. Bukit Gancik; Menikmati Panorama Gunung Merapi Lebih Dekat
2. Gunung Api Purba Nglanggeran, Trekking di Tebing Batu ala Film 127 Hours
3. Cianjur Punya Situs Yang Konon Lebih Tua Dari Piramida Mesir! Situs Megalith Gunung Padang!

18 comments:

1. wah seru ya, wonogiri kapan-kapan mampir ah

hallo qa salam kenal jangan sungkan mampir ke blog alay saya di www.travellingaddict,com

Replies
    1. Yups! Harus mampir kesini kalau maen wonogiri mas. slm kenal jg ya, terimakasih sudah berkunjung :)

Delete
    2. This comment has been removed by the author.

2. hai kakak salam kenal ya..blogsnya keren loch...kapan2 naik railbus bareng ya

Replies
    1. Hahaha Salam kenal kak ana... ayoklah, kapan? siapppp... hihihi makasi sudah mampir ya :)

Delete
  3. Wah aku baru tau ni, pdhl ini kampung mama ku hihihiii... Thx postingan nya mas next time kl ada yg bagus2 di Wonogiri posting lg ya soalnya kl mudik ga pnh kemana mana bingung ga tau tempat yg bagus utk foto2 hehehee...

ReplyDelete
  4. Wah aku baru tau ni, pdhl ini kampung mama ku hihihiii... Thx postingan nya mas next time kl ada yg bagus2 di Wonogiri posting lg ya soalnya kl mudik ga pnh kemana mana bingung ga tau tempat yg bagus utk foto2 hehehee...

Replies
    1. Siap mba vini... pasti di posting nanti. terimakasih sdh mampir blog saya ya :)

Delete
  5. Wih keren, baru tau padahal sering kesana hehehe nice info kak!

Replies
    1. Siapp mas irham, trimakasih sdh mampir blog sy ya :)

6. baru ngerti :)
    biasa mmpir lewat ato skedar mkn mie ayamny yg enak itu aj :)

Replies
    1. yuk kapan hunting foto bareng kakkk? :3 aku fotoin maksudnya :v :)))

Delete
  7. kakak..koq bahasnya rada jorok..masa "menelanjangi"...saruuuu...

Replies
    1. Yang jorok bukan bahasanya kak... tp pikirannya. hihihi sering2 mampir di blog sy ya kak ch :D

Delete
  8. Wah padahal saya orang wonogiri asli tapi malah belum pernah kesitu.... hehehehehe
    Makasih postingannya Kak

1. Ayo, warga Wonogiri support potensi wisata nya... hihihi

Delete
  9. Wah keliatannya kok gampang gitu hahaha.
    Siplah kalo gini iseng-iseng naik batara kresnanya bisa dijalankan. Wkwkwk.
    Kalo telat kereta terakhir bisa langsung melipir terminal.

ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)