Mencoba KA Railbus Batara Kresna, Moda Transportasi Unik Solo - Wonogiri

Kamis, Agustus 20, 2015
Awal tahun lalu, ada kabar gembira dari PT KAI yang bekerjasama dengan pemerintah Surakarta tentang dioperasikannya kembali moda transportasi railbus batara kresna yang melayani rute Solo Purwosari - Wonogiri. Tentu, moda ransportasi unik dan terjangkau ini sangat di sambut baik oleh masyarakat, baik untuk transportasi sehari-hari maupun sebagai wisata. Saya dan teman-temanpun berencana untuk mencoba railbus tersebut, meski sampai tengah tahun belum juga terealisasi. Ahirnya, pada 20 Agustus 2015 saya berkesempatan mencoba moda transportasi ini. Saya bersama Budi, teman saya saat di bangku kuliah sepakat untuk bertemu di stasiun purwosari pukul 05.45 WIB, karena rail bus berangkat dari st purwosari pukul 06.00 WIB. Beruntung, saya datang tepat waktu, 2 menit sebelum kereta berangkat. Hahaha terlihat muka budi yang H2C harap-harap cemas menunggu kedatangan saya. Hihihi

KA Rail Bus Batara Kresna

Railbus Batara Kresna merupakan railbus kedua di Indonesia setelah railbus kertalaya yang berada di Sumatra Selatan. Railbus Barata Kresna sendiri kembali beroprasi pada 12 Maret 2015 lalu, setelah sempat berhenti beroprasi pada awal tahun 2013. Railbus ini pertama dikenalkan publik pada 26 Juli 2011 dan beroprasi pertama pada 5 Agustus 2012 dengan rute Sukoharjo - Solo Porwosari - Yogyakarta Tugu. Saat ini, Railbus batara Kresna melayani rute Solo Purwosari - Wonogiri PP, dengan 2X keberangkatan dalam sehari. Sedangkan stasiun yang dilewati ialah, St Purwosari - St Solo Kota - St Sukoharjo - St Pasarnguter - St St Wonogiri.

Jadwal Railbus Batara Kresna
Tiket Rail Bus Batara Kresna hanya Rp4000,- saja.
Harga tiket railbus Batara Kresna sangat terjangkau, yakni hanya Rp4000,- saja. Perjalanan dari St Purwosari sampai St Wonogiri adalah 1 jam 45 menit, dengan kecepatan antara 24km/jam hingga 27km/jam. Ya, lebih lama waktu tempuh railbus ini jika dibandingkan dengan bus atau motor yang biasanya memakan waktu 1 jam saja. Yang membuat railbus ini semakin unik adalah rutenya melewati Jl utama di tengah kota Solo, yakni Jalan Slamet Riyadi, melewati hamparan sawah, dan bahkan melewati perkampungan warga.

Kondisi di dalam gerbong yang sepi penumpang
Pemandangan hamparan sawah dari dalam gerbong
Kondisi di dalam railbus, mulai saya naik dari st purwosari hingga turun st wonogiri relatif sangat sepi. di gerbong tengah yang saya tempati tidak lebih dari 10 orang penumpang, itupun hanya sampai st sukoharjo karena beberapa penumpang turun disana. Sampai di st wonogiri, hanya 5 orang penumpang saja. Pun demikian dengan gerbong belakang, relatif sepi. Bahkan di gerbong depan sama sekali tidak ada penumpang. Menurut petugas yang sempat saya ajak ngobrol, hal tersebut biasa terjadi untuk railbus keberangkatan pagi saat weekday. Sedangkan untuk keberangkatan siang lebih ramai. Dan kondisi paling ramai adalah saat weekend dan hari libur. Benar saja, saat kembali ke Solo saya memilih keberangkatan terahir dari St Wonogiri pada pukul 12.15 WIB, dan kondisinya lebih ramai meski masih banyak kursi yang tidak terisi.

Kondisi gerbong depan yang kosong
Saya bertemu beberapa penumpang lain yang juga sengaja naik railbus batara kresna ini untuk sekedar jalan-jalan. Ada yang solo traveling, sepasang suami istri, dan ada juga yang mengajak buah hatinya. Tak heran jika di dalam railbus banyak penumpang yang sibuk berpose dengan kamera maupun kamera HP nya. Hmm menyenangkan ya?! :D


Saya pribadi memiliki kesan sangat nyaman selama berada di dalam railbus. Selain kursi nyaman, bersih (disediakan tempat sampah), AC dingin, wangi (tersedia pengharum ruangan otomatis), fasilitas lain pun berjalan dengan semestinya, seperti runing text yang tersedia cukup membantu untuk informasi stasiun selanjutnya dan kecepatan railbus. Kesimpulan dari pengalaman bersama KA railbus Batara Kresna, saya sangat puas. :)


Di Wonogiri, Saya memiliki waktu sekitar 4 jam dan saya manfaatkan untuk mengunjungi Gunung Gandul yang tidak jauh dari St Wonogiri.

So, selain untuk transportasi solo - wonogiri PP, railbus Barata Kresna sangat menyenangkan dijadikan sebagai alternatif wisata mengisi waktu anda saat weekend ataupun saat hari libur. Selamat mencoba ya!

Update! Liputan saya tentang railbus batara kresna ini, juga sempat tayang di net tv pada hari kamis, 17 september 2015.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »