Pantai Pok Tunggal, Satu Dari Puluhan Pantai Cantik Di Gunungkidul Yang Wajib Dikunjungi!

Sabtu, Januari 03, 2015
Pantai Pok Tunggal Gunungkidul DIY
Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Samudra Hindia di selatan, sehingga terdapat banyak pantai cantik di kabupaten ini. Tidak salah jika saya memberikan sebutan kota seribu pantai untuk Gunungkidul. Kali ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu pantai cantiknya yang masih relatif sepi, yakni Pantai Pok Tunggal. Saya berangkat dari solo bersama ke 5 orang teman saya, dan kami tempuh selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Rute kali ini, kami pilih dari Solo - Sukoharjo - Klaten - Gunungkidul (wonosari - tepus - pok tunggal). Sejujurnya, trip kali ini saya masi mengandalkan GPS dan bertanya pada orang yang kami temui di jalan. Perjalanan kali ini cukup lancar, hanya terkendala macet saat berada di daerah tepus karena kondisi jalan yang agak sempit dan berkelok.

Kondisi jalan di daerah tepus
Saat sudah memasuki kawasan wisata, kita dikenakan biaya retribusi sebesar Rp10.000,- kemudian saat di belokan ke pantai pok tunggal (jika lurus ke pantai indrayanti) juga diminta biaya retribusi, kali ini sepertinya oleh warga sekitar untuk pembangunan jalan atau yang lain, dan bersifat sukarela. Kita bisa memberikan berapapun seiklasnya. Dan untuk masuk kawasan pantai sudah termasuk parkir cukup murah sekitar Rp3.000 per motor, Rp5.000 per mobil dan Rp15.000 per minibus. Jalan menuju kawasan pantai, jalannya cukup kurang bersahabat karena banyak lubang dan kubangan air.

Jalanan rusak di Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal terlihat dari kejauhan

Di Pantai Pok Tunggal, sudah cukup banyak pedagang makanan, dan harganyapun saya fikir tidak terlalu mahal meskipun di tempat wisata. Yang ingin menikmati angin sepoi di pinggir pantai tanpa ingin kepanasan, bisa menyewa tikar + payung yang banyak di sewakan di pinggir pantai dengan harga sewa sekitar Rp20.000,-

Jangan lupa juga untuk menikmati panorama pantai pok tunggal ini dari atas bukit panjung. Untuk menuju bukit ini kita bisa naik dan melewati semacam jembatan bambu diatas tebing, dan saat masuk ke bukit panjung ini, kita harus membayar tiket masuk secara sukarela. Selain dapat menikmati panorama pantai pok tunggal, di bukit ini kita bisa bersantai di semacam saung-saung yang disediakan dengan harga sewa sekitar Rp20.000,- Saat saya di atas bukit, kebetulan ada sekelompok pengunjung yang sedang mengadakan semacam games. Kelihatan seru sekali.

Pantai Pok Tunggal dari jembatan bambu diatas tebing bukit panjung
Pengunjung yang sedang mengadakan games
Pantai Pok Tunggal dari bukit panjung

Oh iya, saya sempat ngobrol dengan warga setempat, saat berada di bukit panjung saya melihat di sisi lain ada pantai yang tersembunyi di balik bukit, dan benar saja, kata bapak tersebut disana ada pantai yang dinamakan pantai grawut dan pantai watulawang. Sayangnya untuk menuju kedua pantai tersebut masih belum tersedia treknya, sehingga harus turun dari bukit yang cukup berbahaya jika kurang berhati-hati. Sayapun mengurungkan niat untuk kesana. hehehe

View sisi lain dari bukit panjung


Puas menikmati pantai pok tunggal, dan berbasah-basahan kamipun segera bersiap kembali pulang ke rumah, namun kami sempat mampir ke pantai indrayanti dan pantai sundak yang lebih dikenal, dan tentunya lebih  ramai oleh pengunjung. Dan benar saja, jalanan pantai indrayanti dan sundak sangat padat merayap, pantainyapun lebih ramai oleh pengunjung. So, saya fikir pantai pok tunggal lebih saya rekomendasikan dibandingkan pantai indrayanti atau sundak jika ingin menyepi di pantai.

Nah! Tunggu apalagi? Segera lingkari tanggal merah, angkat ransel, dan segera jelajahi pantai cantik di Gunungkidul ini! Semoga menyenangkan ya! :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Rabu, 10 Juni, 2015 delete

Ramai yaaa ^^ ~ jadi mirip banget kayak pantai kuta :D

Reply
avatar
Kamis, 11 Juni, 2015 delete

Kalau di pantai pok tunggalnya gak begitu ramai mas, yg ramai pantai indrayanti sm sundak :D

Reply
avatar
Jumat, 10 Juni, 2016 delete

ya ampun indah sekali ya pantainya..

Reply
avatar