Kuta? Big NO!!! It's Anyer!!! :D

Minggu, Maret 16, 2014
Holla... Traveler! Ahirnya tahun 2014 ini saya bisa menulis tentang pesona alam dari negeri surga dunia kita ini. huehe Ini adalah trip pertama saya di tahun 2014. Kasian yah, uda masuk bulan ketiga baru bisa jalan. :( Sebenarnya semua planing trip saya gagal total karena awal tahun cuaca di jabodetabek terutama di Bogor tidak bersahabat. Apalagi jika kita lihat berita di TV isinya banjir jakarta. Huft!

Nah, kali ini saya jalan ke kuta bali...! hehee bukan dinggg! bukan ke kuta bali, tapi ke kuta anyer! yups, banyak orang bilang pantai anyer adalah "kuta bali" nya serang banten. Yoy, pantai anyer terletak di kecamatan anyer tepatnya 38 km dari Kota Serang, Provinsi Banten.

Pantai anyer at hotel nuansa bali
Pantai ini ternyata terdiri dari berbagai pantai yang berbeda-beda nama tetapi masih dalam satu garis pantai yang sama. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih. Di akhir pekan, pantai ini ramai oleh pengunjung, mulai dari anak-anak sampai orang tua. 

Untuk menuju anyer dengan kendaraan umum sebenernya cukup mudah. Mau naik bus atau kereta, yang jelas usahakan sampai di cilegon. Kalau naik bus, kalian bisa turun di terminal cilegon, kemudian lanjut angkot warna ungu turun di simpang, naik lagi angkot warna silver jurusan anyer. Untuk naik kereta, kalian bisa turun di stasiun cilegon/krenceng, lanjut angkot silver  jurusan anyer. Tanya-tanya saja sama orang, angkot jurusan ke anyer/sirih! Orang sini ramah-ramah ;) kalian bisa turun dikawasan pantai mana aja terserah, kalau kebanyakan orang biasanya lebih favorit turun dekat hotel marbella, karena disampingnya ada gang masuk pantai. 

Tapi, berhubung kata orang anyer itu kayak kuta bali, maka biar suasana bali nya makin berasa, saya ambil lokasi dikawasan hotel nuansa bali (plis, ini bukan iklan berbayar/titipan sponsor! oke?!) :p

Hotel ini memiliki konsep suasana bali, dengan bangunan/dekorasi bali, dan dengan nama-nama yang berhubungan dengan nama daerah di bali. Emm berhubung saya tidak dibayar, untuk info lebih detail nya kalian cari sendiri di halaman web nya ya! hahaaa



Kalau saya lihat pantainya sih, cukup nyaman, bersih dan tidak terlalu padat orang! malah sedikit terkesan agak sepi. (atau cuma di kawasan hotel saja?) :D View pantai di anyer sebenarnya tergantung kalian ambil dimana, karena tidak mungkin juga kalau saya harus menyusuri sepanjang pantai anyer. -_- 

Jadi, saya hanya fokus menikmati suasana pantai di kawasan hotel nuansa bali saja. Dibeberapa titik sebenernya kalian bisa dapat view dengan pulau anak krakatau di sebrang laut. Tapi, yaaah seperti biasa, saya selalu tidak mendapat dukungan cuaca. Mikirnya sih, bakalan menikmati suasana pantai dengan langit biru cerah berawan putih. Yang ada, hanya langit berawan abu kebiruan (dikit)... aih... agak kecewa juga sih! Tapi ya sudahlah, maybe lain kesempatanlah ya... ;)

Oiya, hal yang paling tidak enak dari solo traveling adalah, tidak ada yang bantu ambil foto! Betul? Tenang... akan banyak jalan menuju hatimu... *eh :p

Pantai sepi? tidak ada yang bisa dimintain tolong untuk ambil foto? Selfie dong... ransel pun jadi tripod :D

Selfie! tak ada tripod, ranselpun jadi :D

Kalau pantai mulai banyak orang, sok akrab saja sama orang sekitar, tapi saya ada beberapa tips sebelum kalian serahin hp/kamera ke orang yang tidak dikenal! Ini diaaa...

Pertama, pastikan suasana tidak terlalu sepi. Kalau misal salah pilih orang yang ngehek, terus hp/kamera dibawa kabur saat sedang berpose, kan gak lucu! :p

Kedua, cari orang yang sekiranya senasib! yang lagi sendiri, yang lagi galau karena jomblo, yang lagi mencari tambatan hati... aiiih... yah sapa tau bisa berjodoh... yes? :p 

Ketiga, sudah tengok kanan kiri depan belakang ternyata tidak ada yang senasib. semua berpasang-pasangan sambil foto berdua, saling kejar-kejaran ditepi pantai... *tiba-tiba dada seseg* :'(
Yauda sih, emang uda nasib! deketin abang2 tukang tato temporer/tukang jualan lainnya aja deh! :D
Nih....


Oiya, hasil dari usaha sok akrab sama abang2 tukang tato, saya ditawarin tato dengan harga spesial. haahaaa kata si abangnya nih, untuk ukuran tato temporer yg biasa dia jual 30-50rb sama saya dikasih kurang! hehe serba salah nih, uda sok akrab, pas uda akrab ditawarin harga kusus pula. Duh, tadinya saya sempat mikir mau bikin tato dileher saya dikit aja, tapi warna merah! (di cipok dong! x_x ) wkwkwk

Saya bilang saja sama abangnya, sudah kapok tato begituan. dulu pernah bikin di bali terus susah ilangnya! dan abangnya percaya aja gitu... :p 

Ahirnya, saya harus menyudahi pertemuan kami yang singkat itu dengan bilang harus segera balik ke bogor karena sudah sore, meski abangnya seperti kecewa dan agak tidak rela. (iyalah, orang sudah di repotin minta foto, dipikir bisa jadi pelanggan tato, eh taunya ngabur!) ngahaha maapin ya bang... :p


Oiya, disana kalian bisa sewa papan slucur, banana boat, ATV, dll... untuk harga sewa macem-macem. Saya sempet ngobrol sama abang yang sewa ATV. Untuk harga sewa nya per 10 menit antara 25-50 ribu. Tergantung kalian pintar-pintar menawar. Sok akrab saja, biasanya kalau tidak diturunkan harga sewanya, durasinya yang ditambah. Intinya, sok akrab aja dulu!

Sebelum balik kebogor, saya sempet mampir dipusat oleh-oleh. Tapi yang saya temukan disini cukup aneh bin ajaib! Kenapa? saya berasa sedang didaerah lain! iyalah, yang dijual khas daerah lain semua! hahaaa

Pertama, saya menemukan peyeum, siomay, dan batagor! Helloooo saya tidak sedang di bandung kan?! -_- fail!

Kedua, saya menemukan telur asin! Saya sedang di anyer apa brebes sih? -_- fail!

Ketiga, aneka manisan, aneka kripik dan krupuk! Standar oleh-oleh yang bisa kita temukan di semua daerah. Semua tidak ada yang menarik, sampai ada yang bilang kalau oleh-oleh khas sini adalah sate bandeng! hmm saya langsung terbayang bandeng yang ditusuk diberi bumbu lalu dibakar! tapi ternyata tidak seperti yang dibayangkan!

Kata bapaknya yang jual, memang seharusnya sate bandeng biasanya ditusuk, tapi kebetulan yang dia jual tidak. (sedang kehabisan tusukan mungkin? ) :p

Sate bandeng yang bapak tawarkan ini di bungkus daun pisang! hmm kalau saya bilang, itu mah pepesss! bukan sate -__-

Jadi, daging bandeng diambil dari kulitnya, kemudian diolah/digiling dicampur bumbu, kemudian dimasukan lg kedalam kulit bandeng, kmudian dimasukkan ke daun pisang, dan di kukus! Masih bilang ini sate? bukan pepes??? -__-

Sate bandeng ini, eeeh maksud saya pepes bandeng ini dijual dg harga 25rb, rasanya seperti otak-otak! yessss! bener banget! rasanya itu seperti otak-otak bandeng tapi lumayan pedas! hmmm jadi, kesimpulannya, ini makanan namanya apa ya? sate bandeng? pepes bandeng? atau otak-otak bandeng??? *mikir keras* 0,o tau aaah....!

Oke, sampai disini dulu yak! Musti balik bogor nih... Kapan-kapan lanjuttt lagi ditempat seru lainnya! Selamat menjelajah! ;)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Senin, 24 Maret, 2014 delete

wahh...pantainya sepi, cocok utk orang yang mau menyepi..eh hari nyepi kaliii..:p

pantainya indah, tapi maaf tuh ada yang ngalangin...narsis lagi.:p :D viissss!!!

Reply
avatar
Jumat, 11 April, 2014 delete

hahaaa justru itu yg bikin pantai makin indah :p

Reply
avatar