Menikmati Asrinya Kebun Raya Bogor!

Minggu, September 01, 2013
Traveler, Ada yang berencana melakukan perjalanan kebogor dalam waktu dekat? hmm Salah satu tempat yang paling kalian ingin kunjungi di kota ini pasti adalah kebun raya, betul? :D Gak salah juga sih, karena kebun raya dikenal sebagai salah 1 icon kota hujan. Nah, kali ini saya mau kasih sedikit review tentang obyek wisata satu ini.


Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan PUSTAKA.

Kebun Raya Bogor terletak di jantung Kota Bogor, Jawa Barat, sekitar 60 km arah tenggara Jakarta, ibu kota Republik Indonesia dengan alamat Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, Jawa Barat.

Selain koleksi tanaman tropis, Kebun Raya Bogor juga memiliki beberapa tempat dan bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Begitu memasuki gerbang utama Kebun Raya Bogor, tampak deretan pohon kenari (Canarium vulgare) di sebelah kiri dan kanan jalan. Pohon yang ditanam tahun 1831, 1834, dan 1835, berasal dari Sulawesi dan Maluku ini menimbulkan kesan tersendiri. Kemudian Taman Teysmann, sebuah taman bergaya formal yang dibangun tahun 1889 sebagai penghargaan kepada Johannes Teysmann, salah seorang kurator Kebun Raya Bogor yang banyak berkarya dalam bidang lansekap. Masih banyak tempat lain yang menarik, yaitu Taman Lebak Sudjana Kasan, Jalan Astrid, Taman Kaktus, juga Monumen J. J. Smith, Jembatan Gantung, Pohon Kalong, Kuburan Belanda, serta Monumen Lady Raffles adalah tempat yang jarang dilewatkan begitu saja.

Kalau menurut saya sih, kebun raya paling cocok dijadikan tempat jogging, atau bersepeda. Pepohonan yang hijau, dan udara yang bersih bikin betah sejenak melupakan kemacetan jalanan kota bogor. Atau bisa juga untuk wisata keluarga. Jadi, kita bisa berkumpul bercengkrama bersama keluarga seharian sambil menikmati hijaunya pepohonan dan udara yang asri tanpa polusi. Kalau tidak berminat untuk jalan kaki, kalian bisa juga berkeliling naik semacam kereta kelinci yang biasanya mengantar pengunjung berkeliling kebun raya. Untuk masuk ke kebun raya dikenakan tiket masuk Rp9.500,-. Hari Minggu dan hari libur adalah hari ketika KRB ramai dikunjungi masyarakat. Pintu gerbang bagian selatan pun dibuka. Dan untuk pengendara mobil biasanya akan dikenai tarif tambahan Rp15.000,- dan sepeda motor Rp.3000,-.

Sama Nyokap di pinggir danau KRB
Jembatan merah KRB

Tempat favorite saya di kebon raya sih, jembatan merah & pinggir danau! Kalau penasaran, kalian bisa jelajah sendiri kesana... :D Oiya, kalau di KRB jaga lisan dan kelakuan ya, katanya sih banyak penghuninya. Saya sih cuma dengar cerita dari teman atau baca artikel di internet. Oke, semoga perjalanan kalian di KRB menyenangkan ya guys ;)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Sabtu, 29 November, 2014 delete

kebun raya bogor asik juga untuk dijadikan liburan weekend

Reply
avatar
Sabtu, 29 November, 2014 delete

Banget! Paling asik kalau sepedaan ;)

Reply
avatar
Selasa, 21 Juni, 2016 delete

jembatannya bagus banget buat berfoto ya..

Reply
avatar