Serunya Main Air Curug Luhur, Tiris Pisan Euy...!

Minggu, Mei 26, 2013
Haiii traveler, Kota Bogor selain dikenal dengan kota hujan, atau kota seribu angkot, Bogor juga dikenal dengan kota seribu curug! huehe karna dikota ini cukup banyak ditemukan curug yang keren dan menawan! Salah satunya ini dia... Curug Luhur!


Curug Luhur terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di sebelah kanan jalan raya kawasan Bogor - Gunung Salak Endah. Kawasan wisata Curug Luhur dikelola oleh swasta sehingga tiket masuknya sedikit mahal yakni Rp30.000,- per orang.

Curug Luhur merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 62 meter. Sebenarnya Curug Luhur cuma ada satu buah air terjun saja dengan aliran air yang sangat deras. Namun saat ini di sebelah kiri air terjun utama terdapat air terjun kecil dengan ketinggian yang hampir sama yang sengaja dibuat oleh penduduk setempat.

Pengunjung disarankan untuk tidak berenang di kolam penampung air terjun tersebut karena memang kolam ini memiliki kedalaman sampai 7 meter dan memiliki pusaran arus yang sangat kuat dan pernah memakan korban jiwa.

Bila ingin berenang, pengunjung bisa memanfaatkan kolam renang atau waterboom yang sengaja disiapkan oleh pihak pengelola kawasan wisata ini. Disini terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak jadi jangan kuatir bagi yang membawa putra-putri tercinta.




Tidak jauh dari air terjun utama terdapat deretan air yang mengalir deras pada dinding tanah setinggi sekitar 2 meter yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk membasuh tangan dan tubuh karena airnya sangat segar dan dingin.

Yunus, saya, teh dyan, mba astri, mba dwi, nitha, teh rini, ida
Kawasan wisata Curug Luhur ini memang nyaman dan asri. Rindangnya pepohonan hijau dan derasnya air terjun Curug Luhur membuat siapa saja betah berlama-lama disini. Apalagi dengan beberapa fasilitas pendukung yang ada seperti restoran, kolam renang, toilet, warung kecil, musholla, dan lain-lain.


Untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah. Ada 2 jalur atau rute yang bisa dipilih yaitu :

1. Dari Bogor - Bogor Trade Mall (BTM) - Ciapus - Curug Luhur

2. Dari Bogor ke arah Leuwiliang - Ciampea - ke arah Gunung Salak Endah - Tenjolaya - Curug Luhur
Tiket masuk : Rp. 30.000,-

Saran saya, kalau kesana jangan lupa bawa baju ganti ya, terutama celana kolor untuk renang dikolamnya. :D Kalau lupa bawa, ada sih yang jual kolor disana, harga sekitar 20-35 ribu saja. Kalau sudah capek renang dan sudah merasa lapar, banyak saung-saung yang menawarkan makanan dan minuman hangat seperti kopi, teh, mie instan, bakso, dll...

Oke, selamat berbasah-basahan guys, semoga seru ya! ;)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »