Berkunjung Ke Kota Tua Jakarta!

Selasa, Maret 12, 2013
Sesuatu yang kuno terkadang menjadi sesuatu yang istimewa ya, karena dianggap antik! Nah begitu juga dengan sebuah bangunan. Apalagi bangunan kuno tersebut masih terawat dan berdiri kokoh dengan arsitektur yang khas. Di ibukota negara kita juga punya sebuah kawasan yang memiliki bangunan dengan arsitektur khas belanda eropa, yang masih terjaga hingga kini. Kota tua Jakarta!

Kota tua Jakarta (source google.com)
Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Melihat bangunan dikota tua memang sebenarnya tidak terlalu istimewa buat saya, karna disolo-jogja pun juga masih ada banyak bangunan peninggalan belanda yang hampir serupa, tapi atmosfirnya tetap beda rasannya. Untuk kalian yang lagi hunting foto dengan background klasik, pas banget dengan kota tua! :) Nah berhubung saya dari bogor, untuk datang kesini paling gampang naik kereta commuterline turun di stasiun jakarta kota, terus jalan kaki.

Ada apa aja sih dikota tua? yang pasti selain di suguhi dengan bangunan yang seakan mengajak kita larut kemasa lampau, disini kalian juga besa mengunjungi beberapa museum, Museum Fatahillah, Museun BI, mandiri, dll.

Disini kalian juga bisa menemukan sepeda-sepeda ontel yang memang disewakan untuk pengunjung. Kalian bisa menyewa dan bersepeda berkeliling. Semakin seru kan? jangan lupa juga, cicipin makanan-makanan khas jakarta yang banyak dijual disana. Seperti saya yang langsung beli kerak telor begitu ada abang penjual yang lagi asik kipas-kipas. :D


Dipelataran museum fatahillah, ada juga orang yang berdandan ala patung prajurit yang bisa kalian ajak foto! hmm tapi jangan lupa kasih sedikit donasi kepatung bernyawa itu ya! :D oiya, disitu juga ada hiburan yang selalu menarik pengunjung. Seorang kakek yang selalu menghibur pengunjung dengan boneka tali nya. Lucu juga sih, boneka tali yang dimaenin bisa joget dangdut!:D


Saran saya, kalau berkunjung kekota tua, pagi atau sore sekalian guys... Kalau siang panasnya gak nahaaaaaaan :D
Saya saja lebih memilih ke kost saudara saya dulu di sunter baru sorenya balik sono lagi. :D oke, selamat berkunjung dan menjelajah kota tua, jumpa lagi ditempat seru lainnya ya! ;)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »