3 Pantai 1 Paket! BKK! Baron Krakal Kukup!

Minggu, Januari 17, 2010
Hai Traveler... ;)
Kali ini saya mau mengajak kalian menjelajah ke pantai yang sangat biasa dikunjungi di jogja! hahahaa kenapa biasa? ya karna pantai yang 1 ini sudah cukup populer selain pantai parangtritis yang melegenda itu! jadi, kalau ke jogja tidak ke pantai ini, rasanya belum lengkap! 3 pantai dalam 1 paket! BKK! Baron, Krakal, Kukup! Nah... kita bahas satu-satu ya!

1. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23 Km arah selatan kota Wonosari, merupakan pantai pertama yang ditemui dari rangkaian kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak.

Pantai ini merupakan teluk yang diapat oleh dinding bukit yang hujau yang dipenuhi pohon kelapa. pantai ini juga terdapat muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di laut. Selain itu pengunjung dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau.

Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur wisatawan bisa beristirahat digardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Kurang lebih 10 km kearah barat dari Pantai Baron terdapat Pantai Parang Racuk dengan bukitnya yang menjulang dan terjal, dengan leluasa dari atas bukit.

Untuk yang mengajak anak-anak paling cocok ke pantai baron ini! Muara sungai yang menjadi tempat bertemunya air tawar dan air laut ada bagian yang cukup dangkal, sehingga anak-anak bisa nyemplung alias basah-basahan di air payau ini! ;)

Pantai Baron (source : google.com)

2. Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, 1 km Timur Pantai Baron. Pantainya berpasir putih. Terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan kecil. Dari atas Pulau karang kita dapat melihat hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah. Kalau dilihat, jadi inget tanah lot yang ada dibali ya! :D

Selain itu pantai ini kaya akan biota laut dan juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang dijajakan oleh para pedagang di sepanjang pantai. Di pantai ini juga terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang cukup memadai. Sama seperti di Pantai Baron, di setiap bulan Sura di pantai ini juga diadakan Sedekah Laut.

Pantai Kukup (source : google.com)


3. Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten atau 37 kilometer arah selatan dari pusat kota Kabupaten Gunungkidul. Pantai Krakal berada bersebelahan dengan Pantai Tliti yang berada di Kecamatan Tepus yang ditandai dengan bangunan batu berbentuk setengah benteng.

Pantai Krakal memberikan semua hal yang dibayangkan sebagai sebuah panorama pantai.Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Krakal, terlihat keindahan pemandangan bukit-bukit kapur bersama bongkahan-bongkahan batu karang. Banyaknya bongkahan batu karang di sepanjang kiri kanan jalan menuju Pantai Krakal inilah yang dinamakan daerah Karst. Pantai Krakal sendiri terkenal sebagai pantai yang relatif rendah sehingga membuat sinar matahari menimbulkan cakrawala pantai. Pasir putih terhambar memanjang di tepian pantai.

Ada banyak aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Krakal. Misalnya bisa bermain dengan ombak laut di sepanjang bibir pantai yang tak putus-putusnya dibawa oleh arus air dari samudera Australia. Sebuah aktifitas langka yang bisa dilakukan tentunya jika bertempat tinggal jauh dari pantai. Krakal juga menawarkan aktifitas lain yang sangat menyenangkan yaitu mencari ikan hias di bibir pantai Krakal yang berlumut. Ada lagi aktifitas lain yang tak kalah menyenangkan bermain layang-layang atau sepakbola yang mempunyai panjang bibir pantai sepanjang 40.000 meter tersebut.
Pantai Krakal



Nah, buat yang belum pernah kesini dan bingung mau kemana weekend ini, ajak pacar atau teman-teman kesini ya...! Selamat Menjelajah dan Berfoto-foto ria! :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Jumat, 10 Juni, 2016 delete

artikel yang sangat menarik, terimakasih..

Reply
avatar