Berkunjung Ke Wonogiri? Singgah Ke Waduk Gajah Mungkur!

Selasa, Januari 13, 2009
Hai Traveler... Pernah berkunjung ke kota wonogiri? Hmm kalau belum dan suatu ketika singgah di kota ini jangan lupa mampir ke waduk gajah mungkur yang terkenal megah karena saking gedenya. Nah, kali ini saya berkesempatan mampir di waduk ini saat salah satu pendengar setia radio saya yang mengundang saya dan teman2 penyiar lain untuk maen ketempatnya. Yuk kita intip seperti apa waduk gajah mungkur ini.

Waduk gajah mungkur (source : google.com)

Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun pada akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978. Waduk dengan wilayah seluas kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan ini bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Waduk Gajah Mungkur juga merupakan tempat rekreasi yang sangat indah. Di sini tersedia kapal boat untuk mengelilingi perairan, juga sebagai tempat memancing. Selain itu dapat pula menikmati olah raga layang gantung (Gantole). Terdapat juga taman rekreasi "Sendang" yang terletak 6 km arah selatan Kota Wonogiri. Pada musim kemarau, debit air waduk akan kecil dan sebagian dari dasar waduk kelihatan. Dasar waduk yang di pinggiran dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menanami tanaman semusim, seperti jagung. Waduk ini direncanakan bisa berumur sampai 100 tahun. Namun, sedimentasi yang terjadi menyebabkan umur waduk ini diperkirakan tidak akan lama. Perum Jasa Tirta Bengawan Solo kewalahan untuk melakukan perawatan terhadap Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri yang menjadi tugasnya. Kerusakan daerah aliran sungai (DAS) yang parah menyebabkan sedimentasi waduk sangat tinggi.


Di sekitar kawasan danau buatan ini terdapat sebuah taman rekreasi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.Taman rekreasi ini bernama Taman Rekreasi Sendang Asri yang letaknya di desa Sendang kecamatan Wonogiri.Taman rekreasi ini mempunyai banyak wahana yang menarik antara lain jetski,taman satwa,sepeda air,kereta kelinci,mainan anak,waterboom dan masih banyak lagi.Menjadi satu hal yang menyenangkan dan bisa menjadi alternatif liburan menyaksikan kemegahan  waduk  Gajah Mungkur sambil menikmati permainan di wahana yang tersedia.

Tapi sialnya, kami kesana saat musim hujan, jadi cuaca sedang tidak bersahabat. Yah... pemandangan terbatas deh! :(


Oiya, kalau kalian ingin melihat waduk gajah mungkur ini dengan panorama lain, coba naik ke bukit joglo, disana kalian bisa melihat panorama waduk gajah mungkur dengan sudut pandang yang beda. hmm katanya sih cukup keren! Saya belum coba :D Lain kesempatan kali yah, kalau berkunjung ke wonogiri lagi. :)

Sampai disini dulu ya guys, sampai jumpa lagi ditempat seru lainya...! :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Jumat, 10 Juni, 2016 delete

yah padahal kalau perginya bukan disaat musim hujan lebih menyenangkan ya..

Reply
avatar
Selasa, 21 Juni, 2016 delete

waduk gajah mungkur memang terkenal ya, berkunjung kesana pun pasti asyik apalagi bila perginya bareng teman.

Reply
avatar